14 Aneka Olahan Menu Lontong Untuk Arisan

Damara

Aneka Olahan Menu Lontong Untuk Arisan
Aneka Olahan Menu Lontong Untuk Arisan, Source Image: Dapurawit.com

Menu Lontong Untuk Arisan – Banyak menu lontong untuk arisan yang dapat Bunda pilih untuk melengkapi hidangan di acara Bunda. Arisan, sebuah tradisi yang sudah mengakar kuat dalam masyarakat Indonesia. Arisan merupakan sebuah kegiatan rutin yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk mengumpulkan uang atau barang secara bergantian dan biasanya diadakan secara bulanan atau bahkan mingguan.

Arisan biasanya diadakan di rumah salah satu anggota. Dalam arisan, makanan dan minuman biasanya menjadi salah satu hal yang tak terlewatkan yang harus disediakan oleh tuan rumah. Salah satu makanan yang biasanya disajikan dalam arisan adalah lontong. Lontong merupakan makanan yang terbuat dari beras yang dimasak dengan santan dan daun pisang.

Lontong memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat, sehingga cocok untuk disajikan dalam berbagai acara, termasuk arisan. Lontong dapat diolah menjadi berbagai macam masakan, mulai dari lontong sayur, lontong opor, lontong kari, hingga lontong sate. Olahan lontong yang disajikan dalam acara hajatan termasuk arisan yang biasanya disesuaikan dengan selera anggota arisan.

Olahan lontong merupakan pilihan yang tepat untuk arisan karena memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat, serta dapat divariasikan dengan berbagai macam lauk pauk. Dalam artikel ini akan dibahas berbagai aneka menu olahan lontong yang cocok dihidangkan saat acara arisan. Untuk mengetahui selengkapnya, yuk simak artikel ini hingga akhir ya!

Aneka Olahan Menu Lontong Untuk Arisan

Dalam tradisi arisan, hidangan yang lezat dan beragam menjadi daya tarik utama. Salah satu pilihan menu yang seringkali membuat suasana semakin meriah adalah lontong. Lontong, dengan cita rasa khasnya, dapat disajikan dalam berbagai variasi untuk memuaskan selera setiap tamu yang datang. Berikut adalah beberapa menu hidangan lontong yang cocok untuk arisan:

1. Lontong Gulai Nangka Padang

1. Lontong Gulai Nangka Padang

Lontong gulai nangka adalah salah satu kuliner khas Padang yang terkenal. Makanan ini terbuat dari lontong yang dipadukan dengan gulai nangka. Gulai nangka adalah gulai yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan, bumbu rempah-rempah, dan terkadang disertai daging sapi. Gulai nangka memiliki cita rasa yang gurih, manis, dan pedas.

Lontong gulai nangka biasanya disajikan dengan taburan bawang goreng dan kerupuk. Makanan ini cocok dimakan dengan nasi putih, sambal, dan lalapan. Waktu yang tepat untuk menyantap lontong gulai nangka adalah saat cuaca dingin. Gulai nangka yang hangat akan terasa sangat nikmat saat cuaca dingin, namun hidangan ini juga cocok dipilih untuk menu arisan dengan kisaran harga per porsi mulai Rp17.000 saja.

2. Lontong Tahu

2. Lontong Tahu

Lontong tahu merupakan salah satu kuliner khas Jawa Tengah. Makanan ini terbuat dari lontong yang dipadukan dengan tahu goreng dan sambal kacang bahkan tidak jarang dicampur petis. Tahu yang digunakan biasanya berwarna kuning keemasan lalu digoreng agar memiliki cita rasa yang gurih dan renyah di luar.

Baca Juga: 10 Menu Arisan Keluarga Siang Hari Praktis dan Murah

Lontong tahu biasanya disajikan dengan sambal petis atau sambal kacang. Makanan ini cocok dimakan dengan nasi putih dan lalapan. Waktu yang tepat untuk menyantap lontong tahu biasanya adalah saat cuaca panas. Namun, jika Bunda ingin menyajikan menu lontong ini saat arisan juga cocok karena cukup simpel. Bunda bisa mendapatkan menu ini dengan kisaran harga mulai Rp20.000/porsi.

