20 Menu Arisan Untuk 50 Orang Murah Meriah dan Praktis

Cindy Pramistasari

Menu Arisan Untuk 50 Orang Murah Meriah dan Praktis
Menu Arisan Untuk 50 Orang Murah Meriah dan Praktis, Source Image: Dapurawit.com

Menu Arisan Untuk 50 Orang – Ketika Bunda menjadi penyelenggara kegiatan arisan, maka penting untuk mencari tahu mengenai menu arisan untuk 50 orang. Sebab, kegiatan ini pasti membutuhkan menu yang bervariasi untuk membuat tamu yang datang tidak merasa jenuh.

Arisan terkadang diadakan oleh banyak orang yang berada di lingkungan sama atau sesama teman akrab. Jika tidak menyediakan menu makanan yang menarik, tentunya hal tersebut membuat kegiatan arisan berjalan kurang menarik.

Mulai dari makanan berat hingga makanan ringan, semuanya menjadi makanan yang melengkapi kemeriahan acara arisan. Akan tetapi, menu tersebut tentunya juga harus menu yang tidak terlalu aneh agar semua tamu bisa menyantapnya.

Untuk itu, Bunda dapat mencoba untuk mencoba beberapa menu yang ada di bawah ini sebagai suguhan makanan untuk arisan yang ingin diadakan. Menu-menu ini terbukti memiliki rasa yang lezat dan bergizi, oleh karena itu mari simak penjelasannya!

Daftar Menu Arisan Untuk 50 Orang

Sebagai tuan rumah arisan, maka Bunda kemungkinan akan merasa kerepotan ketika harus membuat menu-menu yang banyak. Namun, ada rekomendasi menu arisan dari dapurawit.com yang bisa Bunda coba agar tidak merasa kelelahan seperti berikut:

1. Sop Buntut

1. Sop Buntut

Menu arisan pertama yang direkomendasikan adalah menu sop buntut yang pastinya sudah lama populer di kalangan masyarakat Indonesia. Sop buntut merupakan menu makanan berkuah yang tidak terlalu rumit untuk dibuat meskipun hanya seorang diri saja.

Baca Juga: Resep Sop Iga Sapi Bening Ala Resto

Hidangan ini juga begitu mudah untuk dibuat dalam porsi yang besar, terlebih bahan-bahannya tidak sulit ditemukan. Sop buntut terkenal dengan kuah kaldunya yang gurih, segar, dan bening sehingga pasti menjadi hidangan favorit para tamu yang telah datang.

2. Sambal Goreng Ati Ampela

2. Sambal Goreng Ati Ampela

Menu yang kedua adalah menu yang cukup pedas, yaitu sambal goreng ati ampela. Sesuai dengan namanya, menu yang satu ini memang terbuat dari ati ampela yang diolah bersamaan dengan bumbu-bumbu rempah lainnya.

Baca Juga: Resep Sambal Goreng Ati Ampela yang Enak

Untuk membuat menu ini menjadi lebih lezat lagi, maka Bunda bisa mencoba untuk menambahkan potongan petai dan kentang. Dengan rasanya yang begitu nikmat, maka selera makan para tamu pasti akan langsung tergugah.

3. Perkedel Jagung

3. Perkedel Jagung

Menu arisan yang tidak sulit untuk dibuat selanjutnya adalah perkedel jagung. Perkedel ini terbuat dari jagung yang dihancurkan lalu diberikan tambahan tepung serta bumbu-bumbu lain untuk menambah cita rasanya.

Baca Juga: Resep Perkedel Jagung

Rasa perkedel jagung yang gurih akan membuat siapa pun merasa sulit untuk menolaknya. Bunda dapat mencoba menyuguhkan perkedel jagung untuk para tamu yang memang senang mengonsumsi gorengan.

4. Mie Goreng Jawa

4. Mie Goreng Jawa

Pada acara arisan, salah satu menu yang umumnya pasti ditemukan adalah mie goreng Jawa. Mie goreng ini menjadi suguhan yang diminati oleh para tamu undangan yang ingin mengonsumsi makanan tidak terlalu berat.

Baca Juga: 7 Resep Mie Goreng Jawa Ala Rumahan dan Restoran

Mie goreng Jawa ini bisa digoreng dengan bumbu ala masyarakat Jawa yang gurih dan manis. Biasanya, bahan-bahan yang dipakai oleh menu ini adalah ebi, kemiri, kol, bakso, serta telur untuk menambah kelezatan menu ini.

5. Ayam Serundeng

5. Ayam Serundeng

Ketika ingin menyajikan hidangan ayam namun Bunda tertarik untuk mengolahnya dalam bentuk yang berbeda, maka dapat mencoba menu ayam serundeng. Menu ini diolah dengan cara ungkep, lalu ditambah parutan kelapa tua.

