19 Menu Arisan 200 Ribu, Enak dan Mudah

Damara

Menu Arisan 200 Ribu, Enak dan Mudah
Menu Arisan 200 Ribu, Enak dan Mudah, Source Image: Dapurawit.com

Menu Arisan 200 Ribu – Sebagai seorang ibu rumah tangga yang sering mengadakan arisan, Bunda mungkin membutuhkan rekomendasi menu arisan 200 ribu yang enak dan mudah. Artikel berikut akan membantu Bunda dengan memberikan 20 menu arisan dengan harga yang ekonomis namun tetap enak dan mudah dibuat.

Arisan merupakan suatu kegiatan yang hampir selalu diadakan di berbagai tempat. Acara ini sering menjadi kesempatan untuk berkumpul, menjalin silaturahmi, dan menikmati hidangan.

Terutama jika arisan diselenggarakan oleh ibu-ibu, seringkali aspek kuliner menjadi fokus utama daripada aspek itu sendiri. Oleh karena itu, Bunda tidak perlu lagi cemas untuk memikirkan menu hidangan yang enak dan mudah dibuat namun tetap ekonomis.

Dalam upaya untuk tetap ekonomis, Bunda dapat memilih bahan makanan yang memiliki harga terjangkau namun kaya nutrisi. Dengan begitu, Bunda bisa memberikan asupan gizi yang cukup tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam. Bunda juga bisa dengan cerdas dalam memanfaatkan promo, diskon, dan penawaran khusus di pasar atau supermarket untuk memaksimalkan anggaran belanja.

Rekomendasi Ide Menu Arisan 200 ribu

Kegiatan arisan merupakan salah satu momen yang dinanti-nantikan. Tidak hanya sebagai momen untuk mengumpulkan dan mendapatkan pendapatan, tetapi juga sebagai kesempatan untuk mempererat hubungan agar tetap akrab.

Agar momen tersebut semakin istimewa, disarankan untuk menyiapkan hidangan favorit yang pasti akan dinikmati oleh semua peserta arisan. Berikut adalah beberapa rekomendasi menu arisan yang bisa Bunda kreasikan:

1. Risoles

1. Risoles

Risoles memang merupakan salah satu jajanan pasar yang menjadi favorit berbagai kalangan usia. Oleh karena itu, risoles sangat cocok dihadirkan sebagai salah satu hidangan utama dalam menu arisan.

Kelezatan dan keunikan cita rasa risoles dapat menjadi daya tarik tersendiri, menjadikan momen arisan ibu-ibu menjadi semakin berkesan dan menggugah selera. Dengan memilih risoles sebagai bagian dari menu arisan, pastinya akan menambah keceriaan dan kehangatan saat bersama-sama di tengah kumpulan orang-orang tercinta.

Jika Bunda berencana untuk membeli risoles di pasar, harga risoles mulai dari Rp 2000 – 5000 per buah, jadi Bunda bisa membeli risoles sebanyak anggota arisan yang akan datang. Jika budget yang Bunda sediakan adalah 200 ribu, maka Bunda masih bisa menyisakan sejumlah uang untuk membeli menu hidangan lainnya.

2. Pisang Goreng

2. Pisang Goreng

Pisang goreng, salah satu jenis gorengan yang menjadi primadona, sehingga bisa menjadi pelengkap sempurna untuk acara arisan Bunda. Meskipun sederhana, rasanya yang lezat dan penyajiannya yang praktis menjadikannya pilihan ideal sebagai menu pembuka dalam acara arisan.

Apalagi, Bunda bisa dengan mudah membuatnya sendiri di rumah. Keuntungan tambahan adalah bahan-bahan untuk membuat pisang goreng ini terjangkau secara harga, sehingga cocok untuk menjaga keseimbangan anggaran belanja pada saat menyelenggarakan arisan.

Dengan begitu, pisang goreng tidak hanya memberikan kelezatan, tetapi juga menjadi opsi camilan ekonomis yang pasti disukai oleh semua anggota arisan yang hadir.

3. Molen

3. Molen

Gulungan pastry khas Indonesia ini memiliki daya tarik yang unik dan memiliki cita rasa yang lezat. Baik itu diisi dengan pisang, coklat, keju, atau bahkan campuran pisang dan coklat, molen menjadi pilihan yang tepat sebagai menu pembuka yang pasti disukai oleh berbagai kalangan.

Bunda bisa membuat hidangan ini dengan mudah di rumah, karena bahan-bahan yang mudah ditemui di toko-toko kue dengan harga terjangkau. Jika tidak ingin repot, hidangan ini banyak dijual di pinggir-pinggir jalan sehingga Bunda bisa membelinya dengan mudah.

