Resep Kacang Ovaltine 2 Kg

Ari Prasetyo

Resep Kacang Ovaltine 2 Kg yang gurih
Resep Kacang Ovaltine 2 Kg, Source image: YouTube/Mitha Marisca

Resep kacang Ovaltine 2 kg sering kali dicari oleh orang-orang yang sedang berdiet sebagai pengganti camilan yang tidak sehat. Baik diolah menjadi kue kering, kacang bar, dan lain sebagainya.

Selain sebagai pengganti camilan diet, Bunda juga bisa loh jadikan resep kacang Ovaltine ini untuk sajian camilan lebaran atau sekadar teman nyemil di rumah. Bukan hanya orang dewasa saja, anak-anak pasti juga akan suka dengan rasa cokelat manis bercampur dengan gurihnya kacang.

Tekstur renyah kacang dengan balutan cokelat Ovaltine dijamin bikin ketagihan. Nah, tanpa berlama-lama mari kita simak resep membuat kacang Ovaltine berikut ini!

Tidak perlu khawatir, resep bahan dan cara pembuatannya dijamin gampang dan tanpa ribet kok. Ada dua cara pembuatan yang bisa Bunda pilih, dengan dipanggang atau tanpa dipanggang.

Resep Kacang Ovaltine 2 Kg

Resep Kacang Ovaltine 2 Kg
Source image: YouTube/Ummi fatma cooking

Kali ini kita akan membahas resep, bahan dan cara pembuatan kue kering dari kacang Ovaltine. Baik dengan cara dipanggang, atau tanpa dipanggang bagi Bunda yang tidak memiliki oven di rumah.

JenisKeterangan
Nama ResepResep Kue Kering Kacang Ovaltine
KategoriKue kering, camilan
Waktu Persiapan20 menit
Waktu Penyajian60 menit
Jumlah Penyajian4 toples sedang

1. Kue Kering Menggunakan Oven

Kue Kering Menggunakan Oven
Source image: Youtube/Beqs Kitchen

Bahan-bahan

Berikut ini adalah persiapan bahan dan cara pembuatan jika menggunakan oven:

  • 2 kg kacang tanah kupas (opsional, bisa juga menggunakan jenis kacang lain)
  • 1 kg gula pasir
  • 300 gr Ovaltine
  • 100 gr cokelat bubuk
  • 10 kuning telur
  • 4 putih telur
  • Margarin secukupnya

Cara Pembuatan Dipanggang

  1. Langkah pertama adalah kupas kulit ari yang menempel pada kacang terlebih dahulu kemudian cincang kasar dan sangrai kacang selama 15 menit.
  2. Jika persiapan kacang sudah selesai, maka lanjut untuk membuat adonan kue kering. Mixer kuning telur sampai lembut dan mengembang, kemudian masukkan gula pasir dan mixer kembali hingga rata.
  3. Selanjutnya masukkan Ovaltine dan cokelat bubuk ke dalam adonan yang sedang di mixer dan aduk hingga semua merata.
  4. Jika sudah, masukkan putih telur dan kembali mixer adonan hingga semua bahan teraduk rata dan mengembang.
  5. Saat adonan sudah siap, Bunda bisa mulai memasukkan kacang kemudian aduk menggunakan spatula atau sendok kayu sampai kacang terbalur adonan cokelat hingga merata.
  6. Setelah itu Bunda bisa mulai cetak adonan di atas loyang menggunakan cetakan atau sendok. Jangan lupa untuk mengolesi baking paper dengan margarin agar tidak lengket.
  7. Jika oven sudah panas, Bunda bisa memasukkan cetakan adonan tadi ke dalam oven dengan suhu 150 derajat celcius selama 20 menit.
  8. Setelah matang, angkat loyang dan keluarkan dari oven. Tunggu hingga dingin dan Bunda bisa menyajikan kue kering kacang Ovaltine tersebut di dalam toples.

2. Kue Kering Tanpa Oven

Kue Kering Tanpa Oven
Source image: Pexels/Leeloo Thefirst

Bahan-bahan

Berikut ini adalah persiapan bahan dan cara pembuatan jika tanpa oven:

  • 2 kg kacang tanah kupas (opsional, bisa juga menggunakan jenis kacang lain)
  • 500 gr cokelat batang DCC
  • 500 gr Ovaltine
  • Margarin
  • Cokelat putih atau meses (opsional sebagai topping)

Cara Pembuatan Tanpa Dipanggang

  1. Langkah pertama adalah kupas kulit ari yang menempel pada kacang terlebih dahulu kemudian cincang kasar dan sangrai kacang selama 15 menit.
  2. Sembari menunggu kacang hingga dingin, Bunda bisa siapkan adonan cokelat untuk kue keringnya. Potong cokelat batang DCC kemudian lelehkan di atas air mendidih sambil terus diaduk hingga cair dan tambahkan margarin.
  3. Jika cokelat sudah meleleh, tuangkan pada wadah berisikan kacang yang sudah disangrai sebelumnya. Tambahkan Ovaltine dan aduk hingga semua kacang terbalur dengan cokelat.
  4. Setelah itu siapkan wadah cup kecil, masukkan adonan ke dalam wadah tersebut secukupnya dan tunggu hingga mengeras sendirinya. Atau Bunda juga bisa memasukannya ke dalam lemari es agar lebih nikmat.
  5. Setelah mengeras, tambahkan topping sesuai selera. Kue kering kacang Ovaltine pun siap disajikan di dalam toples sebagai camilan.

Kesimpulan

Nah, jadi itulah tadi beberapa bahan dan juga cara pembuatan dari resep kacang Ovaltine 2 kg untuk 4 toples sedang kue kering. Bunda bisa pilih cara mana yang lebih mudah, menggunakan oven atau tanpa oven.

Bagikan:

Ari Prasetyo

Blogger dan pecinta kuliner yang suka berkunjung ke berbagai restoran serta cafe yang nantinya akan di review serta di publikasikan di website dapurawit.

Tinggalkan komentar