12 Menu Arisan Murah Meriah Lezat dan Banyak Disukai

Cindy Pramistasari

Menu Arisan Murah Meriah
Menu Arisan Murah Meriah, Source Image: Dapurawit.com

Menu Arisan Murah Meriah – Ada banyak menu arisan murah meriah yang wajib bunda hidangkan di rumah. Terlebih saat ini arisan termasuk salah satu acara yang paling dinanti-nantikan sehingga wajib memikirkan dengan matang soal pemilihan menunya.

Sayangnya, beberapa dari bunda mungkin masih kebingungan untuk memilihnya. Ketika acara arisan di rumah, ada baiknya menyediakan berbagai variasi makanan agar para tamu semakin nyaman dan terkesan dengan hidangannya.

Arisan juga menjadi salah satu momen terbaik untuk menjalin kebersamaan dengan teman-teman. Tentu kurang lengkap rasanya apabila hidangan yang ditawarkan ternyata kurang disukai oleh para tamu nantinya.

Bunda bisa memilih rekomendasi menu terbaik saat mengadakan acara arisan. Pastinya setiap menu tersebut memiliki cita rasa yang lezat dan menggugah selera sehingga acara ini dapat berlangsung dengan memuaskan.

Daftar Menu Arisan Murah Meriah

Bunda perlu memilih menu yang paling cocok untuk acara arisan di rumah agar hidangan tersebut banyak disukai oleh para tamu. Tidak perlu mahal, karena sekarang ini sudah ada banyak rekomendasi menu terbaik yang lezat tetapi ramah di kantong, seperti berikut:

1. Bakso

1. Bakso 1

Berbicara tentang menu arisan yang tidak hanya murah meriah akan tetapi paling banyak disukai oleh kebanyakan orang maka tentu saja jawabannya adalah bakso. Menu makanan ini tentu sudah tidak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia.

Terlebih, apabila bunda tidak ingin kerepotan memasaknya sendiri maka cukup panggil penjual bakso terpercaya di sekitar kompleks untuk menghidangkan menunya. Cita rasa bakso yang lezat dan hangat tentu akan menambah keseruan saat arisan.

2. Sop Ayam

2. Sop Ayam

Menu yang direkomendasikan lainnya untuk arisan adalah sop ayam. Pilihan makanan yang satu ini sangat cocok disantap bersama dengan seluruh anggota arisan karena cita rasanya memang sangat nikmat dan banyak disukai.

Menu ini dapat dikombinasikan antara sayur-sayuran dengan daging ayam sehingga sangat mengenyangkan dan bergizi tinggi. Terlebih bahan-bahan untuk membuatnya pun mudah didapat pastinya sangat cocok dipilih sebagai menu arisan di rumah.

3. Soto Ayam

3. Soto Ayam

Jika bunda ingin menyajikan menu yang cukup spesial dalam acara arisan, maka soto ayam merupakan pilihan paling tepat. Menu ini juga sudah sering dihidangkan untuk beberapa acara penting lainnya.

Soto ayam memiliki cita rasa yang sangat lezat, gurih, dan menggugah selera. Sangat cocok menyantapnya dengan nasi hangat sehingga bisa jadi hidangan yang mengenyangkan bersama teman-teman saat mengadakan acara arisan.

4. Bubur Ayam

4. Bubur Ayam

Menu berikutnya yang tidak kalah murah meriah harganya tetapi tetap banyak disukai adalah bubur ayam. Makanan jenis ini tergolong sebagai menu yang cukup ringan sehingga sangat cocok untuk mengganjal perut selama arisan berlangsung nantinya.

Bunda bisa menyajikan menu berkuah ini kepada teman-teman arisan di rumah agar suasana acaranya semakin menyenangkan. Cita rasanya yang gurih, hangat, dan nikmat tentu membuat para tamu terkesan dengan hidangannya.

5. Batagor

5. Batagor

Jika bunda tidak ingin menghidangkan menu yang berkuah tetapi tetap mengenyangkan, maka rekomendasi terbaiknya tidak lain yakni batagor. Makanan ini sangat cocok di lidah semua kalangan sehingga wajib memilihnya.

Masih ada juga varian lainnya yang tidak kalah lezat dan banyak disukai seperti siomay. Makanan ini biasanya dihidangkan bersama batagor sehingga keduanya menambah cita rasanya menjadi semakin nikmat saat disantap.

6. Mie Ayam

6. Mie Ayam

Hidangan lezat lainnya yang cocok disajikan dengan budget murah meriah adalah mie ayam. Makanan ini sangat cocok di lidah kebanyakan orang sehingga sudah menjadi pilihan tepat jika ingin menyajikannya dalam acara arisan di rumah.

