Harga Kacang Tanah 1 Kg di Pasar Terbaru 2024

Cindy Pramistasari

Harga Kacang Tanah 1 Kg di Pasar Terbaru
Harga Kacang Tanah 1 Kg di Pasar Terbaru, Source Image: Dapurawit.com

Harga Kacang Tanah 1 Kg di Pasar – Banyak yang merasa penasaran dengan harga kacang tanah 1 kg di pasar yang terkini. Hal tersebut karena masyarakat Indonesia memang merupakan masyarakat yang cukup menggemari olahan kacang tanah.

Dengan jumlah permintaan yang cukup menjanjikan, maka perkembangan kacang tanah pun semakin pesat. Apabila Bunda ingin mengetahui lebih lanjut tentang harga kacang tanah ini, mari perhatikan informasi berikut!

Harga Kacang Tanah 1 Kg di Pasar

Minat masyarakat terhadap kacang tanah yang masih tinggi membuat banyak penjual yang berusaha untuk menarik konsumen dengan menjualnya dalam beberapa varian.

Berikut adalah beberapa varian kacang tanah yang sering ditemukan di pasaran beserta harganya yang bisa Bunda ketahui:

Harga Kacang Tanah Biasa

Kacang Tanah Biasa

Di Pasar Sayur Semarang, harga kacang tanah yang dijual menyesuaikan dengan harga yang tersedia di pasaran. Oleh karena itu, terkadang tidak ada perbedaan yang cukup berarti dengan harga di pasar ini dengan pasar yang lain sehingga Bunda tidak perlu merasa khawatir.

Harga kacang tanah yang dijual di pasaran memiliki rata-rata sebesar Rp. 30.800 per kilogram. Akan tetapi, harga ini sempat mengalami perubahan yang cukup signifikan, bahkan pernah mengalami kenaikan yang cukup mencolok.

Informasi harga sayuran dan bahan-bahan pokok di pasar Induk:

Pasar Induk CibitungPasar Induk Kramat Jati

Harga terendah untuk kacang tanah yaitu mencapai Rp. 28.000, sementara itu harga tertinggi di pasaran yakni mencapai Rp. 36.000. Akan tetapi, kini harga kacang tanah tersebut semakin stabil meskipun masih tetap ada kemungkinan terjadi perubahan dalam harga pasaran.

Harga Kacang Tanah Bawang

Harga Kacang Tanah Bawang

Tidak hanya kacang tanah biasa saja, namun beberapa penjual juga berusaha untuk menggaet pembeli dengan mengolahnya seperti kacang tanah bawang. Kacang ini diolah dengan cara di-oven, lalu diberikan cita rasa bawang sehingga rasanya cukup asin.

Masyarakat Indonesia cukup menggemari olahan kacang tanah ini, sehingga olahan ini tetap populer. Kacang bawang ini dapat dibanderol dengan harga sebesar Rp. 25.000 per kilogram yang begitu terjangkau.

Harga Kacang Tanah India

Harga Kacang Tanah India

Selain menjual kacang tanah versi lokal, Pasar Sayur Semarang juga turut serta menyediakan komoditas kacang tanah yang berasal dari India. Kondisi kacang tanah tersebut pun begitu berkualitas tinggi dan siap untuk diolah menjadi kuliner lain yang lebih lezat.

Pasar ini menjual kacang tanah India yang masih segar dan baru, sehingga akan dikirim ke lokasi Bunda dalam kondisi yang masih sempurna. Harga kacang tanah India per 500 gram yang ada di pasar ini yaitu sebesar Rp. 18.000, sehingga jika Bunda ingin membeli kacang tanah sebanyak 1 kilogram maka harus membayar Rp. 26.000.

Kumpulan resep dari kacang:

Resep Tumis Kacang PanjangResep Cilok Bumbu Kacang untuk Jualan
Resep Kue Kacang Lembut dan RenyahResep Lento Kacang Ijo
Resep Bumbu Kacang BatagorResep Kacang Ovaltine 2 Kg

Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan

Kacang tanah tidak hanya lezat dan gurih ketika diolah, namun komoditas ini juga membawa banyak sekali manfaat terhadap kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat kacang tanah yang dapat diketahui sebagai ilmu baru bagi Bunda:

1. Mencegah Batu Empedu

Salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang adalah masalah batu empedu. Apabila terkena penyakit ini, maka kemungkinan empedu tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya seperti yang sebelumnya.

Akan tetapi, dengan mengonsumsi kacang tanah maka ancaman batu empedu menjadi lebih berkurang. Oleh karena itu, beberapa ahli kesehatan pun menyarankan untuk mengonsumsi kacang tanah ini selama beberapa kali seminggu.

2. Mencegah Kanker

Banyak pihak yang belum mengetahui bahwa kacang tanah sangat bermanfaat sebagai salah satu sayuran pencegah kanker. Hal tersebut karena kacang tanah ini memiliki kandungan polifenol antioksidan yang bisa membantu mencegah sel kanker bertumbuh.

Tidak hanya itu, namun antioksidan tersebut juga bisa membuat tubuh manusia terlindungi atas ancaman yang terjadi karena paparan radikal bebas. Sehingga, kemungkinan besar Bunda terkena kanker pun dapat menjadi lebih minimal.

3. Mengurangi Risiko Diabetes

Bisa dikatakan, diabetes merupakan jenis penyakit yang begitu sering dialami oleh penduduk Indonesia. Diabetes dapat membuat penderitanya memiliki kadar gula darah tidak normal, sehingga berbahaya bagi kesehatannya.

Kacang tanah sendiri adalah kacang-kacangan dengan tingkat indeks glikemik rendah, sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Dengan adanya indeks tersebut, maka kadar gula yang ada di dalam darah tidak mudah naik.

4. Mengoptimalkan Fungsi Otak

Manfaat yang selanjutnya yaitu kacang tanah bisa membuat fungsi otak menjadi jauh lebih optimal lagi. Ketika diolah menjadi minyak, kacang tanah mempunyai asam lemak tak jenuh, sehingga membuat daya ingat serta kognisi otak menjadi terjaga dengan baik.

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai harga kacang tanah 1 kg di pasar terbaru beserta informasi tambahan mengenai manfaat kacang tanah yang dapat Bunda pahami. Ketika ingin membeli kacang tanah, maka pastikan bahwa Bunda sudah mengetahui seberapa harga per kilogramnya sehingga bisa memastikan kisaran harga totalnya secara mandiri.

Bagikan:

Cindy Pramistasari

Seorang wanita yang selalu ingin mandiri dan tidak ingin merepotkan orang lain.

Tinggalkan komentar