Harga Cetakan Takoyaki di Pasar Terbaru 2024

Cindy Pramistasari

Harga Cetakan Takoyaki di Pasar Terbaru
Harga Cetakan Takoyaki di Pasar Terbaru, Source Image: Dapurawit.com

Bagi para pecinta takoyaki, membuat sendiri camilan ini di rumah bisa menjadi pilihan yang menyenangkan, namun sebelum itu Bunda perlu mengetahui harga cetakan takoyaki di pasar terbaru saat ini. Siapa yang tidak kenal dengan takoyaki? Bola-bola adonan tepung berisi potongan gurita ini telah menjadi jajanan favorit banyak orang, baik di Jepang maupun di Indonesia.

Teksturnya yang renyah di luar dan lembut di dalam, berpadu dengan rasa gurih gurita bercampur aneka toping serta saus takoyaki yang khas, menjadikan camilan ini sempurna untuk dinikmati kapanpun. Selain lebih hemat, dengan membuatnya sendiri, Bunda juga dapat berkreasi dengan berbagai isian dan saus sesuai selera, untuk informasi selengkapnya, yuk simak artikel berikut!

Harga Cetakan Takoyaki di Pasar Terbaru

Dalam dunia kuliner, takoyaki telah menjadi sajian yang disukai banyak orang. Rasanya yang lezat dan keunikan bola-bola bulatnya menjadikannya camilan favorit di berbagai acara dan pasar. Bagi para pengusaha kuliner atau pecinta takoyaki yang ingin memulai usaha, mengetahui harga cetakan takoyaki merupakan langkah penting. Berikut referensi harganya:

Tipe CetakanHarga
Cetakan Takoyaki Tipe Loyang Tanpa Tutup Kaca (Lubang 12, 19, dan 24)Mulai Rp17.500 – Rp174.000
Cetakan Takoyaki Loyang Bulat dengan Tutup Kaca Lubang 12, 15, dan 15)Mulai Rp209.000 – Rp324.000
Takoyaki Maker Electric – OxoneMulai dari Rp390.000
Pellet Grill Takoyaki Maker (28 Lubang)Mulai dari Rp900.000
Mesin Gas Cetakan Pembuat Takoyaki (56 Lubang)Mulai dari Rp1.648.000
Takoyaki Maker dengan Tenaga ListrikMulai dari Rp306.900

Jenis-Jenis Cetakan Takoyaki

1. Loyang Cetakan Takoyaki

1. Loyang Cetakan Takoyaki

Loyang cetakan takoyaki merupakan pilihan ekonomis untuk membuat takoyaki di rumah. Terbuat dari bahan aluminium, besi, atau teflon, loyang ini cocok digunakan di atas kompor gas.

Bunda dapat memilih loyang dengan jumlah lubang yang sesuai kebutuhan, mulai dari 6 hingga 24 lubang. Harganya pun relatif murah dibandingkan jenis cetakan lainnya.

Namun, perlu diingat bahwa loyang cetakan takoyaki membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memanaskan. Takoyaki juga mudah gosong jika tidak dijaga dengan baik.

Untuk hasil yang lebih optimal, gunakan api kecil dan panaskan loyang secara merata. Oleskan sedikit minyak pada setiap lubang sebelum menuangkan adonan takoyaki. Pastikan untuk selalu mengawasi takoyaki saat dimasak agar tidak gosong.

2. Takoyaki Maker Electric

2. Takoyaki Maker Electric

Takoyaki maker electric merupakan pilihan modern untuk membuat takoyaki yang mudah dan praktis. Cetakan ini dilengkapi dengan elemen pemanas dan pengatur suhu, sehingga takoyaki matang lebih merata dan mudah dikontrol.

Tersedia dalam berbagai desain dan fitur, seperti timer dan pengaturan panas, takoyaki maker electric memungkinkan Bunda untuk membuat takoyaki sesuai selera.