Kelezatan dari mie ayam tentu akan disukai oleh semua anggota arisan. Makanan sejuta umat ini sangat cocok disajikan dengan kecap, saus, dan sambal agar cita rasanya semakin menggugah selera.

7. Nasi Bakar

7. Nasi Bakar

Salah satu rekomendasi hidangan yang mengenyangkan dan cocok untuk acara arisan adalah nasi bakar. Makanan yang satu ini berisi nasi dan lauknya yang dibungkus memakai daun pisang lalu dibakar dalam beberapa waktu.

Tentu cita rasanya akan semakin gurih dan nikmat di lidah sehingga akan menambah keseruan tersendiri selama acara nantinya. Setiap anggota arisan tentu tidak sabar untuk mencobanya karena sudah pasti ketagihan dengan hidangan ini.

8. Nasi Goreng

8. Nasi Goreng 1

Merupakan salah satu menu favorit banyak orang yang murah meriah di kantong. Bunda bisa memasak nasi goreng sendiri di rumah agar pengeluaran lebih hemat untuk dihidangkan kepada teman-teman di acara arisan tanpa khawatir soal budget.

Sajian ini sendiri sangat disukai oleh kebanyakan orang serta dapat dikreasikan dengan tambahan sayuran, irisan ayam, hingga taburan bawang goreng di atasnya. Pastinya akan menambah kenikmatan saat menyantapnya tanpa menguras kantong.

9. Rujak Buah

9. Rujak Buah

Acara arisan akan semakin menyenangkan jika ditemani dengan adanya rujak buah. Menu yang satu ini cocok disantap di jam makan siang bersama teman-teman dengan cita rasa pedas, segar, manis, dan asam.

Tentu dapat memanjakan lidah sehingga teriknya sinar matahari di siang hari tidak akan terasa. Terlebih rujak sangat mudah dibuat dengan mengombinasikan beberapa buah seperti mangga, pepaya, jambu air, belimbing, timun, dan lainnya yang disajikan dengan sambal rujak.

10. Kue Lapis Legit

10. Kue Lapis Legit

Masih ada menu lainnya yang direkomendasikan untuk bunda sajikan saat arisan yakni kue lapis legit. Masyarakat Indonesia tentu sudah mengenal makanan lezat yang satu ini bahkan termasuk sebagai salah satu makanan tradisional paling legendaris.

Kue lapis legit memiliki cita rasa yang nikmat, lembut, dan manis. Umumnya, kue tersebut disajikan pada acara-acara spesial sehingga sangat tepat jika bunda menyajikannya dalam acara arisan di rumah.

11. Bolu Kukus

11. Bolu Kukus

Bunda ingin menyajikan makanan yang ringan, murah meriah, tetapi tetap mengenyangkan di perut? Rekomendasi selanjutnya yang paling cocok adalah bolu kukus dengan cita rasa manis dan tampilan yang cantik.

Kue bolu kukus juga bisa dibuat sendiri dengan mudah di rumah memakai bahan-bahan yang sederhana dan murah. Pastinya bisa menjadi hidangan paling tepat saat acara arisan tanpa khawatir budget akan menipis saat menghidangkan makanan tersebut.

12. Pisang Cokelat

12. Pisang Cokelat

Memilih menu arisan tentu tidak boleh sembarangan karena harus menghidangkan makanan yang memang disukai oleh banyak orang. Salah satu yang direkomendasikan untuk bunda pilih adalah pisang cokelat.

Menu yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di berbagai acara. Pisang cokelat bisa menjadi andalan makanan penutup saat arisan sehingga dijamin semua tamu yang datang ke rumah akan menyukai hidangan ini.

Keuntungan Menyajikan Menu Murah Meriah Saat Arisan

Acara arisan sering kali membebani keuangan jika bunda tidak pandai dalam mengelolanya. Terutama dalam hal menyajikan menu makanan sehingga penting untuk memilih varian yang murah meriah dengan keuntungan seperti berikut:

Lebih Hemat Biaya

Ketika bunda lebih memilih untuk menyajikan varian menu yang murah meriah untuk acara ini, maka tentu keuntungan utamanya adalah lebih hemat biaya. Terlebih jika dibandingkan mengadakan acara arisan di luar.

Bisa Coba Menu: 16 Menu Arisan Simple, Enak, Favorit dan Sederhana

Tentu akan lebih mahal jika harus membeli makanan di luar sehingga lebih efektif apabila memilih menu makanan dan memasaknya sendiri. Terlebih sudah ada banyak pilihan menu murah meriah yang mudah untuk disajikan.