3. Lontong Coto Makassar

3. Lontong Coto Makassar

Coto Makassar adalah sup daging yang terbuat dari daging sapi, jeroan, dan bumbu rempah-rempah. Coto Makassar memiliki cita rasa yang gurih, manis, dan pedas. Dalam hal ini selain nasi, lontong menjadi opsi pelengkap paling cocok untuk hidangan ini karena cukup simpel namun tetap mengenyangkan.

Lontong coto Makassar biasanya disajikan dengan taburan bawang goreng dan sambal. Makanan ini cocok dimakan dengan nasi putih, kerupuk, dan lalapan. Kesegaran kuahnya juga sangat cocok disantap dalam berbagai kesempatan, termasuk saat acara arisan ataupun saat musim hujan. Hidangan ini biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp35.000 per porsi.

4. Lontong Sayur Labu Siam

4. Lontong Sayur Labu Siam

Lontong sayur labu siam adalah salah satu kuliner khas Indonesia yang memadukan lontong dengan sayur labu siam. Sayur labu siam adalah sayur yang terbuat dari labu siam yang dimasak dengan santan, bumbu rempah-rempah, dan telur rebus. Sayur labu siam memiliki cita rasa yang gurih, manis, dan segar.

Lontong sayur labu siam biasanya disajikan dengan taburan bawang goreng dan kerupuk. Makanan ini cocok dimakan dengan nasi putih, sambal, dan lalapan. Waktu yang tepat untuk menyantap lontong sayur labu siam adalah saat cuaca panas. Sayur labu siam yang segar akan terasa sangat nikmat saat cuaca panas. Bunda bisa mendapatkan hidangan ini dengan harga mulai Rp10.000.

5. Lontong Sayur Medan

5. Lontong Sayur Medan

Lontong sayur Medan adalah salah satu kuliner khas Medan yang terbuat dari lontong yang dipadukan dengan sayur nangka, tauco, bihun, ikan teri, dan labu siam. Sayur nangka adalah sayur yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan, bumbu rempah-rempah, dan tauco. Sayur nangka memiliki cita rasa yang gurih, manis, dan asam.

Baca Juga: 10 Aneka Resep Menu Masakan Khas Imlek

Lontong sayur Medan biasanya disajikan dengan taburan bawang goreng dan kerupuk. Makanan ini cocok dimakan dengan nasi putih, sambal, dan lalapan. Lontong sayur Medan ini mulai dijual saat pagi hari, karena sering dijadikan sebagai sarapan. Untuk harganya, Bunda bisa mendapatkan hidangan ini mulai dari harga Rp20.000 per porsi.

6. Lontong Sayur Betawi

6. Lontong Sayur Betawi

Lontong sayur Betawi juga merupakan hidangan khas Betawi yang biasanya disantap untuk sarapan. Makanan ini terdiri dari lontong, sayur berkuah gurih, dan pelengkap seperti tahu, tempe, telur dan tentunya kerupuk. Lontong sayur Betawi memiliki cita rasa yang gurih dan kaya rempah.

Kuah lontong sayur Betawi terbuat dari santan, bumbu halus, dan sayuran seperti labu siam, kacang panjang, wortel, dan daun sop. Lontong sayur Betawi juga sering disajikan dalam berbagai acara, seperti hajatan atau syukuran bahkan juga cocok untuk acara arisan. Harga per porsi untuk hidangan ini yaitu dibanderol mulai Rp20.000.

7. Lontong Orari Banjar

7. Lontong Orari Banjar

Lontong orari ini merupakan hidangan khas Banjar yang terdiri dari lontong dengan kuah santan yang gurih, dan pelengkap seperti bumbu masak habang yang dimasak dengan telur. Lontong sayur Banjar memiliki cita rasa yang gurih dan kaya rempah, dengan sentuhan rasa sedikit pedas dari bumbu masak habang.

Uniknya dari hidangan ini bentuk lontong disajikan masih utuh dan berbentuk segitiga. Lontong sayur Banjar biasanya dimakan untuk sarapan atau makan siang dan sering disajikan dalam berbagai acara, seperti hajatan atau syukuran. Untuk mendapatkan hidangan ini, Bunda bisa merogoh kocek mulai dari Rp25.000.

