16 Menu Arisan Simple, Enak, Favorit dan Sederhana

Damara

Menu Arisan Simple, Enak, Favorit dan Sederhana
Menu Arisan Simple, Enak, Favorit dan Sederhana, Source Image: Dapurawit.com

Menu Arisan Simple – Ide menu arisan simple bisa menjadi pelengkap hangatnya pertemuan teman, keluarga, maupun rekan kantor secara rutin. Arisan biasanya dilakukan satu bulan sekali dengan besaran uang yang disesuaikan dengan kesepakatan para anggota arisannya.

Tradisi kumpul unik ini menyasar setiap kalangan, dari arisan yang memberikan akumulasi ratusan ribu, jutaan, bahkan sampai milyaran rupiah. Menariknya, sekarang bentuk arisan bukan hanya uang, namun juga ada beberapa kalangan menengah atas arisan berlian.

Esensi dari arisan sendiri sebenarnya merupakan ajang silaturahmi yang memberikan keuntungan materi. Sekalipun uang yang didapatkan hasil dari pengumpulan uang masing-masing tanpa ada pengurangan atau penambahan dana.

Namun, keseruan berkumpul bersama teman atau keluarga memberikan kehangatan tersendiri. Biasanya, kesibukan masing-masing orang membuat waktu kumpul menjadi lebih susah disesuaikan tanpa ada dorongan lebih kuat dari membayar dan mengocok arisan.

Ide Menu Arisan Simple

Beberapa kelompok mengadakan arisan di restoran agar tidak merepotkan salah satu pihak. Namun, beberapa diantaranya memilih pelaksanaan arisan secara bergantian di rumah setiap anggota dengan pertimbangan lebih fleksibel, nyaman, dan lebih bebas.

Pelaksanaan arisan di restoran biasanya tidak merepotkan tuan rumah untuk menyediakan konsumsi. Menu makanan bisa dipesan langsung dari restorannya dalam porsi besar, meskipun bukan berarti arisan di rumah tidak menyenangkan.

Baca Juga: 50 Menu Catering Kantoran Untuk Siang Mulai Rp 10000

Jika pelaksanaan arisan dilaksanakan pada setiap rumah anggota secara bergantian maka otomatis pemilik rumah akan menyediakan konsumsi untuk seluruh peserta. Bunda yang kebagian jadi tuan rumah pertemuan arisan bisa tiru ide menu arisan simple dan sederhana di bawah ini:

1. Bakso Kuah

1. Bakso Kuah

Bakso kuah menjadi salah satu menu andalan yang hampir digemari oleh kebanyakan perempuan, baik ibu-ibu maupun bukan. Sensasi rasa gurih dan hangat dari kuahnya akan semakin lengkap dengan tambahan sambal dan perasan jeruk nipis.

Bakso termasuk makanan ringan atau selingan yang kerap diburu tanpa mengenal cuaca. Baik musim dingin atau panas sekalipun, tempat jual bakso sepertinya tidak pernah sepi pembeli karena menyediakan minuman dingin juga minuman hangat.

Bakso bisa menjadi salah satu menu yang disediakan untuk menemani pertemuan arisan bersama teman maupun keluarga. Bunda bisa menggunakan panci berukuran besar dan memisahkan berbagai menu tambahan lainnya, seperti sawi, bihun, mie kuning, juga kerupuk.

2. Sup Zuppa

2. Sup Zuppa

Sup zuppa termasuk salah satu ide menu arisan simple lainnya yang bisa disediakan di atas meja prasmanan saat arisan. Zuppa termasuk jenis makanan ringan, tetapi bisa cukup mengenyangkan dengan kombinasi jamur, telur, dan berbagai jenis sayuran pelengkap lainnya.

Penyajian zuppa menggunakan kulit pastry menjadi lebih menarik karena tanpa penutup sekalipun sup di dalamnya tidak akan tumpah. Jika ingin menyediakan menu arisan simple ini maka lebih nikmat lagi jika Bunda menyiapkannya dalam kondisi hangat.

Penyajian zuppa bisa dibuat satu per satu saja, misalkan ada seratus orang peserta arisan maka bisa sediakan sebanyak seratus sup zuppa juga. Ukurannya bisa disesuaikan agar tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil supaya menu lainnya masih bisa dikonsumsi.

3. Keripik

3. Keripik

Keripik termasuk makanan ringan yang sangat populer dan cocok dikombinasikan dengan berbagai minuman. Uniknya, keripik bisa menjadi camilan selama acara berlangsung, asalkan tidak mengunyah dengan berlebihan sampai menimbulkan bunyi berisik.