Kebersihan Terjamin

Keuntungan lainnya yakni kebersihan dari makanan lebih terjamin. Hal ini berarti, walaupun hanya mengeluarkan biaya murah akan tetapi teman-teman arisan tetap dapat menyantap makanan yang berkualitas.

Bunda sebagai tuan rumah dapat memastikan kebersihan peralatan memasak dan bahan-bahan masakannya. Tentu semuanya sudah terjamin higienis sehingga tidak akan menimbulkan permasalahan begitu acaranya selesai.

Mudah Mengendalikan Porsi

Memasak menu makanan murah sendiri tentu semakin mudah bagi bunda dalam mengendalikan porsi makanannya dengan baik. Tentu akan membantu pengeluaran agar tidak membengkak apabila hidangannya terlalu banyak.

Bunda bisa memilih menu yang dapat disajikan untuk banyak orang sesuai dengan porsinya. Selain itu, jumlah makanan yang disajikan pun tepat sehingga tidak akan lagi membuang-buang uang.

Kualitas Makanan Tetap Terjamin

Saat bunda memilih dan menyajikan menu makanannya sendiri tentu kualitasnya pun jauh lebih terjamin. Tentunya akan memanfaatkan bahan-bahan berkualitas tinggi serta menghindari pengawet atau tambahan bahan kimia.

Menu arisan lainnya: 18 Menu Arisan Malam Hari Ini Paling Enak dan Mudah

Tidak heran jika hal ini juga menjadi sebuah keuntungan tersendiri dibanding memilih makanan siap saji yang kualitasnya masih belum tentu memuaskan bagi teman-teman arisan nantinya. Pastinya bunda dapat menghabiskan waktu bersama menu lezat dengan aman dan nyaman.

Lebih Puas

Saat bunda menyajikan makanan murah meriah, maka tentu tetap memuaskan. Hal ini karena bunda sebelumnya telah memilih menu-menu terbaik yang banyak disukai sehingga teman-teman arisan tentu puas menyantapnya.

Walaupun harganya murah, tetapi tetap bisa memberikan rasa puas saat menyajikannya. Tentu hal ini juga akan memberikan rasa kebanggaan tersendiri karena berhasil menyajikan menu hemat tetapi tetap lezat.

Tips Menyiapkan Menu Masakan Terbaik untuk Arisan

Agar bunda bisa menyiapkan menu masakan terbaik untuk acara arisan, maka ada baiknya memperhatikan beberapa tipsnya terlebih dahulu. Hal ini agar acara tersebut dapat berjalan sukses dan makanan pun disukai oleh semua orang, berikut tipsnya:

1. Tentukan Menunya

Setiap orang tentu senang dengan adanya acara arisan karena bisa jadi salah satu momen untuk berkumpul bersama. Oleh sebab itu, pastikan bunda memilih menu terbaiknya seperti beberapa rekomendasi di atas.

Pilih beberapa varian menu yang memang disukai banyak orang tetapi tetap mudah meriah untuk menyajikannya. Jangan sampai memilih menu lainnya dengan biaya memasak yang jauh lebih mahal karena tentu bisa mengganggu keuangan.

2. Pilih Teknik Masak yang Mudah

Setelah memilih menunya, maka bunda juga perlu mempertimbangkannya berdasarkan teknik memasak. Pastikan memilih menu dengan cara memasak yang lebih mudah dan praktis agar lebih menghemat tenaga dan waktu.

Terlebih setiap menu yang disajikan dalam acara arisan tentu tidak hanya untuk satu atau dua orang saja. Pilih menu-menu sederhana yang dapat dimasak dalam waktu cepat tetapi cocok untuk orang banyak.

3. Pertimbangkan Resepnya

Kemudian bunda juga perlu mempertimbangkan soal resepnya. Pastikan sudah tidak asing dengan resep tersebut sehingga menu makanan yang dihasilkan pun memuaskan untuk dihidangkan dalam acara arisan nantinya.

Apabila bunda belum pernah memasak menu tersebut sebelumnya, maka ada baiknya untuk memilih resepnya memang cukup mudah. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menghindari kegagalan dalam memasak makanannya.

4. Pakai Bahan Sederhana

Untuk lebih menghemat pengeluaran dalam menyajikan makanan di acara arisan, maka penting bagi bunda untuk menggunakan bahan-bahan yang sederhana. Hal ini juga dapat memangkas anggaran belanja karena pemilihan bahannya sudah tepat.

