Resep Lento Kacang Ijo

Damara

Resep Lento Kacang Ijo yang mudah dibuat
Resep Lento Kacang Ijo, Source image: YouTube/Galeri Rasa Channel

Dalam artikel ini, kita akan membahas resep lento kacang ijo, salah satu olahan kacang hijau yang bisa Bunda coba di rumah. Lento kacang hijau ini tidak hanya menggugah selera, tetapi juga kaya akan nutrisi dan gizi.

Lento kacang hijau sendiri merupakan hidangan lezat dan sehat yang berasal dari Indonesia. Sesuai dengan namanya, kacang hijau, atau yang juga memiliki nama lain mung bean, merupakan bahan utama dalam resep hidangan yang satu ini.

Kacang hijau merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang kaya akan serat, protein, berbagai vitamin, dan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Cara mengolahnya yang mudah membuat Bunda tidak perlu khawatir, termasuk dalam membuat lento kacang hijau.

Hidangan sehat lento kacang hijau ini cocok untuk disajikan sebagai camilan sehat. Bunda bisa menyajikannya dalam berbagai acara, atau bahkan untuk memanjakan diri sendiri dan keluarga dengan hidangan bergizi ini.

Resep Lento Kacang Ijo yang Mudah Dibuat

Resep Lento Kacang Ijo
Source image: cookpad/Mom’s Aqilla

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, lento kacang hijau adalah hidangan khas Indonesia yang termasuk dalam kategori camilan yang sehat. Hidangan ini sering kali dihidangkan untuk berbagai kesempatan.

Kacang hijau memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang khas. Memasaknya dalam resep lento adalah salah satu cara yang bisa Bunda lakukan dalam mengekspresikan kreativitas dalam memasak.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengeksplorasi resep hidangan sehat dari kacang hijau yang satu ini. Mari kita mulai dengan membahas bahan dan langkah-langkah untuk membuat camilan yang satu ini.

Waktu Persiapan, Waktu Penyajian, dan Jumlah Penyajian

Waktu persiapan dari membuat hidangan ini membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit. Sedangkan untuk waktu penyajian atau mengolah lento kacang hijau ini menghabiskan waktu kurang lebih selama 30 menit.

Jumlah penyajian dari resep yang hendak kita bahas nanti berjumlah kurang lebih 20 buah lento kacang hijau, tergantung seberapa besar Anda hendak membuatnya. Jadi, jika Bunda bisa menyesuaikannya lagi dengan kebutuhan jumlah porsi yang hendak dibuat.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Berikut ini bahan utama yang Bunda butuhkan dalam membuat lento kacang hijau.

  • 200 gram kacang hijau
  • 2-3 sendok makan tepung terigu
  • 2 sendok makan tepung bakwan, tapioka atau kanji
  • ¼ buah kelapa parut (opsional, sesuaikan dengan selera)
  • 1-2 butir telur

Dalam membuat lento kacang hijau, Bunda juga membutuhkan bumbu halus agar hidangan yang dibuat menjadi lebih nikmat. Adapun bahan bumbu halus untuk lento kacang hijau yang Bunda butuhkan adalah sebagai berikut.

  • 5-6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah besar
  • 3 buah cabai rawit, sesuaikan dengan selera
  • 1 sendok teh ketumbar
  • ½ ruas kencur
  • 3 lembar daun jeruk
  • Gula, garam, dan kaldu bubuk secukupnya

Cara Membuat

Selanjutnya, kita akan membahas tentang cara membuat atau menyajikan lento kacang hijau. Adapun langkah-langkah dalam membuat lento kacang hijau adalah sebagai berikut

  1. Cuci bersih kacang hijau, lalu rendam minimal 4 jam sampai semalaman. Kemudian tiriskan.
  2. Rebus kacang hijau setengah matang agar teksturnya tidak pecah. Kemudian tiriskan dan didinginkan.
  3. Ulek kacang hijau yang sudah dingin tadi dan usahakan jangan terlalu halus.
  4. Haluskan bumbu halus yang sudah disiapkan. Bunda bisa menggunakan blender untuk menghemat waktu dan tenaga.
  5. Campur kacang hijau yang telah diulek bersama dengan bahan lainnya, seperti kelapa parut (jika Bunda menggunakannya) dan bumbu halus tadi sampai merata. Jangan lupa cicipi dan sesuaikan rasanya.
  6. Tambahkan adonan tadi dengan tepung terigu, tepung kanji atau tapioka, dan telur, lalu aduk hingga merata. Pastikan adonan menyatu dengan kepadatan yang baik.
  7. Bentuk adonan menjadi bulat sedikit lonjong. Sesuaikan ukuran adonan, usahakan jangan terlalu besar ataupun kecil.
  8. Panaskan minyak, lalu goreng adonan lento kacang hijau hingga kecokelatan. Jika sudah, angkat lalu tiriskan.
  9. Sajikan lento kacang hijau sebaik camilan selagi hangat.

Kesimpulan

Lento kacang hijau adalah salah satu hidangan lezat yang kaya nutrisi sehingga Bunda perlu mengetahui resep lento kacang ijo yang satu ini. Dengan resep sederhana ini, Bunda dapat menikmati kelezatan kacang hijau dalam hidangan yang sehat dan menggugah selera.

Bagikan:

Tags

Damara

Berbagi Resep Masakan Untuk Para Bunda dari Resep Kue, Resep Sayuran, Resep Ayam, dan Masih Banyak Lagi Resep Masakan Menarik yang Patut Dimasak Dirumah

Tinggalkan komentar