Sekarang variasi keripik sudah lebih banyak, baik dari segi bahan bakunya sampai pemilihan rasanya. Semula, biasanya keripik terbuat dari ketela atau singkong dan kentang, namun seiring waktu ada juga keripik berbahan dasar sayur, seperti bayam.

Jenis-jenis bumbu yang menjadi perasa keripik juga beragam, bisa dari bumbu tabur, bisa juga dari jenis bumbu olahan, seperti cabe ulek. Bunda bisa menyediakan satu toples besar untuk keripik atau beberapa toples kecil dengan berbagai keripik aneka rasa.

4. Kue Bolu

4. Kue Bolu

Bunda bisa menyediakan kue bolu buatan sendiri atau membelinya dari toko bolu terpercaya dan terdekat dari rumah. Bolu ada banyak ragamnya, mulai dari bolu gulung, bolu lapis, bolu keju, dan masih banyak lagi pilihan serta jenis lainnya.

Penyediaan kue bolu untuk melengkapi acara arisan akan semakin mudah dikonsumsi jika sudah dipotong-potong kecil. Bunda bisa menyediakan potongan kue bolu dalam satu piring besar sehingga para peserta arisan bisa mengambilnya kapan saja.

Agar lebih rapi, Bunda juga bisa menyediakan piring kertas kecil lengkap dengan garpu plastik sebagai alat makannya. Jangan lupa menyediakan air minum karena serat-serat bolu membuat tenggorokan tidak nyaman jika tidak ada minuman.

5. Finger Food

5. Finger Food

Finger food adalah istilah lain untuk menyebutkan jenis makanan yang bisa digenggam atau tidak membutuhkan piring maupun mangkuk sebagai alat makan. Pemilihan menu finger food ini memudahkan tamu untuk menyantap makanan dalam posisi apapun.

Beberapa ide finger food yang bisa Bunda sediakan adalah bakso mini yang disajikan dengan tusukan seperti sate. Bisa juga menyediakan menu taco mini dengan berbagai isian, seperti keju, saus salsa, dan daging cincang yang rasanya memanjakan lidah.

Menu praktis, seperti nugget juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk menghangatkan suasana arisan bersama teman maupun keluarga. Sekalipun makanan ini fleksibel dinikmati dalam posisi apa saja, namun sebaiknya Bunda juga menyediakan kursi atau bantal duduk.

6. Salad Sayur

6. Salad Sayur

Camilan sehat salad sayur disajikan dengan tambahan saus mayones dan taburan wijen serta tambahan daging rebus bagian dada bisa menjadi warna baru. Khusus untuk Bunda dan anggota arisan yang ingin menjaga berat badan tetap ideal, pilih salad sayur saja.

Selain nikmat, sajian salad sayur juga menyehatkan dan sangat cocok dipilih sebagai menu diet. Sekarang pilihan sayur untuk saladnya sudah banyak, bahkan bisa membeli sayur yang sudah dibungkus menjadi satu sehingga tinggal ditambah dengan sausnya saja.

Bunda juga bisa mengombinasikan semua sayur sendiri, seperti tomat ceri, selada, mentimun, paprika, dan jangan lupa tambahan protein. Bisa daging ayam bagian dada atau telur rebus yang dibumbui dengan mayonaise instan atau saus racikan sendiri.

7. Batagor

7. Batagor

Batagor, camilan khas Sunda yang merupakan singkatan dari bakso tahu goreng sangat cocok disajikan dengan bumbu kacang, taburan goreng bawang, sambal, dan perasan jeruk nipis. Bunda bisa menyajikan bumbu dengan batagornya secara terpisah.

Nanti para tamu bisa menambahkan sendiri bumbunya sesuai selera, jangan lupa juga sediakan sambal cabai, saus instan, kecap, juga tidak lupa alat makan. Menyantap batagor sambil menunggu waktu arisan dikocok akan terasa lebih menyenangkan.

Apalagi jika cuaca hujan dan diiringi obrolan ringan dengan sesama anggota arisan. Arisan menjadi salah satu cara terbaik untuk berkumpul saling berbagi cerita setelah sekian lama tidak bertemu.

8. Bihun Goreng

8. Bihun Goreng

Bihun goreng bisa menjadi pilihan menu karbohidrat selain nasi yang lebih nikmat karena bumbunya sudah menyatu. Penyajian bihun goreng bisa menambahkan suwiran ayam, telur, aneka sayuran, dan berbagai menu tambahan lainnya.