4. Sate Ayam dan Lontong

4. Sate Ayam dan Lontong

Sate ayam dengan lontong memang terlihat simpel, tetapi menu ini senantiasa menjadi favorit karena perpaduan daging ayam yang dipanggang dan dipadukan dengan saus kacang yang lezat dan menggoda selera. Hidangan ini sangat pas untuk dihadirkan dalam menu arisan Bunda.

Baca Juga: 20 Menu Arisan Untuk 50 Orang Murah Meriah dan Praktis

Bunda bisa menyajikan menu ini dengan mudah dan mendapatkan bahan-bahannya dengan harga terjangkau. Dengan membeli 1 kilo ayam seharga 30 ribu, Bunda bisa menyajikan beberapa tusuk sate ayam untuk dihidangkan.

5. Bakso dan Lontong

5. Bakso dan Lontong

Bakso juga merupakan pilihan favorit di kalangan masyarakat Indonesia, terutama jika disajikan bersama lontong. Kesegaran kuah bakso dapat menambah kehangatan dalam suasana arisan dan sangat cocok dinikmati pada siang hari.

Bakso, dengan tekstur kenyal dan kuah yang gurih, dapat diperoleh dengan harga terjangkau di warung-warung bakso terdekat. Selain itu, lontong yang merupakan paduan yang tepat untuk menikmati hidangan bakso.

Keuntungan lainnya, kedua hidangan ini cukup mudah untuk disiapkan di rumah. Bunda dapat membeli bakso siap saji di warung bakso dan membuat lontong sendiri dengan bahan-bahan yang sederhana dan terjangkau.

Dengan begitu, selain dapat menjaga keseimbangan anggaran belanja, Bunda juga bisa menikmati hidangan yang lezat dan menyegarkan bersama teman-teman arisan. Jadi, bakso dan lontong bisa menjadi pilihan ideal yang menggabungkan unsur ekonomis dan kemudahan dalam penyajiannya untuk acara arisan.

Bunda bisa menyajikan menu ini dengan membelinya dengan harga mulai dari 10-15 ribu per porsi.

6. Es Buah

6. Es Buah

Jika Bunda mengadakan arisan di siang hari, maka es buah adalah pilihan yang sangat tepat untuk dinikmati di sela-sela acara. Selain memberikan kesegaran, dessert ini juga dapat dianggap sebagai opsi yang cukup sehat.

Potongan-potongan buah yang segar memberikan asupan nutrisi dan kesegaran rasa manis alami yang ditambahkan pada es buah membuatnya menjadi pilihan hidangan yang menyegarkan sekaligus menyehatkan. Bunda bisa menyajikan es buah dengan membeli beberapa jenis buah-buahan lokal untuk mendapatkan harga yang terjangkau.

7. Es Doger

7. Es Doger

Es doger adalah pilihan yang sempurna untuk menyegarkan suasana di acara arisan, dan kelebihannya tidak hanya terletak pada rasa lezatnya, tetapi juga pada unsur ekonomis dan kemudahan dalam penyajiannya. Bunda dapat menghemat anggaran belanja dengan mudah karena bahan-bahan untuk membuat es doger tergolong terjangkau dan dapat ditemukan dengan mudah di pasar lokal.

Untuk menyajikan es doger, Bunda hanya perlu mencampurkan beberapa bahan seperti kelapa muda parut, biji selasih, dan tentu saja sirup cocopandan. Proses pembuatannya juga sangat mudah, cukup dengan mencampurkan semua bahan dan menyajikannya bersama es serut.

8. Kue Lapis atau Bolu

8. Kue Lapis atau Bolu

Dalam menyusun menu arisan, kue lapis dan bolu menjadi dua pilihan yang tak dapat diabaikan. Kelebihan keduanya tidak hanya terletak pada cita rasa yang lezat, tetapi juga pada unsur ekonomis dan kemudahan dalam pembuatannya.

Kue lapis, dengan lapisan yang khas, dapat disajikan dalam variasi rasa yang beraga,. Bunda dapat memilih bahan-bahan yang terjangkau dan mudah ditemukan di pasar lokal maupun toko kue untuk membuat kue lapis yang lezat dan ekonomis.

Sementara itu, bolu juga menjadi pilihan yang tepat untuk hidangan arisan. Rasanya yang lembut dan cara pembuatannya yang relatif mudah menjadikannya favorit di berbagai acara. Dengan bahan-bahan yang sederhana dan harga yang terjangkau, bolu dapat disiapkan dengan cepat dan mudah di rumah.