Lanjut baca: Resep Takoyaki Asli Jepang Yang Lezat Dan Simpel

Meskipun harganya lebih mahal dibandingkan cetakan loyang, takoyaki maker electric menawarkan kemudahan dan hasil yang lebih konsisten. Cukup colokkan ke listrik, atur suhu dan waktu, dan tuangkan adonan takoyaki.

Takoyaki maker electric akan bekerja dengan sendirinya untuk menghasilkan takoyaki yang lezat dan sempurna.

3. Mesin Gas Cetakan Pembuat Takoyaki

3. Mesin Gas Cetakan Pembuat Takoyaki

Mesin gas cetakan pembuat takoyaki merupakan alternatif modern untuk membuat takoyaki tanpa memerlukan akses listrik. Mirip dengan takoyaki maker electric, mesin ini memiliki cetakan dengan lubang-lubang untuk adonan takoyaki, namun menggunakan gas sebagai sumber panas.

Mesin gas ini cocok digunakan di tempat yang tidak memiliki akses listrik, seperti warung kaki lima atau acara outdoor. Harganya memang lebih mahal dibandingkan cetakan loyang, namun menawarkan kemudahan dan hasil yang lebih konsisten.

Namun, perlu diingat bahwa mesin gas ini membutuhkan pengaturan gas yang tepat untuk menghasilkan takoyaki yang matang sempurna. Api yang terlalu besar dapat menyebabkan takoyaki gosong, sedangkan api yang terlalu kecil membuat takoyaki tidak matang dengan sempurna.

Tips Menghilangkan Kerak Pada Cetakan Takoyaki

Membuat takoyaki di rumah bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Namun, agar takoyaki Bunda selalu sempurna, penting untuk menjaga cetakan takoyaki agar tetap bagus dan awet. Berikut adalah beberapa tips lengkap untuk menghilangkan kerak pada cetakan takoyaki:

1. Cuci dan Keringkan Cetakan

Saat baru saja membeli cetakan ini, cucilah menggunakan air hangat dan sabun cuci piring guna menghilangkan berbagai sisa-sisa minyak dan adonan yang berkerak. Bunda juga bisa menggosoknya dengan sponge secara perlahan agar lapisannya tidak mudah mengelupas, lalu keringkan secara menyeluruh dengan lap bersih.

2. Oleskan Minyak Pada Lubang Cetakan

Cara ini dapat Bunda terapkan secara langsung saat memasak takoyaki. Biasanya sisa adonan takoyaki akan menempel pada permukaan, pengolesan minyak ini bertujuan agar tidak muncul kerak yang membandel pada permukaan cetakan.

3. Panaskan Cetakan dengan Api Kecil

Menggunakan cetakan ini dengan benar merupakan kunci utama dalam perawatannya agar lebih tahan lama. Untuk menghindari kerusakan pada lapisan anti lengket pada loyang pencetak ini, maka sebaiknya Bunda hindari api yang terlalu besar saat memanaskan cetakan. Sebaiknya, gunakan api kecil saja.

Cek harga pasar dibawah ini:

Harga Keju Mozarella Kiloan di Pasar Terbaru Hari Ini 2024Harga Udang 1kg Di Pasar Terbaru Hari Ini 2024
Harga Kulit Lumpia Di Pasar Terbaru 2024Harga Cetakan Martabak Mini Di Pasar Terbaru 2024
Harga Cumi Basah 1 Kg di Pasar Terbaru 2024Harga Kacang Tanah 1 Kg di Pasar Terbaru 2024

Kesimpulan

Jadi, mengetahui harga cetakan takoyaki di pasar terbaru cukup penting jika Bunda ingin membuat camilan ini sendiri di rumah. Dari loyang ekonomis hingga mesin modern berbahan bakar listrik atau gas, sesuaikan pilihan Bunda dengan kebutuhan dan budget yang tersedia. Jangan lupa pelajari jenis-jenis cetakan, pahami kelebihan dan kekurangannya, serta ikuti tips perawatan agar cetakan tetap awet.

Bagikan:

Cindy Pramistasari

Seorang wanita yang selalu ingin mandiri dan tidak ingin merepotkan orang lain.

Tinggalkan komentar