Bunda bisa menyediakan bihun goreng dalam satu wadah besar dan menyediakan sumpit serta piring di sebelahnya. Para tamu bisa menggunakan piring dan sumpit tersebut untuk menikmati seporsi bihun goreng sambil menikmati acara arisan.

Dengan menyajikan bihun goreng, secara tidak langsung Bunda memberikan alternatif menu mengenyangkan bagi seluruh peserta arisan. Tambahan protein bihun goreng bisa juga menggunakan udang atau daging, selain sumber protein telur dan ayam.

9. Risol Mayo

9. Risol Mayo

Risol mayo menjadi salah satu pilihan makanan terbaik dan umum digunakan dalam berbagai acara. Isian risol mayo biasanya dipadukan dengan telur rebus, sosis, juga keju mozarella. Jangan lupa sediakan cocolan saus cabai dan saus tomat sebagai pelengkapnya.

Bunda bisa menyediakan satu piring besar berisi tumpukan risol mayo dan membiarkan para peserta mengambilnya satu per satu. Bisa juga membungkusnya dalam mika plastik agar lebih rapi dan bisa dibawa pulang oleh para peserta arisan.

Risol mayo biasanya menjadi salah satu menu yang disajikan dalam snack box bersama pie buah, potongan kue bolu, juga air putih gelas. Hendak menyajikan konsumsi dalam bentuk apapun tergantung pada konsep acara arisannya.

10. Roti Pisang Coklat

10. Roti Pisang Coklat

Roti pisang coklat bisa dibuat sendiri karena bahan dan proses pembuatannya sangat sederhana serta tidak memakan waktu lama. Cukup menggunakan roti tawar, pisang, coklat, keju, margarin, dan susu kental manis.

Gunakan satu lembar roti tawar yang diolesi dengan selai coklat, tambahan pisang, taburan keju parut, dan SKM. Oleskan margarin ke panggangan dan panggang satu per satu rotinya sampai berwarna kecoklatan, lakukan secara berulang.

Bunda bisa menyajikan roti pisang coklat ini pada piring besar dan tidak lupa sediakan pula piring kecil serta garpu. Alat makan tersebut bisa digunakan untuk menikmati sajian roti pisang coklat dan berbagai menu lainnya, seperti risol mayo, kue bolu, dan sebagainya.

11. Sop Ayam

11. Sop Ayam

Sop ayam sebenarnya merupakan lauk-pauk yang cocok dinikmati dengan nasi putih dan sambal serta kerupuk. Bunda bisa menyajikan sup ayam dalam sebuah panci besar dan tidak lupa menyediakan sarana atau alat makan berupa mangkuk kecil.

Banyaknya makanan suguhan arisan membuat orang lebih mudah kenyang sehingga penyajian setiap menu sebaiknya dalam porsi kecil saja. Porsi kecil untuk satu jenis makanan membuat semua tamu bisa menikmati makanan tersebut.

Selain itu, karena penyajian porsinya kecil maka para peserta arisan bisa menikmati lebih banyak menu. Berbeda dengan risol mayo yang bisa dibawa pulang, sop ayam tidak bisa dibungkus, sehingga usahakan Bunda menyediakan menu dengan porsi secukupnya saja.

12. Nasi Goreng

12. Nasi Goreng

Nasi goreng bisa menjadi salah satu pilihan menu terbaik selain nasi putih yang mengharuskan lauk-pauk diambil secara terpisah. Nasi goreng bisa disajikan dalam satu wadah besar dan tambahan kerupuk di sebelahnya sebagai pelengkap.

Bunda juga bisa menambahkan sajian acar sebagai tambahan sayur agar suasana makan menjadi lebih nikmat. Jenis nasi goreng yang disajikan banyak ragamnya, mulai dari nasi goreng kampung, nasi goreng telur, nasi goreng teri, nasi goreng udang, dan banyak lagi.

Uniknya, berbeda dengan sajian sop ayam yang kemungkinan sulit dibungkus, nasi goreng bisa juga dibawa pulang. Bunda bisa menyajikannya pada styrofoam agar memudahkan peserta arisan untuk makan dan menghemat alat makan yang harus dicuci.

13. Nasi Liwet

13. Nasi Liwet

Sajian nasi liwet biasanya sudah lengkap dengan lauk dan disajikan dengan bentuk tumpeng di tampah berukuran besar. Menikmati nasi liwet bisa setelah hasil kocokan selesai agar setiap kunyahan terasa lebih nikmat karena acara intinya sudah terlalui.

