Resep Lapis Legit 15 Butir Telur

Damara

Resep Lapis Legit 15 Butir Telur yang enak
Resep Lapis Legit 15 Butir Telur, Source Image: koran-gala

Salah satu resep yang sering menjadi pertanyaan banyak orang adalah resep lapis legit 15 butir telur. Secara umum, lapis legit memang bisa dibuat hanya dengan memanfaatkan lebih sedikit butir telur seperti yang sering dibuat oleh orang pada umumnya.

Akan tetapi, apabila Bunda ingin mencoba inovasi baru atau sedang ingin menjamu tamu dengan kue lapis legit yang lebih banyak, maka tidak ada salahnya untuk menambah jumlah porsi telur. Dengan telur yang banyak, maka hal itu juga membuat proses persiapan bahan-bahan menjadi lebih ekstra lagi.

Namun, Bunda tidak perlu khawatir sebab bahan dan cara pembuatan lapis legit ini tidak terlalu rumit. Hanya dengan beberapa proses dan waktu saja, lapis legit yang super ini bisa disajikan kepada khalayak yang ramai.

Pada uraian berikut, Bunda bisa memperhatikan apa saja bahan yang harus dibeli dan cara-cara yang bisa dipraktikkan. Langsung saja, mari simak secara langsung penjelasannya seperti yang ada di bawah ini!

Resep Lapis Legit 15 Butir Telur

Resep Lapis Legit 15 Butir Telur
Sumber: Cookpad

Lapis legit tentunya akan sangat menggoda karena memiliki lapisan yang tebal sekaligus aroma rempah yang unik. Meskipun Bunda perlu usaha dan waktu yang tidak sedikit, hasil dari kue ini akan begitu lezat sehingga Bunda tidak akan menyesal telah membuatnya.

JenisKeterangan
Nama ResepResep Lapis Legit 15 Telur
KategoriKue Basah
Waktu Persiapan20 Menit
Waktu Penyajian120 Menit
Jumlah Penyajian1 porsi

Bahan-Bahan

  • 7 butir putih telur
  • 15 butir kuning telur
  • ½ kilogram susu kental manis Bendera Gold
  • 150 gram mentega Palmia
  • 200 gram gula pasir yang bentuknya halus
  • 350 gram butter, bisa Wisman dan Hollman butter

Bahan Ayakan

  • 27 gram susu Dancow full cream dalam bentuk bubuk
  • 180 gram terigu Segitiga Biru

Cara Membuat

  1. Langkah pertama, Bunda bisa mengocok butter, gula, dan mentega yang sudah disiapkan tadi hingga semuanya menjadi rata sepenuhnya. Kemudian, masukkan telur secara perlahan dan satu per satu, hindari langsung memasukkan secara sekaligus.
  2. Kocok hingga adonan tersebut berubah menjadi kental dan mengembang, kemudian tuang susu kental manis ke dalamnya. Kocok lagi adonan itu sebentar dan tidak perlu terlalu lama.
  3. Masukkan tepung, jangan memasukkannya secara sekaligus melainkan beberapa kali masuk saja. Aduk adonan dengan melipatnya berkali-kali hingga semuanya bisa menjadi satu dan tidak ada lagi yang tertinggal.
  4. Pada wadah yang terpisah, Bunda dapat mengocok putih telur hingga bentuknya berubah menjadi soft peak. Bentuk putih telur ini akan membuatnya menjadi lebih kokoh sehingga tidak akan mudah jatuh saat adonan diangkat.
  5. Tuang putih telur menuju ke adonan sebelumnya, lalu aduk dengan cara melipat lagi hingga tidak ada satu pun yang menggumpal.
  6. Siapkan loyang dan panaskan loyang dengan suhu 160 selama 20 menit.
  7. Olesi loyang menggunakan kotak 20 x 20 lalu taruh kertas roti di atasnya, lalu olesi menggunakan mentega. Tuang adonan lapis legit, lalu panggang selama 5 atau 7 menit menggunakan api medium.
  8. Jika adonan sudah kecokelatan, keluarkan lalu ulangi proses ini untuk adonan yang tersisa.
  9. Keluarkan dari loyang, lalu biarkan lapis legit dingin sebelum dikonsumsi.

Manfaat Kue Lapis Legit

Manfaat Kue Lapis Legit
Source Image: bakingworld

Selain manis dan lezat, lapis legit juga memiliki banyak manfaat yang tak terduga. Inilah manfaat lapis legit yang sering diabaikan orang:

  • Penuh kandungan energi untuk tubuh sehingga Bunda bisa menjadi lebih sehat lagi.
  • Memiliki kandungan protein dan karbohidrat.
  • Termasuk ke dalam kue basah yang sehat sehingga bisa dinikmati oleh segala usia, mulai dari anak-anak hingga orang lansia tanpa harus khawatir dengan efek samping apa pun.

Kesimpulan

Nah, itulah tadi resep lapis legit 15 butir telur yang bisa Bunda perhatikan dan praktikkan sendiri menggunakan bahan-bahan dan alat yang ada di rumah. Jika Bunda merasa jenuh membeli lapis legit di luar yang dibanderol dengan harga tinggi, maka mencoba membuat lapis legit mandiri adalah solusi yang paling tepat.

Bagikan:

Damara

Berbagi Resep Masakan Untuk Para Bunda dari Resep Kue, Resep Sayuran, Resep Ayam, dan Masih Banyak Lagi Resep Masakan Menarik yang Patut Dimasak Dirumah

Tinggalkan komentar