Harga Cumi Basah 1 Kg di Pasar Terbaru 2024

Dian Larasati

Harga Cumi Basah 1 Kg di Pasar Terbaru
Harga Cumi Basah 1 Kg di Pasar Terbaru, Source Image: Dapurawit.com

Harga Cumi Basah 1 Kg di Pasar – Sebelum memutuskan untuk membeli cumi-cumi, ada baiknya jika Bunda mencari tahu terlebih dahulu tentang harga cumi basah 1 kg di pasar. Dengan begitu, maka Bunda bisa menjadi lebih siap ketika ingin pergi ke pasar dan membawa uang yang cukup.

Cumi-cumi yang dijual di pasar atau pun toko online memang semakin populer, namun harganya terkadang cukup berbeda-beda. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang harga cumi basah yang dijual pada saat ini, mari perhatikan penjelasan berikut!

Harga Cumi Basah 1 Kg di Pasar Segar

Cumi basah yang dijual di Pasar Segar dijual dengan harga Rp. 34.650 per kilogram. Akan tetapi, ada beberapa cumi basah di pasaran dengan harga berbeda yang bisa Bunda ketahui seperti berikut ini:

Harga Cumi Sero

Harga Cumi Sero Terbaru

Jenis cumi pertama yang sering dijual di pasar tradisional ataupun supermarket adalah cumi sero. Apabila dibandingkan dengan jenis cumi yang lainnya, maka cumi sero ini cenderung lebih unik dan khas karena ukurannya yang cukup mungil.

Bahkan, panjang dari tubuh cumi sero ini hanya mencapai ukuran sekitar 10 hingga 15 cm saja. Tidak hanya itu, namun bentuk cumi-cumi ini cenderung pipih disertai dengan bintik berwarna merah di sekitar dagingnya yang berwarna putih.

Cumi sero pun termasuk populer karena teksturnya yang mungil dan kenyal ketika dikonsumsi. Harga cumi sero di pasaran yaitu dibanderol dengan harga Rp. 74.000 per kilogram, yang mana harga tersebut termasuk cukup terjangkau.

Harga Cumi Medium

Harga Cumi Medium

Sesuai namanya, jenis cumi yang selanjutnya ini memang memiliki ukuran medium yang seimbang. Hal tersebut berarti bahwa jenis cumi yang satu ini tidak terlalu besar namun juga tidak kecil layaknya cumi yang masih bayi.

Cumi berukuran medium ini memiliki panjang mencapai kurang lebih 15 cm, oleh karena itulah cumi ini tidak terlalu sulit untuk dikemas. Harga dari cumi berukuran medium juga semahal jenis cumi yang lain, yaitu sekitar Rp. 85.000 per kilogramnya.

Harga Cumi Sotong

Harga Cumi Sotong

Salah satu cumi lain yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia yaitu cumi sotong. Biasanya, cumi sotong ini akan diolah hingga memiliki tekstur kering yang asin dan gurih, namun ada pula beberapa masyarakat yang mengolahnya dengan teknik lainnya.

Tulang dari cumi sotong yaitu transparan, disertai dengan bentuk yang pendek serta lebih pipih dibandingkan dengan jenis cumi yang lain. Meskipun demikian, sotong memiliki daging yang sedikit tebal, untuk itu waktu memasaknya terkadang lebih lama daripada ketika memasak cumi biasa.

Tidak hanya itu saja, namun cumi sotong juga mempunyai aroma yang jauh lebih amis, sehingga perlu proses pencucian dan pengolahan yang tepat agar bau tersebut menghilang. Harga cumi sotong yang masih segar yaitu Rp. 75.000 per kilogram, namun versi sotong kering lebih tinggi daripada harga tersebut.

Harga Cumi Jenis Bangka

Harga Cumi Jenis Bangka

Apabila sebelumnya ada jenis sero, maka ada jenis lain bernama bangka yang ukurannya lebih besar. Cumi jenis sero mempunyai bintik merah yang sedikit, namun bagian tubuh cumi bangka justru dipenuhi dengan bintik-bintik merah yang menutupi seluruh tubuhnya.

Untuk itu, maka tentunya tidak mengherankan apabila jenis cumi yang satu ini begitu khas dengan dagingnya yang berwarna kemerahan. Daging tampak tebal, disertai dengan sirip yang lebar sehingga membuat cumi bangka menjadi begitu sempurna untuk diolah dengan cara dibakar atau pun ditumis.

Resep olahan cumi:

Resep Cumi Asin Cabe IjoResep Cumi Saus Padang

Harga cumi jenis bangka ini tergolong cukup tinggi, menyesuaikan kualitas yang disajikannya. Per kilogramnya, cumi jenis bangka akan dihargai dengan biaya sebesar Rp. 122.000, namun harga ini terkadang akan mengalami perubahan tertentu.

Harga Cumi Telur

Jenis terakhir yang dapat Bunda temukan di pasaran dengan mudah adalah cumi telur. Cumi yang satu ini memiliki nama lain yaitu cumi gembung, yang mana ketika diolah dengan teknik tertentu, cumi telur akan menjadi begitu nikmat dan mengenyangkan.

Secara sekilas, cumi gembung mempunyai tampilan dan bentuk yang mirip dengan jenis sero, meskipun hal yang membuat keduanya berbeda yaitu perut cumi telur bisa menggembung. Secara umum, cumi jenis ini sering kali disajikan di restoran yang menjual olahan laut atau seafood.

Tidak hanya itu saja, cumi telur pun sering diolah dengan cara mengocok telur yang ada di dalam bagian perut cumi-cumi. Satu kilogram cumi telur yang dijualbelikan di pasaran akan dihargai sebesar Rp. 55.000.

Kesimpulan

Itulah informasi terkait harga cumi basah 1 kg di pasar yang terbaru dan bisa Bunda gunakan sebagai sumber informasi. Meskipun harga yang ada di atas sesuai dengan harga pasar, akan tetapi perlu diingat kembali bahwa harga-harga tersebut tidak menutup kemungkinan akan mengalami perubahan tergantung dengan kondisi yang ada di pasar.

Bagikan:

Dian Larasati

Penulis dan kontributor di website dapurawit.com, lulusan S1 jurusan Bisnis di salah satu Universitas ternama di Indonesia. Sudah berpengalaman menulis artikel seputar dunia usaha dan bisnis kuliner.

Tinggalkan komentar