9. Kue Basah

9. Kue Basah

Rekomendasi selanjutnya untuk arisan di rumah adalah beragam kue basah yang bisa dengan mudah ditemukan di berbagai tempat. Selain itu, Bunda juga mengkreasikan sendiri dengan mudah di rumah.

Apabila waktu tidak memungkinkan untuk membuatnya sendiri, alternatifnya adalah membeli kue basah tersebut di pasar atau di toko kue terdekat. Kue basah ini hadir dalam berbagai macam varian, mulai dari kue basah tradisional, hingga kue basah modern.

Dengan menyajikan pilihan kue basah ini, Bunda dapat memberikan variasi yang beragam dan memenuhi selera semua tamu dalam acara arisan.

10. Agar-agar atau Puding

10. Agar agar atau Puding

Agar-agar atau puding adalah pilihan yang cocok untuk dihidangkan dalam menu arisan. Menu ini cocok menjadi hidangan yang sangat ekonomis.

Baca Juga: 55 Menu Catering Harian 10000 Paling Sederhana Tapi Disukai

Meski demikian, Bunda tetap bisa membuat variasi sajian yang beragam dan menarik. Bunda bisa membuat puding standar, puding cincau, puding tahu isi, atau berkreasi dengan berbagai pilihan toping untuk menambahkan sentuhan kreatif pada hidangan tersebut, 

11. Salad Buah

11. Salad Buah

Arisan di rumah akan semakin menyegarkan dengan kehadiran salad segar sebagai menu ringan dan sehat. Salad tidak hanya memberikan rasa segar, tetapi juga menyajikan kombinasi nutrisi yang bagi tubuh.

Kelebihan lainnya, salad juga merupakan pilihan ekonomis karena dapat dimaksimalkan dengan menggunakan buah-buahan lokal yang terjangkau. Bunda dapat berkreasi dengan memanfaatkan sayuran dan buah-buahan segar yang tersedia di pasar lokal, menjadikan salad sebagai pilihan menu yang ekonomis dan tetap lezat.

Dengan begitu, selain menyehatkan, salad segar ini juga cocok untuk menjaga anggaran belanja Bunda agar tetap terkendali. Selain itu, penyajian hidangan ini juga sangat mudah, bunda hanya tinggal memotong-motong buah atau sayur, lalu tambahkan toping sesuai selera.

12. Es Kolang-Kaling

12. Es Kolang Kaling

Menu arisan di rumah juga akan semakin lengkap dengan kehadiran es kolang-kaling yang menyegarkan. Es kolang-kaling tidak hanya memberikan sensasi dingin, tetapi juga menghadirkan keunikan dengan tekstur kenyal dari kolang-kaling.

Minuman ini sangat cocok untuk melengkapi hidangan arisan, memberikan kesan manis dan menyegarkan. Bunda juga bisa menambahkan beberapa tambahan seperti kelapa muda parut, atau sirup agar es kolang-kaling semakin lezat dan menarik.

Untuk menghidangkan menu ini, Bunda tidak perlu khawatir soal biaya. Untuk membuat es ini bahan-bahan yang diperlukan relatif mudah dan murah.

13. Pisang Cokelat

13. Pisang Cokelat

Hidangan selanjutnya yang bisa Bunda coba sajikan sebagai hidangan arisan adalah pisang cokelat. Entah itu pisang goreng atau pisang bakar yang disajikan dengan taburan toping cokelat, susu, dan parutan keju di atasnya, dijamin dapat memikat selera semua orang.

Bunda bisa membuat olahan ini sendiri di rumah, mengingat bahan-bahannya sangat mudah di temui dengan harga yang terjangkau. Namun jika Bunda tidak mau ribet dalam mengolahnya, Bunda bisa membeli sajian ini di pasar atau memesan kepada penjual pisang cokelat.

14. Singkong Lapis Pelangi

14. Singkong Lapis Pelangi

Singkong lapis pelangi juga merupakan pilihan yang sesuai untuk dihidangkan dalam menu arisan yang ekonomis. Umumnya, hidangan ini dapat ditemui saat pedagang bajigur keliling atau dijual sebagai hidangan tradisional di berbagai pasar.

Keunikan rasa dan bentuk dari makanan ini membuatnya sangat cocok untuk dijadikan menu arisan di rumah, karena tidak banyak orang yang menyajikannya. Bunda bisa membeli atau mengkreasikan sendiri di rumah dengan tanpa merogoh kocek dalam-dalam.

15. Rujak

15. Rujak

Setelah berlangsungnya acara arisan dan berlalunya waktu setelah jam makan siang, tidak ada yang lebih pas daripada menikmati sensasi rujak pedas. Gabungan buah-buahan segar dengan rasa asam dan manis, ditambah sentuhan pedas dari bumbu rujak, dipastikan akan menghadirkan kesegaran di tengah teriknya siang hari.

