Harga Ragi Tempe Di Indomaret Hari Ini 2024

Yovita Nessa

Harga Ragi Tempe Di Indomaret Hari Ini
Harga Ragi Tempe Di Indomaret Hari Ini, Source Image: Dapurawit.com

Apakah Bunda pernah mencari harga ragi tempe di Indomaret? Berbagai olahan tempa sudah banyak diakui oleh wisatawan mancanegara sebagai salah satu hidangan paling lezat dan juga paling sehat.

Hasil fermentasi kacang kedelai ini kaya akan serat dan protein dan juga sudah banyak digunakan di berbagai hidangan asing seperti steak dan burger. Bunda yang

Walaupun sama-sama berupa ragi, tempe membutuhkan jamur jenis Rhyzomus sp. Sedangkan ragi instan dan ragi kering yang banyak digunakan di pembuatan kue adalah jenis saccharomyces Cerevisiae yang juga banyak digunakan untuk fermentasi minuman beralkohol.

Dulu, pengetahuan untuk membuat tempe hanya terbatas pada pengusaha tempe sehingga Bunda bisa jadi kesulitan mendapatkan tempe yang sesuai keinginan. Tapi sekarang ini, sudah ada banyak minimarket yang juga menjual ragi tempe sehingga semua orang bisa mencoba membuat berbagai macam tempe di rumah.

Harga Ragi Tempe Di Indomaret

MerkBeratHarga
Ragi tempe Unggul250 grRp7.500
Ragi tempe Cap Jago Asli100 grRp15.000
Ragi tempe Raprima repack500 grRp24.500
Ragi tempe ITM50 grRp30.000
Ragi tempe Raprima25 kgRp700.000
Catatan: Harga ragi tempe di Indomaret diatas bisa berubah sewaktu-waktu. Mengingat harga tergantung dari ketersediaan stok dan juga promo yang berlaku di Indomaret.

Selain kualitas kedelai yang digunakan dalam pembuatan tempe, jenis kapang atau ragi yang digunakan juga mempengaruhi hasil fermentasi. Bunda bisa membeli salah satu ragi berikut di Indomaret terdekat untuk mulai membuat tempe sendiri.

1. Ragi Raprima

1. Ragi Raprima

Merek ragi ini bisa dibilang adalah merek yang paling banyak dikenal. Sehingga, jika Bunda bertanya tentang ragi untuk membuat tempe atau fermentasi lainnya, akan diarahkan ke ragi ini.

Banyak pengusaha tempe yang menggunakan ragi merek Raprima karena juga dijual dalam ukuran besar, 25kg. Akan tetapi, ada banyak juga yang dijual dalam ukuran 500 gr dengan harga yang lebih terjangkau.

Selain itu, ragi ini juga dianggap sesuai untuk pemula karena cepat menghasilkan serat putih yang ada pada tempe. Bunda bisa mendapatkan tempe yang diinginkan hanya dalam waktu 3-4 hari.

2. Ragi Cap Jago

2. Ragi Cap Jago

Satu lagi merek yang banyak ditemukan adalah ragi tempe merek Jago. Ciri khas ragi ini adalah warna kemasan kuning gelap dengan gambar ayam jago di bagian depan.

Ragi produksi Kediri, Jawa Timur ini dijual dalam kemasan berukuran 200gr dengan harga Rp. 7,000. Keunggulan ragi ini adalah dapat menjaga kualitas tempe dari spora hitam dan juga bisa digunakan untuk produksi dalam jumlah besar.

3. Ragi Cap Ikarie

3. Ragi Cap Ikarie

Merek ini berhasil menunjukkan bahwa ragi organik juga bisa bersaing dengan ragi tempe lainnya. Selain itu, ragi ini juga berani memberikan klaim bisa digunakan dalam pembuatan roti dan kue.

Untuk tiap 100gr ragi tempe organik ini diberi harga Rp. 20,000. Dan dalam penggunaan juga cukup mudah, karena Bunda hanya memerlukan 2.5gr ragi tempe Ikarie untuk setiap kilogram kacang kedelai.

4. Ragi Tempe Cap Unggul

4. Ragi Tempe Cap Unggul

Bunda tidak akan kesulitan menemukan ragi tempe merek Unggul. Harga yang cukup terjangkau membuat ragi tempe ini banyak dijual di pasaran.

