20 Menu Arisan RT Sore Hari Ini dan Sederhana

Damara

Menu Arisan RT Sore Hari
Menu Arisan RT Sore Hari, Source Image: Dapurawit.com

Menu Arisan RT Sore Hari – Apakah Bunda sedang mencari inspirasi menu arisan RT? jika demikian wajib buat menyimak artikel ini hingga selesai. Arisan RT merupakan salah satu kegiatan sosial dimana sering diadakan oleh setiap RT.

Tujuannya sendiri adalah agar bisa saling berkumpul, berbagi cerita dan tentu saja menikmati sajian makanan yang disediakan. Secara tidak langsung kegiatan tersebut juga bisa menjaga silaturahmi antara rukun tetangga agar tidak terputus.

Pada momen ini biasanya disediakan berbagai macam makanan mulai dari rasa manis, gurih ataupun pedas. Dengan menyajikan makanan itulah, akan membuat suasana arisan semakin hangat dan akrab satu sama lain.

Apabila di rumah Bunda akan digelar arisan RT, maka sebaiknya dapat menyajikan menu terbaik terutama ketika acara digelar saat sore hari. Silahkan simak ide menu arisan di bawah ini yang bisa digunakan sebagai bahan referensi.

Rekomendasi Menu Arisan RT Sore Hari

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa arisan RT menjadi salah satu kegiatan sosial yang memberikan banyak manfaat. Jika ini adalah jadwal Bunda untuk mengadakan arisan setelah berhasil menang arisan, maka harus mempersiapkan banyak hal.

Beberapa hal yang harus disiapkan seperti membersihkan rumah hingga mulai memikirkan sajian makanan apa. Keberadaan dari sajian makanan ini juga penting karena dapat berguna untuk menjamu para tamu sekaligus bentuk dari penghormatan.

Bandingkan dengan menu: 12 Menu Arisan Murah Meriah Lezat dan Banyak Disukai

Ada banyak pilihan menu yang bisa Bunda sajikan saat arisan, tetapi mungkin bingung dalam memilihnya. Karena itulah, berikut rekomendasi dari menu arisan yang cocok untuk sore hari serta sederhana.

1. Soto

Resep Soto untuk arisan

Ide menu arisan sore hari yang bisa Bunda coba adalah soto dimana menjadi salah satu makanan populer di Indonesia. Dengan menyajikan soto ini dijamin para tamu undangan tidak ada yang menolaknya.

Menariknya lagi, soto menjadi salah satu hidangan yang bisa dimasak dalam jumlah besar secara mudah. Tinggal memilih sendiri, apakah akan menyajikan soto ayam atau soto daging dengan bumbu sesuai selera terlebih dahulu.

2. Sop Buntut

Sop Buntut ala dapurawit

Ini juga termasuk menu sederhana yang bisa Bunda coba untuk disajikan saat Arisan, terutama karena rasanya gurih sekaligus lezat. Sama seperti dengan soto, sop buntut ini juga bisa dibuat dengan mudah walaupun jumlah besar.

Sop buntut dengan kaldu bening rasa ringan, segar dan gurih tentu sangat cocok untuk semua kalangan. Terlebih lagi kalau acara digelar saat sore hari, maka akan membantu untuk menghangatkan tubuh.

3. Bakso

resep Bakso untuk arisan

Siapa yang tidak kenal dengan bakso? Pasti semua orang tahu bahwa bakso merupakan makanan favorit bagi semua kalangan, mulai dari anak hingga orang dewasa. Tidak heran kalau bakso juga wajib Bunda masukkan ke dalam daftar menu arisan RT.

Bunda dapat menyajikan berbagai jenis bakso sesuai dengan selera baik bakso daging sapi, bakso ayam ataupun bakso ikan. Jangan lupa proses penyajiannya dapat diberi pelengkap seperti mie, sawi, bihun dan lainnya.

4. Nasi Daun Jeruk

resep Nasi Daun Jeruk

Apabila Bunda bosan dengan sajian nasi biasa dan ingin menghadirkan sesuatu berbeda, maka cobalah menyajikan nasi daun jeruk ketika arisan. Sesuai dengan namanya, olahan nasi ini sendiri akan dimasak dengan daun jeruk agar memberikan aroma dan rasa yang khas.

Silahkan gunakan daun jeruk purut untuk memasak nasi daun jeruk ini agar aromanya semerbak. Cara memasaknya sangat mudah yakni Bunda hanya perlu menambahkan daun jeruk ke dalam beras, kemudian bisa dimasak seperti biasanya.