8. Lontong Kikil

8. Lontong Kikil

Lontong kikil adalah hidangan dengan cita rasa yang gurih dan kaya rempah, dengan tekstur kikil sapi yang empuk dan kenyal dan berasal dari Jawa Timur. Hidangan ini terdiri dari lontong, kikil sapi, dan kuah santan gurih. Agar kikil lebih lembut, Bunda bisa memasaknya dengan rempah menggunakan api kecil saja.

Sebagai opsi lain jika Bunda tidak terlalu menyukai kikil, bisa mencampurnya dengan daging. Lontong kikil ini biasanya dinikmati untuk sarapan atau makan siang. Lontong kikil juga sering disajikan dalam berbagai acara, seperti syukuran, lebaran, maupun acara arisan. Untuk harganya, lontong kikil dibanderol mulai dari Rp25.000.

9. Lontong Mie Khas Surabaya

9. Lontong Mie Khas Surabaya

Lontong mie khas Surabaya memiliki cita rasa yang gurih, pedas, dan sedikit manis. Hidangan khas Surabaya ini merupakan hidangan khas Surabaya yang terdiri dari lontong, mie kuning, tauge, tahu goreng, lentho, dan kuah kaldu sapi yang berwarna coklat. Untuk harga hidangan ini biasa dinikmati mulai dari Rp23.000 per porsi.

Kuahnya yang kental dan kaya rempah berasal dari kaldu sapi yang dimasak dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, dan merica. Lontong mie khas Surabaya biasanya dimakan untuk sarapan atau makan siang. Lontong mie khas Surabaya juga sering disajikan dan dijual di warung kaki lima dan dihidangkan di acara seperti arisan, hajatan atau syukuran.

10. Lontong Kari

10. Lontong Kari

Lontong kari juga merupakan salah satu hidangan simpel yang biasanya sering ada di acara hajatan atau bahkan ini. Hidangan khas Indonesia ini terdiri dari lontong, kari ayam atau sapi, dan pelengkap seperti telur, tahu, dan tempe. Lontong kari memiliki cita rasa yang gurih, pedas, dan sedikit manis. Beberapa varian lontong kari yang populer antara lain lontong kari ayam, lontong kari sapi, dan lontong kari sayur.

Kuahnya yang kental dan kaya rempah berasal dari santan yang dimasak dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, dan merica. Lontong kari biasanya dimakan untuk sarapan atau makan siang. Untuk harga per porsi hidangan lontong kari ini yaitu mulai Rp15.000 bahkan hingga Rp50.000.

11. Lontong Ketoprak

11. Lontong Ketoprak

Lontong ketoprak adalah hidangan khas Betawi yang terdiri dari lontong, tauge, tahu goreng, bihun, mentimun, dan kol, disajikan dengan saus kacang yang kental dan kecap manis. Hidangan ini juga ditaburi dengan bawang merah goreng dan kerupuk dan dijajakan menggunakan kereta dorong di jalan-jalan atau kaki lima.

Lontong ketoprak memiliki cita rasa yang gurih, manis, dan pedas. Bumbu kacangnya yang kental dan kaya rempah berasal dari kacang tanah yang dihaluskan, dimasak dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan gula merah. Lontong ketoprak biasanya dimakan untuk sarapan atau makan siang. Untuk harganya yaitu mulai Rp22.000/porsi.

12. Lontong Opor Ayam

12. Lontong Opor Ayam

Lontong opor adalah hidangan khas Indonesia yang terdiri dari lontong disajikan dengan kuah opor ayam. Opor ayam adalah masakan sejenis kari ayam yang sangat dikenal di Indonesia, terbuat dari ayam yang direbus dan disajikan dengan bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai rempah-rempah bercita rasa gurih dan lezat.

Lontong opor merupakan hidangan yang populer dan sering disajikan dalam berbagai acara, termasuk perayaan lebaran dan acara keluarga. Hidangan ini memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat, serta sering dinikmati bersama keluarga dan kerabat, maka cocok juga untuk sajian saat arisan bukan? Untuk harganya yaitu biasanya mulai dari Rp33.000.

13. Lontong Kupang

13. Lontong Kupang

Lontong kupang adalah hidangan khas Sidoarjo, Jawa Timur dan juga dapat ditemui di beberapa kota lain di Indonesia. Lontong kupang disajikan dalam mangkuk kecil supaya bisa menambah hingga dua porsi. Lontong diletakkan di dasar mangkuk, kemudian disusul dengan kupang, lentho, dan kuah petis.