Untuk kemasan dengan berat 200gr, ragi tempe ini hanya di bandrol Rp. 7.500. Walaupun harga yang sangat terjangkau, kualitas tempe yang dihasilkan tidak kalah dengan menggunakan ragi tempe lainnya.

Banyak yang sudah menggunakan ragi ini menyebutkan bahwa tempe yang dihasilkan memiliki banyak serat. Ragi ini bisa jadi pilihan bagi Bunda yang menyukai tempe dengan lebih banyak jamur.

5. Ragi ITM

5. Ragi ITM

Dibandingkan ragi lain di daftar ini, ragi tempe merek ITM bisa dibilang cukup mahal. Diproduksi oleh Indonesia Tempe Movement yang berusaha memperkenalkan tempe lebih luas, ragi tempe ini dikemas dalam botol berukuran 50gr dan di bandrol seharga Rp. 30.000.

ITM juga menyediakan beberapa ukuran lain seperti 180gr dan juga 500gr dengan harga masing-masing Rp. 180,000 dan Rp. 400.000. Harga yang cukup mahal ini dikarenakan pembuatan ragi yang dijamin organik dan pengemasan yang higienis.

Baca juga harga lainnya dibawah ini:

Harga Tepung Hunkwe Di Indomaret Hari Ini 2024Harga Kopi SLB di Indomaret Hari Ini 2024
Harga Beras Basmati Di Indomaret Hari Ini 2024Harga Sirup Marjan Di Indomaret Hari Ini 2024

Selain itu, ITM juga menyediakan paket pembuatan tempe untuk pemula. Dan juga larutan untuk membantu melepaskan kulit kedelai sehingga proses tempe bisa lebih mudah.

Apa Bisa Membuat Tempe Sendiri?

Jika menyukai berbagai olahan tempe, Bunda bisa membuat sendiri di rumah menggunakan daun bekas pembungkus tempe yang dibeli. Ini karena masih ada sisa-sisa ragi tempe yang menempel di daun.

Akan tetapi, saat ini sudah banyak tempe yang menggunakan pembungkus plastik. Sehingga tidak mungkin menggunakan ulang plastik tersebut untuk mendapatkan ragi tempe yang tersisa.

Untuk itu, Bunda bisa menggunakan salah satu ragi ini dalam proses pembuatan tempe. Tapi, tiap merek memiliki aturan penggunaan yang berbeda-beda.

Misalnya, jika Bunda menggunakan ragi merek Raprima, maka Bunda hanya perlu 2gr ragi untuk 1kg kacang kedelai. Tapi jika menggunakan merek Jago, maka Bunda memerlukan 5gr ragi tiap kilogram kedelai.

Proses pembuatan tempe membutuhkan kacang kedelai yang sudah dibersihkan dan direbus hingga matang. Setelah bersih dari kulit ari, barulah ditambahkan ragi secara merata sebelum dibungkus dengan plastik bersih atau daun jati.

Tidak lupa kemasan ditusuk-tusuk untuk memberi udara masuk. Tempe setengah jadi bisa disimpan di tempat kering sambil terus dibalik hingga muncul serat-serat putih dari jamur.

Tentu saja, dibutuhkan waktu yang tidak sedikit dan kesabaran yang banyak untuk menunggu tempe berhasil dibuat. Tapi Bunda bisa membanggakan diri di media sosial karena berhasil membuat tempe sendiri di rumah.

Harga kebutuhan pokok lainnya yang ada dipasar, bisa dilihat dibawah ini:

Harga Keju Mozarella Kiloan di Pasar Terbaru Hari Ini 2024Harga Udang 1kg Di Pasar Terbaru Hari Ini 2024
Harga Kulit Lumpia Di Pasar Terbaru 2024Harga Cumi Basah 1 Kg di Pasar Terbaru 2024
Harga Kacang Tanah 1 Kg di Pasar Terbaru 2024Daftar Harga Sayur di Pasar Induk Pare Kediri 2024

Kesimpulan

Setelah tahu berbagai jenis ragi tempe dan juga cara membuat makanan ini, Bunda bisa mencoba sendiri di rumah. Dan karena sekarang sudah tahu harga ragi tempe di Indomaret, Bunda hanya perlu membeli kacang kedelai yang tepat untuk mulai membuat tempe yang enak dan disukai semua anggota keluarga.

Bagikan:

Yovita Nessa

Penulis dan freelance di beberapa website termasuk di website dapurawit.com. Yang sudah memiliki pengalaman menulis seputar resep selama 2 tahun.

Tinggalkan komentar