10 Menu Arisan Keluarga Siang Hari Praktis dan Murah

Dian Larasati

Menu Arisan Keluarga Siang Hari Praktis dan Murah
Menu Arisan Keluarga Siang Hari, Source Image: Dapurawit.com

Menu Arisan Keluarga Siang Hari – Bunda, ada beberapa rekomendasi menu arisan keluarga siang hari yang tepat. Sehingga, dapat dijadikan referensi yang tepat untuk sajian saat arisan pada siang hari.

Menu makanan dalam sebuah acara adalah suatu hal yang sangat penting. Karena, akan menjadi salah satu cara bentuk menghargai tamu yang datang.

Jadi, penting sekali untuk memperhatikan sajian atau makanan pada saat arisan keluarga. Tentunya harus memperhatikan beberapa hal dalam menyajikan sebuah makanan.

Di bawah ini akan dijabarkan serta diulas menu makanan apa yang cocok disajikan pada arisan di siang hari. Lihat ulasan lengkapnya berikut!

Menu Arisan Keluarga Siang Hari yang Tepat dan Lezat

Menu Arisan Keluarga Siang Hari yang Tepat dan Lezat

Terdapat berbagai menu utama yang cocok disajikan saat arisan keluarga di waktu siang hari. Inilah beberapa menu utama yang direkomendasikan oleh dapurawit.com:

1. Bakso

Rekomendasi yang pertama yaitu ada bakso, yang mana menjadi favorit banyak orang. Cocok sekali disajikan pada saat siang hari yang panas.

Bakso menjadi salah satu sajian yang nikmat dan segar dinikmati pada siang hari. Pasti suasana arisan akan menjadi lebih asyik dan juga meriah.

2. Soto Daging

Untuk rekomendasi yang kedua yaitu ada soto daging. Sajian segar ini cocok juga menjadi salah satu kudapan saat arisan di siang hari.

Tinggal pilih saja akan menyajikan soto ayam atau soto sapi yang segar. Para tamu arisan dijamin akan suka dan puas dengan acara arisan tersebut.

3. Sate Lontong

Apabila tidak ingin makanan yang berkuah, maka bisa memilih makanan yang mempunyai bumbu yang lezat. Sate lontong adalah salah satu alternatif yang tepat.

Bunda, bisa menggunakan sate ayam atau sate kambing sesuai dengan budget yang ada. Makanan ini sangat lezat disajikan di siang hari dan dimakan bersama keluarga.

4. Nasi dan Ayam Goreng

Jika ingin menu makanan yang lebih istimewa, maka bisa menyediakan nasi dan ayam goreng. Bisa dilengkapi dengan sayuran yang segar dan sambal yang nikmat.

Sajian satu ini sudah pasti sulit untuk ditolak. Karena, sebagian besar masyarakat menyukai makanan utama yang satu ini.

5. Mie Ayam

Kudapan lezat selanjutnya yang bisa disajikan saat arisan adalah mie ayam. Siapa sih yang tidak suka dengan makanan sejuta umat ini.

Kenikmatan mie ayam sudah pasti akan disukai oleh semua orang. Dari anak kecil hingga orang tua dijamin akan suka dengan makanan lezat ini.

6. Nasi Liwet

Apabila ingin menambah sebuah kebersamaan, maka bisa menyajikan nasi liwet. Sajikan nasi liwet di atas daun pisang lengkap dengan lauk pauk serta sambal.

Kemudian, makan bersama dengan keluarga pasti akan menambah kenikmatan. Makanan sederhana ini sangat nikmat bila dinikmati di siang hari.

7. Nasi Bakar

Saat ini memang sedang populer sekali makanan nasi bakar. Sebuah nasi beserta lauknya yang dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar.

Makanan tersebut pasti akan membuat penasaran banyak orang. Sehingga, banyak yang ingin mencobanya dan sudah pasti akan ketagihan dengan makanan tersebut.

8. Batagor

Jika tidak ingin makanan yang terlalu berat, maka bisa menyajikan batagor. Walaupun bukan makanan yang berat, batagor cukup membuat kenyang juga.

Makanan khas Bandung ini merupakan favorit banyak orang. Apabila disajikan pada saat arisan, maka sudah pasti banyak yang menyukainya.

9. Rawon

Bisa juga menyajikan sebuah rawon segar untuk sajian arisan pada siang hari. Makanan yang mirip soto tersebut mempunyai rasa yang khas dan segar.