5. Sambal Goreng Ati Ampela

resep Sambal Goreng Ati Ampela

Sambal goreng ati ampela biasanya menjadi menu andalan ketika momen spesial seperti lebaran ataupun kumpul bersama keluarga. Karena itulah, menu ini juga dapat menjadi ide menarik buat disajikan ketika arisan RT di rumah bunda.

Untuk membuat sambal goreng Ati Ampela sendiri sangat simpel dan mudah dibuat serta banyak disukai oleh berbagai kalangan. Akan semakin lezat dan menggugah selera apabila ditambah dengan potongan tahu, kentang ataupun petai.

6. Mie Goreng

resep Mie Goreng

Hampir sama dengan bakso, mie juga menjadi salah satu makanan yang banyak digemari oleh berbagai kalangan. Di sinilah bunda bisa mencoba untuk menyajikan mie goreng kepada para tamu yang hadir karena proses pembuatannya juga cukup sederhana.

Agar rasanya bervariasi, bunda bisa menambahkan bahan lainnya seperti sayuran ataupun sumber protein. Selain mie telur, Bunda juga bisa mencoba variasi mie lainnya seperti bihun.

7. Rawon Daging

resep Rawon Daging

Hampir semua orang suka dengan makanan berkuah terutama kalau dimasak menggunakan bumbu gurih. Salah satu inspirasi menu berkuah lainnya yang bisa Bunda coba adalah rawon daging dengan cita rasa cukup otentik.

Rawon juga termasuk ke dalam salah satu makanan favorit bagi banyak orang karena kuah kaldunya cukup khas berwarna hitam dari buah keluwek. Tenang saja! Sekarang sudah ada banyak bumbu instan yang bisa Bunda gunakan untuk membuat sajian rawon ini.

8. Perkedel Jagung

resep Perkedel Jagung

Perkedel jagung sendiri merupakan gorengan favorit bagi banyak orang selain mendoan atau bakwan. Perkedel ini terbuat dari tepung terigu, jagung serta kocokan telur ayam sebagai bahan perekatnya karena itulah proses pembuatannya sangat mudah.

Bahkan untuk membuatnya Bunda tidak membutuhkan waktu banyak sehingga bisa menghemat waktu. Tetapi sebaiknya sajikan perkedel ini ketika kondisinya masih hangat sebab menu ini sangat enak ketika masih hangat.

9. Kue Bolu atau Kue Lapis

resep Kue Bolu atau Kue Lapis

Masih ada menu hidangan arisan RT yang sederhana dan cocok disajikan saat sore hari yakni Kue Bolu atau Kue Lapis ini. Selain sederhana, makanan inipun juga tergolong murah meriah sehingga akan menghemat pengeluaran bunda.

Jangan khawatir karena kue tersebut dijamin digemari oleh semua kalangan termasuk juga para tamu arisan. Bunda dapat berkreasi dengan kue bolu baik dari segi rasa, hiasan atau topping.

10. Kue Basah

resep Kue Basah

Selain ada kue bolu atau kue lapis, rekomendasi dari menu berikutnya adalah kue Basah yang sudah bisa bunda temukan dengan mudah. Kue basah ini juga sering dijadikan sebagai andalan untuk menjamu tamu di acara penting termasuk arisan RT.

Apabila Bunda tidak sempat di dalam membuatnya sendiri, maka bisa membelinya di pasar ataupun toko kue sekitar tempat tinggal. Untuk kue basah sendiri terdiri dari beragam jenis mulai dari kue basah tradisional hingga modern.

11. Pisang Cokelat

menu arisan Pisang Cokelat

Mencari ide menu arisan untuk sore hari yang sederhana dan murah meriah? Pisang cokelat ini menjadi referensi berikutnya. Pisang cokelat sendiri dapat digunakan sebagai makanan penutup ketika para tamu sudah menikmati makan besar.

Pisang goreng ataupun pisang bakar dengan taburan cokelat, irisan keju ataupun susu di atasnya dijamin tidak ada yang bisa menolak. Bahkan jenis makanan sederhana tersebut tidak pernah gagal di dalam membuat siapapun tergoda dengan kelezatannya.

12. Batagor

Batagor

Batagor sendiri merupakan makanan asal sunda dimana sudah terkenal sejak lama dan tersebar di semua daerah di Indonesia. Batagor juga termasuk ke dalam salah satu makanan favorit bagi masyarakat Indonesia.