Nasi liwet biasanya identik sekali dengan makanan khas Sunda lengkap dengan menu sayur mentah atau lalap, ikan, sambal, juga kerupuk. Beberapa orang mungkin menyajikannya sebagai tumpeng, beberapa lainnya menyediakan liwet langsung dari kastrol.

Ada juga yang memanfaatkan daun pisang agar suasana makan jadi lebih nikmat dan kebersamaannya lebih terasa. Model penyajian seperti apa bergantung pada karakteristik dan selera para anggota arisan serta tergantung pada dimana pelaksanaan arisannya.

14. Mie Goreng Jawa

14. Mie Goreng Jawa

Mie goreng jawa termasuk menu arisan lainnya yang mengandung karbohidrat selain nasi dan bihun. Ciri khas mie goreng jawa adalah pada tambahan kemiri serta ebi yang membuatnya berbeda dengan berbagai menu mie goreng pinggir jalan, apalagi mie goreng instan.

Bunda bisa menambahkan aneka sayuran dan protein, seperti telur, daging merah, daging ayam, juga udang. Jika ingin menyediakan sambal maka sebaiknya disediakan secara terpisah supaya para tamu undangan bisa menyesuaikan dengan selera.

Mie goreng jawa akan lebih nikmat disantap dengan secangkir teh hangat dan akan sangat nikmat saat hujan turun. Sekarang sudah ada mie goreng jawa instan sehingga Bunda tidak perlu repot lagi menyiapkan bahan-bahannya secara terpisah satu per satu.

15. Soto

15. Soto

Soto menjadi sajian menu berikutnya yang melengkapi suasana arisan bersama keluarga maupun teman. Soto di Indonesia ada banyak jenisnya, contoh soto madura, soto semarang, atau soto betawi yang lekat dengan kuah santannya.

Bogor juga memiliki sajian soto mie yang khas dengan potongan cakwe di dalamnya. Bunda bisa menyajikan menu soto dalam satu wadah besar dan menyediakan mangkuk kecil agar para tamu bisa mengambil soto sesuai porsinya masing-masing.

Soto bisa dinikmati dengan nasi hangat, bisa juga dinikmati sebagai makanan tanpa nasi, tergantung kesukaan orangnya. Bunda bisa menyediakan nasi secara terpisah dan membiarkan para peserta arisan memilih pakai nasi atau tidak.

16. Sop Buntut

16. Sop Buntut

Terakhir, ide menu arisan yang bisa menghangatkan suasana adalah sop buntut yang akan lebih nikmat disantap dengan seporsi nasi. Jangan lupa juga sajikan sambal, kerupuk, dan jeruk nipis secara terpisah agar tamu bisa menyesuaikan porsinya sendiri.

Sensasi rasa gurih, segar, dan ringan dari kuah bening sop buntut memberikan kebahagiaan bagi semua tamu, sekalipun belum beruntung mendapatkan arisan. Berbagi kebahagiaan dalam acara arisan bukan hanya dari memenangkan kocokan, tetapi juga menikmati makanan.

Sebagai tuan rumah, tentu Bunda ingin memberikan penyambutan para tamu dengan sangat baik. Salah satu hal yang tidak terlupakan bagi para tamu adalah penyambutan melalui penyajian makanan yang nikmat, sekalipun sederhana.

Kesimpulan

Enam belas ide menu telah kami berikan sebagai referensi ketika Bunda akan melaksanakan arisan bulan depan atau bulan ini. Tidak perlu menyiapkan semuanya, Bunda bisa memilih beberapa saja yang merangkum semua kandungan secara lengkap.

Bisa menggunakan menu berat, seperti nasi goreng dan camilan sehat, seperti salad sayur serta memberikan bekal, seperti roti pisang coklat. Jangan lupa sediakan minuman juga, baik untuk konsumsi selama acara atau konsumsi yang dibawa pulang masing-masing.

Arisan menjadi salah satu kegiatan menyenangkan yang tidak hanya dilakukan ibu-ibu, tetapi juga oleh para perempuan single. Apapun jenis arisannya, baik uang atau berlian, sajian menu arisan simple dapat menjadi pelengkap dan penghangat suasana.

Bagikan:

Damara

Berbagi Resep Masakan Untuk Para Bunda dari Resep Kue, Resep Sayuran, Resep Ayam, dan Masih Banyak Lagi Resep Masakan Menarik yang Patut Dimasak Dirumah

Tinggalkan komentar