Cocok sekali disajikan pada saat siang hari yang panas. Apalagi, bila disajikan dengan sambal dan kerupuk pasti akan menambah kenikmatan makanan tersebut.

10. Nasi Prasmanan

Apabila ingin menyajikan makanan yang lebih lengkap, maka sajikan saja nasi prasmanan. Biasanya terdiri dari nasi, sayur, lauk, buah, dan yang lainnya.

Sehingga, keluarga bisa memilih sendiri makanan yang sesuai dengan seleranya. Bisa menjadi alternatif makanan arisan yang cocok disajikan di siang hari.

Menu Makanan Kecil Arisan Keluarga Siang Hari

Menu Makanan Kecil Arisan Keluarga Siang Hari

Selain menu utama, di sini juga akan direkomendasikan makanan kecil yang cocok untuk arisan di siang hari. Berikut rekomendasi lengkapnya:

1. Aneka Gorengan

Untuk yang pertama sudah pasti ada aneka gorengan. Makanan sederhana ini dijamin banyak yang suka.

Apalagi, banyak sekali jenis gorengan yang bisa disajikan. Mulai dari tempe goreng, tahu goreng, bakwan, hingga pisang goreng juga.

Sangat cocok disajikan pada saat siang hari atau bisa juga sore hari. Sangat nikmat bila dimakan bersama dengan keluarga tercinta.

2. Aneka Kue Basah

Rekomendasi yang selanjutnya yaitu ada aneka kue basah. Setiap ada acara arisan, sepertinya kue basah tidak pernah ketinggalan untuk disajikan.

Terdapat berbagai macam kue basah yang dapat disajikan. Seperti lemper, bolu kukus, dadar gulung, dan masih banyak lainnya.

Makanan pasar tersebut bisa disajikan sebagai camilan. Namun, dapat juga dijadikan makanan penutup setelah makanan utama.

3. Keripik

Bisa juga menyajikan keripik sebagai makanan kecil pada saat arisan. Makanan ringan tersebut sudah pasti memiliki banyak penggemar.

Tinggal disajikan saja di sebuah wadah, maka dalam hitungan detik pasti banyak yang melirik. Karena, rasanya yang renyah dan juga gurih pastinya.

Ada juga berbagai macam jenis keripik, seperti singkong dan kentang. Tinggal pilih saja sesuai dengan selera serta biaya.

4. Kue Atau Bolu

Makanan pendamping lainnya yang bisa disajikan adalah kue atau bolu. Sepertinya makanan ini sudah pasti ada di setiap arisan keluarga.

Rasanya yang manis serta padat akan membuat perut cepat kenyang. Cocok bagi yang tidak ingin menikmati makanan utama.

Tinggal pilih saja ingin menyajikan jenis kue yang seperti apa. Bisa memilih lapis legit, kue sarang semut, atau kue yang lainnya.  

5. Buah-buahan

Satu lagi yang tidak boleh ketinggalan adalah buah-buahan. Sepertinya buah adalah makanan yang wajib ada di setiap acara.

Buah bisa menjadi salah satu makanan penutup yang segar. Apalagi, bila disajikan di siang hari pasti akan lebih menyegarkan.

Ada berbagai macam jenis buah yang bisa disajikan di arisan. Mulai dari semangka, melon, jeruk, anggur, dan buah segar lainnya.

Menu Minuman Untuk Arisan Keluarga Siang Hari

Menu Minuman Untuk Arisan Keluarga Siang Hari

Tak hanya makanan saja, dalam sebuah arisan juga harus ada minuman yang segar. Di bawah ini akan direkomendasikan apa saja minuman yang cocok untuk arisan:

1. Teh

Rekomendasi yang pertama sudah pasti ada teh, yang mana wajib ada di setiap acara. Karena, rasanya yang manis dan cocok di segala cuaca.

Minuman ini bisa juga disajikan dalam bentuk hangat atau dingin. Bisa disesuaikan saja dengan cuaca pada saat acara berlangsung.

2. Jus Buah

Jenis minuman yang kedua yaitu ada jus buah. Pastinya cocok disajikan pada saat siang hari yang panas.

Ada berbagai jus buah yang bisa disajikan saat acara arisan bersama keluarga. Seperti jus alpukat, jus mangga, jus semangka, dan aneka jus lainnya.

3. Es Buah

Apabila ingin minuman yang lebih segar, maka bisa menyajikan es buah. Untuk es buah sendiri adalah minuman dengan isian berbagai macam buah.

