Resep Bumbu Kacang Batagor

Cindy Pramistasari

Resep Bumbu Kacang Batagor
Ilustrasi Resep Bumbu Kacang Batagor, Source Image: Canva/edgunn

Resep Bumbu Kacang Batagor – Menjadi kesukaan banyak orang, batagor memiliki cita rasa bumbu kacang yang sangat lezat hingga menjadikannya makanan favorit banyak kalangan. Bahkan, saat ini Bunda bisa membuatnya secara mudah karena tersedia berbagai inovasi resep.

Tidak berbeda dari komplemen siomay, resep bumbu kacang batagor juga dapat diaplikasikan ke makanan khas Bandung tersebut. Bunda hanya perlu mempersiapkan beberapa bahan dasar seperti kacang tanah, cabai merah, bawang putih, dan lain sebagainya.

Dengan perpaduan rempah-rempah khas tanah air, olahan resep bumbu kacang batagor akan makin menggugah selera. Dengan begitu, Bunda bisa menerapkannya sebagai alternatif untuk jualan atau bahkan dinikmati bersama keluarga.

Mengaplikasikan resep bumbu kacang batagor bisa dikatakan cukup mudah, hanya saja proses pembuatannya sedikit membutuhkan trik agar keluar minyak saat memasaknya. Selain itu, untuk menambahkan rasa juga terdapat bahan tertentu.

Resep Bumbu Kacang Batagor Bandung

Resep Bumbu Kacang Batagor Bandung
Source Image: Canva/Hari Sucahyo

Untuk melengkapi tekstur batagor yang renyah di bagian luar namun kenyal di dalam, saat Bunda membuat resep bumbu kacang buatlah sedikit sedikit lebih cair dibanding bumbu sate. Sehingga cita rasa gurih dan lezat dari makanan khas Bandung ini terasa sempurna.

Kendati akan memunculkan citarasa gurih dan lezat, resep bumbu kacang batagor yang lebih cair hanya mampu bertahan 2 sampai 3 hari saja. Tentu hal ini akan merugikan Bunda ketika hendak menjualnya bukan? Jika berminat mengetahui lebih lanjut, di bawah ini adalah resepnya.

JenisKeterangan
Nama ResepResep Bumbu Kacang Batagor
KategoriBumbu
Waktu Persiapan10 Menit
Waktu Penyajian30 – 40 Menit
Jumlah Penyajian1 Porsi

Baca Juga: Resep Cilok Bumbu Kacang untuk Jualan

Bahan

  • 250 gram kacang tanah yang sudah digoreng lalu dihaluskan
  • 4 butir bawang merah, kupas lalu goreng
  • 3 butir bawang putih, kupas dan goreng
  • Air secukupnya
  • Minyak Goreng
  • 30 – 50 gram gula merah
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan air asam jawa
  • 3 lembar daun jeruk
  • 3 cabai rawit (Opsional)
  • 5 cabai merah keriting, goreng
  • Garam dan penyedap rasa sesuai selera

Cara Membuat

  1. Langkah pertama, siapkan chopper atau blender untuk menghaluskan semua bahan menjadi satu. Jangan lupa Bunda tambahkan sedikit air dan minyak, lalu haluskan.
  2. Setelah bumbu kacang sudah tercampur dan halus, siapkan wajan lalu tuang di atasnya.
  3. Pastikan memasak bumbu kacang dengan api yang sangat kecil sampai kandungan minyak keluar.
  4. Tunggu beberapa saat sampai warna bumbu kacang mulai terlihat gelap serta mengeluarkan sedikit minyak.
  5. Tambahkan sedikit air menyesuaikan tingkat kekentalan bumbu, tuang air asam, garam, daun jeruk serta gula merah.
  6. Masak sampai bumbu keluar minyak dengan tingkat kekentalan sesuai keinginan Bunda.
  7. Koreksi rasa bumbu, jika sudah sesuai silakan Bunda angkat.
  8. Selesai, bumbu kacang siap melengkapi batagor khas Bandung.

Jika menginginkan bumbu kacang yang dibuat lebih pedas, Bunda bisa menambahkan beberapa buah cabai rawit. Lalu agar komplemen batagor ini memiliki aroma segar, silakan tambah dengan daun jeruk. Sementara agar bumbunya lebih light atau kental, kentang rebus bisa dijadikan opsi.

Tips Agar Bumbu Kacang Batagor Tahan Lama

Tips Agar Bumbu Kacang Batagor Tahan Lama
Source Image: YouTube/Nienongz Lina

Mengingat resep di atas memiliki tekstur lebih cair dibanding dengan bumbu kacang pada satu maupun pecel, rasa asam akan muncul ketika disimpan selama 2 atau 3 x 24 jam. Namun, hal ini bisa Bunda atasi secara mudah dengan memperhatikan proses pembuatannya.

Saat hendak menyajikan bumbu kacang untuk batagor yang sebelumnya disimpan, Bunda harus memasaknya kembali ketika akan disantap bersama keluarga atau menjualnya. Pada saat memanaskan, jangan lupa untuk mengaduk secara berkala sampai busa hilang.

Proses memasak ulang tersebut bertujuan supaya kandungan air pada bumbu kacang berkurang. Sehingga pematangan ini memungkinkan olahan Bunda tidak mudah tengik, asam hingga berbau langu. Dengan begitu, komplemen pelengkap Batagor ini bisa disimpan lebih lama.

Kesimpulan

Bunda bisa menyesuaikan bahan-bahan guna menerapkan resep bumbu kacang batagor dengan rasa sesuai keinginan. Baik dari tingkat kepedasan, menambahkan aromatik maupun membuat tekstur halus atau kasar berdasarkan selera.

Selain itu, resep di atas juga bisa Bunda terapkan pada makanan khas Bandung lain seperti siomay, dicocol dengan tahu aci khas Tegal dan lain sebagainya.

Bagikan:

Cindy Pramistasari

Seorang wanita yang selalu ingin mandiri dan tidak ingin merepotkan orang lain.

Tinggalkan komentar