Batagor terbuat dari bakso ikan tenggiri yang diisi ke dalam tahu ataupun kulit pangsit, kemudian akan diguyur dengan saus kacang pedas manis. Rasanya yang nikmat dan akrab di lidah, dijamin akan membuat para tamu merasa betah nantinya.

13. Risol Mayo

menu arisan Risol Mayo

Beberapa waktu lalu, risol mayo menjadi salah satu makanan yang viral karena keunikannya serta rasanya cukup lezat. Makanan ringan dengan isian mayones serta isian lainnya ini sangat mudah untuk dibuat di rumah jika tidak ingin membelinya.

Adapun beberapa bahan yang perlu disiapkan buat menyajikan menu tersebut seperti sosis, smoke beef, jagung manis ataupun sesuai selera. Kemudian akan ditambahkan dengan mayones dimana menjadi ciri khas dari makanan ini.

Apabila Bunda ingin membuat rasanya lebih gurih maka dapat menambahkan keju sebagai isiannya. Tetapi jika Bunda malas untuk membuatnya, silahkan lakukan pemesanan di penjual risol mayo.

14. Lumpia Sayur dan Rebung

menu arisan Lumpia Sayur dan Rebung

Sajian menu ini hampir mirip dengan risoles dan sangat cocok apabila dijadikan sebagai ide camilan untuk acara arisan RT. Sesuai dengan namanya, lumpia ini berisi sayur dan rebung sehingga akan menghadirkan perpaduan yang cukup lezat.

Lumpia ini mempunyai tekstur yang crunchy karena kulitnya tipis serta tidak dibalut menggunakan telur ataupun tepung roti. Rasanya yang gurih dijamin tidak akan ada yang bisa menolaknya dan jangan lupa sajikan bersama saus tauco ataupun cabai rawit agar semakin nikmat.

15. Tahu Bakso

menu arisan Tahu Bakso

Masih terdapat ide menu arisan yang bisa dicoba yakni Tahu bakso dimana juga menjadi kesukaan bagi sejuta umat. Ini merupakan camilan sederhana yang banyak disukai karena rasanya gurih serta tekstur kenyal dari baksonya karena terbuat dari campuran tepung tapioka dan daging.

Bunda dapat menyajikan tahu bakso dalam keadaan basah ataupun gorengan sesuai selera. Jangan lupa juga sediakan cabai rawit ataupun saus untuk melengkapi tahu bakso agar semakin lezat.

16. Martabak Telur

menu arisan Martabak Telur

Martabak telur cocok menjadi menu snack arisan yang juga wajib Bunda coba terutama karena proses pembuatannya juga cukup mudah. Dimana Bunda hanya perlu menggunakan kulit lumpia campur telur, kemudian dapat diberi isian berupa daun bawang dan kubis.

Apabila ingin isian lainnya Bunda bisa menambahkan daging sapi ataupun ayam cincang. Martabak telur sendiri sangat cocok apabila disajikan bersama acar mentimun ataupun cabai rawit ketika masih dalam keadaan hangat.

17. Brownies

menu arisan Brownies

Menu berikutnya yang bisa Bunda coba adalah brownies ini dimana dapat menjadi kue arisan kekinian. Sajian kue ini sendiri mempunyai rasa manis sehingga banyak disukai oleh berbagai kalangan terutama rasa cokelat.

Untuk memasaknya sendiri dapat dilakukan dengan cara mengukus ataupun memanggangnya. Agar semakin menarik dan menggugah selera maka, maka berikan topping cokelat ataupun keju sesuai selera.

Menu ini dapat Bunda buat sendiri di rumah ataupun membelinya di toko kue agar lebih praktis dan hemat waktu. Brownies sangat cocok menjadi referensi menu apabila Bunda bingung akan menyajikan menu seperti apa.

18. Jus Buah

menu arisan Jus Buah

Tidak lengkap apabila aneka menu masakan di atas tidak dihidangkan dengan adanya minuman segar sebagai pelengkap. Salah satu rekomendasi dari minuman pelengkap adalah aneka ragam jus buah.

Jus buah sendiri dapat menjadi pilihan minuman paling tepat karena tidak hanya dapat menghilangkan dahaga saja, tetapi juga bisa menyegarkan. Terdapat berbagai pilihan jus buah yang bisa bunda coba mulai dari jambu, mangga ataupun alpukat.