Baca Juga: Resep Kue Basah Kekinian Untuk Jualan 1000

Persiapan pembuatan rujak bisa Bunda jadikan sebagai momen keakraban. Biarkan para peserta arisan membantu menyiapkan rujak dengan memotong buah dan menyiapkan bumbu rujak bersama.

Hal ini selain meringankan pekerjaan Bunda, juga bisa menambah kesolidan antar anggota arisan. Bahan-bahan untuk membuat rujak juga relatif murah dan terbilang mudah ditemui di warung-warung atau toko buah terdekat.

16. Nasi Liwet

16. Nasi Liwet

Bagi warga yang berdomisili di Pulau Jawa, nasi liwet seringkali menjadi menu utama yang tak boleh absen dalam setiap pertemuan bersama seperti arisan. Nasi liwet cocok dihadirkan sebagai pilihan menu arisan baik untuk kelompok sedikit, maupun hingga ratusan orang.

Namun, jika Bunda menarif budget 200 ribu, Bunda bisa menyesuaikan dengan membuat sekitar 10-15 porsi nasi liwet. Proses pembuatannya tergolong mudah, bahan-bahannya juga mudah ditemukan, dan tentu saja kenikmatan rasanya tidak dapat diragukan.

17. Nasi dan Telur Geprek

17. Nasi dan Telur Geprek

Bunda bisa menyajikan nasi dan telur geprek sebagai hidangan utama dalam arisan. Menu ini sangat ekonomis karena harga telur relatif masih murah dibanding harus menyajikan ayam geprek.

Harga satu kilo telur biasanya sekitar 30 ribu, Bunda bisa menyajikan sekitar 14 porsi telur geprek. Selain ekonomis, pembuatan menu telur geprek juga sangat mudah, sehingga Bunda bisa membuatnya sendiri di rumah.

18. Sop Ayam

18. Sop Ayam

Hidangan arisan di rumah tentu tidak dapat terlewatkan tanpa kehadiran sop ayam yang hangat. Sop ayam menjadi opsi yang sangat tepat untuk memperkaya variasi menu, karena selain memberikan kehangatan, rasanya yang gurih dan bergizi membuatnya menjadi pilihan yang disukai banyak orang.

Bunda juga bisa berkreasi dengan menambahkan berbagai sayuran segar ke dalam sop ayam untuk memberikan nuansa lebih sehat dan menarik. Dengan begitu sop ayam tidak hanya memenuhi kebutuhan rasa, tetapi juga memberikan nuansa hangat dan kelezatan pada acara arisan di rumah.

Untuk membuat olahan ini, Bunda tidak perlu merogoh dompet terlalu dalam. Untuk menghidangkan sop ayam, Bunda bisa menyediakan satu kilogram ayam dan beberapa jenis sayuran

19. Jus Buah

19. Jus Buah

Ragam hidangan yang disajikan di atas akan terasa kurang lengkap tanpa adanya minuman segar, seperti jus buah-buahan. Jus menjadi pilihan yang sangat sesuai untuk dihidangkan dalam menu arisan di rumah, karena selain dapat mengatasi rasa haus, juga memberikan sensasi kesegaran.

Baca Juga: 20 Resep Buat Buka Puasa dan Sahur Praktis, Enak, Mudah

Bunda juga bisa membuat variasi jus dengan mengombinasikan beberapa jenis buah-buahan untuk menambah daya tarik dari segi rasa maupun penampilan, sehingga menciptakan rasa penasaran yang lebih tinggi.

Kesimpulan

Dengan berbagai rekomendasi menu arisan di bawah anggaran 200 ribu, Bunda Dapurawit.com dapat merencanakan acara arisan keluarga yang ekonomis namun tetap lezat dan mudah dibuat. Pilihan menu yang beragam memberikan fleksibilitas dan memastikan kebahagiaan serta kebersamaan dalam setiap acara arisan.

Dengan menu arisan 200 ribu, Bunda tidak hanya berhasil menciptakan hidangan lezat, tetapi juga mengukir momen berharga bersama teman-teman arisan. Mari jadikan arisan sebagai wadah kebersamaan yang penuh kebahagiaan, sekaligus menunjukkan bahwa kebersamaan tidak selalu harus mahal.

Bagikan:

Damara

Berbagi Resep Masakan Untuk Para Bunda dari Resep Kue, Resep Sayuran, Resep Ayam, dan Masih Banyak Lagi Resep Masakan Menarik yang Patut Dimasak Dirumah

Tinggalkan komentar