Harga Cetakan Martabak Mini Di Pasar Terbaru 2024

Eka Septi Abriyanti

Harga Cetakan Martabak Mini Di Pasar Terbaru
Harga Cetakan Martabak Mini Di Pasar Terbaru, Source Image: Dapurawit.com

Harga Cetakan Martabak Mini Di Pasar – Dalam artikel ini, Bunda akan diajak untuk mendalami perbandingan harga cetakan martabak mini di pasar, serta memberikan panduan praktis untuk memilihnya. Apalagi, jika Bunda bersama keluarga suka bersantai sembari menikmati kudapan buatan sendiri, maka martabak mini dapat menjadi salah satu rekomendasi menunya.

Martabak mini merupakan salah satu kudapan dengan cita rasa manis dengan berbagai taburan topping yang melimpah, tak heran jika makanan ini cukup banyak penggemarnya sehingga cocok sebagai ide jualan.

Bagi para pemula yang ingin mencoba peruntungan di bisnis ini, salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan adalah pemilihan cetakan martabak mini ini, untuk selengkapnya yuk simak artikel berikut!

Harga Cetakan Martabak Mini Di Pasar

Harga Cetakan Martabak Mini Di Pasar

Martabak mini telah menjadi camilan populer. Kelezatan kulit tipis yang dipanggang dan kombinasi rasa unik isiannya membuat martabak mini menjadi pilihan favorit banyak orang. Bagi para pengusaha kuliner atau pecinta martabak mini, mengetahui harga cetakan martabak mini menjadi hal penting. Berikut adalah harganya di pasar:

Jenis CetakanHarga
Cetakan 4 Lubang – Martabak MiniMulai dari Rp55.000 – Rp71.900
Cetakan 8 Lubang – Martabak MiniRp104.900
Cetakan 12 Lubang – Martabak MiniRp83.000
Cetakan Berdiameter 13 cm – Martabak MiniRp62.500
Cetakan 7 Lubang – Martabak Mini Rp149.000

Tips Memilih Cetakan Martabak Mini

Tips Memilih Cetakan Martabak Mini

Memilih cetakan yang tepat saat Bunda ingin membuat martabak mini ini perlu dipertimbangkan masak-masak agar hasilnya sempurna. Oleh karena itu, Bunda juga harus memperhatikan material pembuatnya. Berikut beberapa tips memilih cetakan dengan bahan yang berkualitas agar tetap awet:

1. Pastikan Material Cetakan Kokoh dan Tahan Panas

Material pembuat cetakan untuk martabak mini yang tepat tentunya berasal dari bahan yang kokoh dan tahan panas. Biasanya cetakan ini terbuat dari bahan besi atau bahkan aluminium tebal karena memiliki sifat penghantar panas yang baik, sehingga martabak mini Bunda matang sempurna dengan merata.

Resep membuat martabak:

Resep Martabak Mini Simple Bisa Untuk DijualCara Membuat Martabak Manis Teflon Anti Gagal

2. Pilih Material Anti Karat dan Aman bagi Makanan

Beberapa bahan logam memang dapat berkarat akibat proses oksidasi. Oleh karena itu, pilihlah material yang anti lengket dan tahan karat seperti stainless steel maupun aluminium. Pastikan juga bahan logam pembuat cetakannya cukup aman dan tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya saat tertelan.

3. Pertimbangan Ketebalan Material

Cetakan dengan material yang terlalu tipis dapat menyebabkan adonan martabak Bunda lebih mudah gosong karena hawa panas tidak tersebar secara merata. Oleh karena itu, pilihlah material dengan mempertimbangkan ketebalan bahan agar panasnya terdistribusi secara merata supaya martabak mini Bunda benar-benar matang.

Cara Merawat Cetakan Martabak Mini

Cara Merawat Cetakan Martabak Mini

Martabak mini dengan kelezatannya, telah menjadi sajian favorit di berbagai kesempatan. Dengan resep dan cara membuat martabak mini yang sederhana namun menghasilkan rasa yang luar biasa, siapapun dapat menciptakan camilan lezat ini di rumah. Namun, tidak jarang cetakan tersebut berkerak, untuk merawatnya ikuti cara berikut ini:

1. Cuci Segera Setelah Dipakai

Segera setelah selesai membuat martabak mini, cuci loyang dengan air hangat dan sabun cuci piring. Pastikan semua sisa adonan dan minyak dibersihkan dengan menyeluruh. Gunakan spons atau sikat yang lembut untuk membersihkan loyang, hindari menggunakan sabut gosok yang kasar karena dapat merusak permukaan loyang.

2. Keringkan dengan Benar

Setelah dicuci, lap loyang dengan kain bersih hingga benar-benar kering. Hindari diangin-anginkan karena dapat menyebabkan karat. Anda juga dapat menggunakan handuk kertas untuk membantu mengeringkan loyang dengan lebih cepat.

3. Oles Minyak Tipis

Oleskan minyak tipis pada permukaan loyang setelah kering. Hal ini untuk mencegah karat dan menjaga kelenturan loyang. Anda dapat menggunakan minyak goreng atau minyak sayur. Gunakan kain bersih atau kuas untuk mengoleskan minyak secara merata pada seluruh permukaan loyang.

4. Simpan di Tempat Kering

Simpan loyang di tempat yang kering dan tidak lembab. Hindari tempat yang terkena sinar matahari langsung. Anda dapat menyimpan loyang di dalam lemari atau wadah kedap udara.

5. Periksa Loyang Secara Berkala

Periksa loyang secara berkala untuk memastikan tidak ada kerusakan. Segera ganti loyang jika sudah berkarat atau rusak. Loyang yang berkarat dapat mencemari makanan dan membahayakan kesehatan.

Kesimpulan

Setelah mengetahui informasi tentang harga cetakan martabak mini di pasar, diharapkan Bunda bisa mengambil keputusan membeli cetakan ini dengan lebih baik. Pastikan Bunda memilih cetakan dengan bahan berkualitas, ukuran yang sesuai dengan kebutuhan, dan fitur yang bermanfaat. Rawat cetakan dengan baik agar tahan lama dan dapat digunakan dalam jangka panjang.

Bagikan:

Eka Septi Abriyanti

Alumni Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang sangat suka dengan traveling serta kini aktif menulis di website dapurawit.com untuk konten profesi dan pekerjaan yang berkaitan dengan dunia kuliner. Memiliki pengalaman kerja sebagai karyawan di salah satu restoran ternama di Bandung.

Tinggalkan komentar