19. Es Kopyor

menu arisan Es Kopyor

Selain terdapat jus buah, rekomendasi jenis minuman berikutnya yang wajib bunda sajikan adalah es kopyor ini. Es kopyor sendiri merupakan es kelapa dimana daging buahnya lunak sehingga menghadirkan tekstur cukup unik.

Apabila Bunda kesulitan dalam menemukan kelapa berdaging lunak, maka bisa menggantinya dengan daging kelapa sintetis dimana terbuat dari jeli atau agar-agar. Terdapat juga bahan tambahan lain seperti nata de coco, sirup coco pandan, santan kental, garam serta daun pandan. Sajikan es kopyor ini ke dalam gelas saji kemudian tambahkan bahan tambahan, maka dijamin rasanya sangat segar dan lezat.

20. Es Buah

menu arisan Es Buah

Masih terdapat rekomendasi menu minuman yang bisa bunda coba yakni Es buah dimana mudah dibuat tetapi berhasil memberikan kesegaran tersendiri. Yang bunda perlu lakukan hanyalah menyiapkan berbagai jenis buah seperti apel, melon, stroberi ataupun lainnya.

Kemudian potong semua buah dengan ukuran yang tepat atau mudah disantap oleh berbagai kalangan. Tambahkan sirup, susu cair, es batu serta air secukupnya ke dalam mangkuk atau wadah yang besar, dijamin para tamu akan merasa suka nantinya.

Tips Mengadakan Arisan RT Agar Berhasil

Menjadi salah satu kegiatan rutin yang diadakan oleh setiap RT, membuat acara arisan ini harus disiapkan dengan matang. Bunda pastinya tidak ingin membuat para tamu merasa kecewa karena acara tidak berjalan dengan optimal bukan?

Oleh karena itulah terdapat sejumlah tips yang harus dipahami oleh Bunda apabila ingin menggelar acara arisan tersebut. Simak penjelasan di bawah ini mengenai tips mengadakan arisan RT agar sukses dan berhasil.

1. Lakukan Bersih-bersih Rumah

Ketika arisan RT akan digelar di rumah Bunda, maka pasti semua anggota akan bersilaturahmi ke rumah. Oleh sebab itulah, wajib hukumnya agar bebenah rumah terlebih dahulu mulai dari membersihkan debu dari furnitur, menyapu ataupun mengepel lantai.

Jika perlu lakukan penataan ulang ruang tamu dengan cara meletakkan sofa ataupun kursi di posisi tepat seperti di sudut tembok. Dengan begitu akan membuat ruang tamu terlihat lebih luas agar muat banyak orang dan jangan lupa gunakan karpet untuk duduk para tamu.

2. Siapkan Makanan atau Minuman Terbaik

Setelah bebenah rumah, Bunda harus mulai menyiapkan makanan atau minuman yang akan disajikan untuk tamu. Bunda bisa langsung menggunakan rekomendasi ide menu di atas sebagai bahan referensi.

Menu arisan lain: 18 Menu Arisan Malam Hari Ini Paling Enak dan Mudah

Mulai dari menu makanan berat hingga menu makanan ringan dapat Bunda pikirkan mulai dari sekarang. Terlebih lagi keberadaan dari makanan ataupun minuman juga dapat menjadi sarana buat menjamu dan menghormati para tamu.

3. Speaker dan Sound

Sebelum kegiatan arisan dimulai, biasanya akan diawali dengan pembacaan doa ataupun sambutan lainnya. Supaya para tamu yang hadir bisa mendengar sambutan ataupun pembacaan doa, maka sebaiknya harus menyiapkan speaker dan sound.

Biasanya setiap RT mempunyai fasilitas berupa speaker dan sound ini sehingga bisa Bunda pinjam. Tetapi kalau tidak ada, silahkan pinjam kepada keluarga atau tetangga yang memilikinya.

Penutup

Arisan RT menjadi salah satu kegiatan yang rutin dilakukan oleh setiap rukun tetangga karena bisa membantu menjaga silahturahmi. Untuk menggelar acara ini, maka Bunda harus memikirkan menu yang akan disajikan.

Mulai dari menu berat hingga ringan harus diperhatikan mulai dari sekarang agar kegiatan lebih optimal. Daftar menu Arisan RT di atas dapat menjadi referensi bagi Bunda yang bingung akan menyajikan apa.

Bagikan:

Damara

Berbagi Resep Masakan Untuk Para Bunda dari Resep Kue, Resep Sayuran, Resep Ayam, dan Masih Banyak Lagi Resep Masakan Menarik yang Patut Dimasak Dirumah

Tinggalkan komentar