Lontong kupang memiliki cita rasa yang gurih, pedas, dan sedikit manis. Rasa gurih berasal dari lontong, kupang, dan lentho. Rasa pedas berasal dari cabai yang digunakan dalam kuah petis. Rasa manis berasal dari petis udang. Lontong kupang enak dimakan untuk sarapan atau makan siang bahkan cocok dinikmati sebagai pengganjal perut. Untuk harga lontong kupang yaitu Rp20.000 per porsi.

14. Lontong Sate Ayam

14. Lontong Sate Ayam

Lontong sate ayam adalah hidangan khas Indonesia yang terdiri dari lontong disajikan dengan sate ayam. Sate ayam adalah olahan daging ayam yang ditusuk dan dibakar, kemudian disajikan dengan saus kacang dan kecap manis. Hidangan ini biasanya disajikan dengan pelengkap seperti bawang goreng, irisan mentimun, dan sambal.

Lontong sate ayam memiliki ini memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat, serta sering disajikan dalam berbagai acara, termasuk arisan. Harga lontong sate ayam bervariasi tergantung kota dan tempat, tetapi umumnya harganya terjangkau yaitu mulai dari Rp25.000. Hidangan ini mudah ditemukan di berbagai tempat, seperti warung makan, kaki lima, dan restoran.

Tips Membuat Lontong yang Enak dan Mudah

Lontong adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang terbuat dari beras yang dimasak dengan cara dikukus atau direbus dalam daun pisang. Lontong dapat dinikmati dengan berbagai macam lauk, seperti sate, opor ayam, atau sayur lodeh. Berikut adalah tips membuat lontong yang enak dan mudah:

  1. Siapkan bahan-bahan seperti beras, daun pisang, garam, dan air. Beras pulen adalah jenis beras yang memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Beras pulen akan menghasilkan lontong yang pulen dan enak.
  2. Cuci bersih beras dan tiriskan. Cuci beras hingga bersih untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel. Beras yang bersih akan menghasilkan lontong yang lebih enak dan higienis.
  3. Haluskan beras dengan blender atau food processor. Haluskan beras dengan blender atau food processor hingga halus. Haluskan beras akan membuat lontong lebih pulen dan mudah dikunyah.
  4. Tambahkan garam secukupnya ke dalam adonan beras. Tambahkan garam secukupnya ke dalam adonan beras. Garam akan memberikan rasa gurih pada lontong.
  5. Siapkan potongan daun pisang yang cukup besar untuk membungkus adonan beras. Masukkan adonan beras ke dalam daun pisang yang telah dibersihkan dan dibasahi. Bungkus daun pisang dengan rapat agar lontong tidak bocor.
  6. Masukkan adonan beras ke dalam potongan daun pisang dan bungkus rapat. Rebus lontong dalam air mendidih selama beberapa jam hingga matang dan pulen. Waktu perebusan lontong tergantung pada ukuran lontong. Lontong yang berukuran besar membutuhkan waktu perebusan yang lebih lama.
  7. Rebus lontong dalam air mendidih selama beberapa jam hingga matang dan pulen. Setelah matang, angin-anginkan lontong sebelum dipotong. Hal ini bertujuan untuk membuat lontong lebih padat dan tidak mudah hancur.

Penutup

Demikian pembahasan mengenai aneka olahan lontong untuk arisan telah disampaikan. Mulai dari lontong gulai nangka, lontong tahu, lontong coto Makassar, lontong sayur labu siam, hingga lontong sayur Medan, setiap hidangan lontong memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat, serta dapat dicicipi dengan berbagai selera.

Dengan variasi menu lontong untuk arisan yang beragam, diharapkan artikel ini dapat menjadi panduan bagi Bunda dalam menyiapkan hidangan lontong yang lezat dan menarik untuk acara arisan maupun acara spesial lainnya. Selamat mencoba berkreasi dengan aneka hidangan lontong, dan semoga dapat menjadi tambahan yang istimewa dalam berbagai acara keluarga dan sosial.

Bagikan:

Damara

Berbagi Resep Masakan Untuk Para Bunda dari Resep Kue, Resep Sayuran, Resep Ayam, dan Masih Banyak Lagi Resep Masakan Menarik yang Patut Dimasak Dirumah

Tinggalkan komentar