Bahan-bahan sederhana tentu sangat mudah di dapat di pasaran dengan harga yang juga relatif terjangkau. Pastinya sajian makanan tetap dapat dimasak dengan nikmat akan tetapi tidak menguras kantong terlalu dalam.

5. Siapkan Bahan Lebih Awal

Kemudian bunda juga wajib menyiapkannya sejak awal agar tidak terburu-buru dan kehabisan waktu saat menyajikannya ke teman-teman yang datang untuk arisan. Seperti dengan menyiapkan bahan-bahan makanan, bumbu halus, dan sebagainya.

Bunda bisa menyiapkannya sehari sebelum acara berlangsung. Seperti dengan mengiris bumbu, memotong bahan-bahan yang ingin digunakan, dan sebagainya agar pekerjaan besok jauh lebih ringan dan tepat waktu dalam menyajikan hidangannya.

6. Siapkan Peralatan Masak

Sebelum memasak, bunda juga perlu menyiapkan peralatan masaknya. Ada baiknya juga mencuci peralatan memasak tersebut agar kebersihan makanan terjamin sehingga kualitasnya pun benar-benar higienis.

Sambil menyiapkan peralatan memasak, bunda juga dapat mempertimbangkan wadah yang diperlukan. Tentu akan menjadikan proses memasak makanannya semakin efisien tanpa perlu kerepotan mencari ketika membutuhkannya nanti.

7. Mulai Sejak Pagi

Jika bunda ingin menyajikan lebih dari satu menu, maka pastikan mulai memasak sejak pagi. Hal ini sangat penting agar bisa menghidangkan makanan dengan tepat waktu tanpa harus terburu-buru dan menghabiskan banyak tenaga.

Bunda bisa sedikit lebih bersantai jika mengawali memasak menunya dari pagi hari. Selain itu, langkah ini juga perlu dilakukan agar dapat berkonsentrasi saat memasak karena masih ada banyak waktu tersisa nantinya.

8. Hindari Menggandakan Resep Kue

Apabila bunda ingin menyajikan kue sebagai salah satu varian menunya, maka ada baiknya menghindari penggandaan resep. Pasalnya, resep tersebut umumnya merupakan persentase dari setiap bahan agar proses memasak berhasil.

Akan tetapi, apabila resep tersebut digandakan maka bisa saja persentase tersebut tidak sesuai. Tidak heran jika bisa saja bunda tidak memperoleh hasil yang memuaskan ketika memasak kuenya sehingga penting menghindari hal ini.

9. Siasati Penyajian

Supaya tidak terlalu kerepotan dalam membereskan peralatan penyajian, maka bunda masih bisa menyiasatinya dengan menggunakan piring kayu rotan dengan alas daun pisang. Hal ini bisa menjadi pilihan karena penggunaannya sangat praktis.

Bunda bisa meletakkan makanan tertentu yang memang bisa disajikan di atas daun pisang agar tidak repot mencuci piring setelah acara selesai. Adapun beberapa makanan yang cocok untuk disajikan memakai cara ini seperti batagor, nasi goreng, rujak buah, dan sebagainya.

10. Sediakan Minuman yang Praktis

Untuk menambah kelengkapan hidangan menu di atas, maka bunda juga perlu memikirkan soal minumannya. Pastikan memilih minuman yang praktis dan mudah disajikan seperti es teh, es campur, es cincau, dan sebagainya.

Tentu bisa jadi salah satu hidangan yang saling melengkapi sehingga teman-teman yang datang arisan pun semakin betah. Mereka juga akan merasa puas karena hidangannya sangat berkesan walaupun dengan budget yang tidak mahal.

Kesimpulan

Untuk menyediakan menu arisan yang murah di kantong, maka bunda bisa memilih beberapa rekomendasinya di atas. Menu-menu tersebut tidak hanya memiliki harga yang terjangkau akan tetapi juga banyak disukai.

Tentu akan menjadikan acara arisan semakin berkesan karena hidangan yang disajikan benar-benar disukai oleh semua orang. Pastinya bunda juga tidak perlu repot mengeluarkan banyak uang untuk mengadakan acara ini.

Kini bunda bisa memilih sendiri apa saja menu arisan murah meriah yang ingin dihidangkan. Setiap menu tentu dapat disajikan dengan budget ramah di kantong sehingga tidak perlu pusing pengeluaran akan membengkak karena telah memilih menu yang tepat.

Bagikan:

Cindy Pramistasari

Seorang wanita yang selalu ingin mandiri dan tidak ingin merepotkan orang lain.

Tinggalkan komentar