Sajian minuman ini sudah pasti disukai oleh banyak orang. Karena, rasanya yang manis, segar, dan bisa membuat kenyang juga.

4. Minuman Kemasan

Jika tidak mau terlalu repot dalam menyajikan sebuah minuman, maka bisa menggunakan minuman kemasan. Tentunya lebih praktis dan dijamin enak.  

Terdapat berbagai macam minuman kemasan yang bisa disajikan. Mulai dari minuman yang tidak ada rasanya hingga minuman dengan berbagai varian rasa.

Manfaat Arisan Keluarga

Manfaat Arisan Keluarga

Arisan keluarga juga mempunyai beberapa manfaat yang akan diperoleh pihak yang mengikuti arisan tersebut. Inilah beberapa manfaatnya:

1. Menjalin Silaturahmi

Acara arisan keluarga bisa dijadikan ajang menjalin silaturahmi. Karena, tidak semua keluarga bisa bertemu setiap hari.

Sehingga, dengan adanya arisan keluarga tersebut bisa membuat silaturahmi semakin terjalin erat. Jadi, hubungan antar keluarga akan selalu rukun dan damai.

2. Memperkuat Kebersamaan

Untuk manfaat yang kedua adalah untuk memperkuat sebuah kebersamaan. Adanya arisan keluarga akan membuat kebersamaan akan semakin erat.

Jadi, hubungan di dalam keluarga juga akan semakin kompak. Walaupun, jarang bertemu akan tetap kompak dalam segala hal.

3. Tempat Investasi Uang

Manfaat yang selanjutnya adalah tempat untuk menyimpan atau investasi uang. Karena, biasanya arisan konsepnya adalah menabung uang pada salah satu anggota.

Jadi, saat membutuhkan uang bisa langsung mengambil di acara arisan tersebut. Tentunya uang di tangan keluarga sendiri akan lebih aman dan terpercaya.

4. Melatih Kepedulian Sosial

Dalam acara arisan keluarga tidak hanya tentang uang saja. Namun, bisa juga sebagai tempat untuk melatih kepedulian sosial.

Apabila ada salah satu anggota yang sedang kesusahan, maka anggota lain bisa mengetahuinya. Sehingga, bisa membantu anggota lain dengan lebih cepat.

5. Sebagai Bentuk Tradisi

Adanya arisan keluarga bisa membentuk sebuah tradisi di dalam satu keluarga. Tradisi tersebut bisa diteruskan ke penerus keluarga selanjutnya.

Hubungan keluarga pun akan selalu terjalin dan tidak akan pernah putus. Karena, sudah ada tradisi arisan keluarga yang selalu diselenggarakan.

Kesimpulan

Di atas sudah dijelaskan mengenai berbagai menu yang bisa disajikan untuk arisan keluarga di siang hari. Mulai dari makanan utama, makanan ringan, dan minumannya.

Makanan utama yang bisa disajikan yaitu ada bakso, soto, rawon, sate, dan yang lainnya. Tinggal pilih saja sesuai dengan biaya dan selera masing-masing keluarga.

Untuk makanan ringan juga ada keripik, aneka gorengan, aneka kue basah, dan buah. Semuanya cocok dijadikan camilan di saat arisan berlangsung.

Selain itu, ada juga beberapa minuman segar yang wajib ada. Seperti ada teh, jus buah, dan bisa juga es buah yang segar.

Adanya arisan keluarga juga memberikan manfaat yang sangat positif. Di atas sudah dijabarkan beberapa manfaat dari adanya arisan keluarga.

Demikian penjelasan tentang rekomendasi menu arisan keluarga siang hari yang cocok. Karena, tidak semua makanan cocok dihidangkan pada saat siang hari.

Makanan di atas menjadi rekomendasi yang tepat dan cocok untuk arisan keluarga. Sehingga, arisan keluarga bisa berjalan dengan lancar dan nyaman. Terdapat pula beberapa rekomendasi makanan pendamping yang cocok dihidangkan bersama makanan utama. Ada juga rekomendasi minuman yang cocok untuk arisan keluarga.

Bagikan:

Dian Larasati

Penulis dan kontributor di website dapurawit.com, lulusan S1 jurusan Bisnis di salah satu Universitas ternama di Indonesia. Sudah berpengalaman menulis artikel seputar dunia usaha dan bisnis kuliner.

Tinggalkan komentar