Baca Juga: Resep Ayam Goreng Bawang Putih

Ayam tersebut pun digoreng selama beberapa menit hingga bentuknya berubah menjadi cokelat keemasan. Ayam serundeng terasa jauh lebih nikmat ketika dinikmati bersamaan dengan mie goreng Jawa atau nasi putih.

6. Bakwan Tahu

6. Bakwan Tahu

Tidak hanya menu yang berat, namun Bunda juga bisa mencoba untuk menyajikan hidangan ringan yang lezat seperti bakwan tahu. Bakwan tahu ini begitu mudah untuk dibuat, sehingga ketika Bunda tidak akan kesulitan dalam mempersiapkannya.

Bakwan tahu merupakan menu yang cocok untuk dinikmati bersamaan dengan nasi putih yang masih hangat. Bunda hanya perlu menghancurkan tahu putih, lalu campur tahu tersebut bersama dengan telur, parutan wortel, tepung, lalu dibumbui dengan garam serta merica.

7. Keripik

7. Keripik

Untuk menemani acara berbincang-bincang saat arisan, Bunda juga bisa menyediakan menu keripik. Keripik ini bisa dibuat dengan beberapa bahan yang mudah ditemukan, seperti keripik kentang, tempe, pisang, singkong, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Teksturnya yang renyah akan menjadi teman pelengkap yang sempurna ketika dimakan bersama dengan makanan berat. Tidak hanya itu, namun keripik juga bisa dijadikan sebagai camilan ketika arisan sedang berlangsung.

8. Nasi Goreng

8. Nasi Goreng

Menu lain yang begitu populer untuk dihidangkan ketika arisan adalah menu nasi goreng. Bunda dapat mengolah nasi goreng ini dengan penuh kreativitas, seperti nasi goreng ayam, nasi goreng udang, nasi goreng jamur, dan berbagai variasi lain yang tidak kalah lezat.

Tidak hanya mudah untuk dibuat, namun nasi goreng juga tidak memerlukan waktu lama untuk diolah. Dengan begitu, maka Bunda bisa menyelesaikan proses memasak nasi goreng dengan cepat dan segera melanjutkannya dengan mengolah menu yang lainnya.

9. Kue Bolu

9. Kue Bolu

Ketika Bunda ingin menyajikan hidangan pelengkap, kue bolu yang manis bisa menjadi pilihan yang tepat. Tidak hanya manis, namun kue bolu juga termasuk jenis kue yang tidak terlalu merepotkan untuk diolah sehingga Bunda tidak perlu memakan waktu lama dalam membuatnya.

Bunda juga dapat melakukan kreasi yang menarik dengan kue bolu ini, baik itu dari segi topping atau hiasan yang ada di atasnya hingga dari segi rasanya. Dengan begitu, kue bolu yang tersaji pun akan dinikmati oleh para tamu arisan yang banyak.

10. Kue Basah

10. Kue Basah

Selain kue bolu, Bunda juga bisa mencoba menjadikan kue basah sebagai alternatif hidangan pelengkap. Kue basah ini memiliki rupa yang bervariasi dan dapat dibuat hanya dengan menggunakan beberapa bahan yang tidak terlalu mahal.

Salah satu contoh kue basah populer yang menjadi favorit banyak masyarakat Indonesia adalah kue lapis. Teksturnya yang begitu lembut dan ringan membuat kue lapis mudah untuk dimakan, terutama untuk orang-orang lanjut usia yang kesulitan untuk mengonsumsi makanan terlalu keras.

11. Pisang Cokelat

11. Pisang Cokelat

Pisang cokelat bisa menjadi hidangan penutup ketika sudah menyelesaikan acara arisan. Cara membuat menu ini tidak sulit, yaitu dengan menggoreng pisang sambil dibalut dengan taburan cokelat, irisan keju, dan susu di atasnya sehingga terasa begitu manis.

Untuk memudahkan proses membuat pisang cokelat, Bunda bisa mengolah pisang seperti membuat sate. Ketika pisang sudah dipotong, tusuk potongan pisang menggunakan tusuk sate lalu bekukan di freezer sebelum digoreng dan diberi tambahan cokelat yang lumer.

12. Rujak Buah

12. Rujak Buah

Apabila Bunda memiliki beberapa buah yang ada di rumah, maka Bunda bisa menyulap buah-buahan tersebut sebagai bahan utama untuk membuat rujak buah. Kombinasi antara bumbu rujak yang begitu pedas ditambah dengan potongan buah yang segar akan terasa nikmat ketika dimakan secara bersamaan.

13. Es Dawet

13. Es Dawet

Es tradisional yang populer karena rasanya yang manis dan menyegarkan adalah es dawet. Bunda tidak perlu khawatir ketika ingin membuat es dawet, karena bahannya sangat mudah untuk dibeli mulai dari tepung tapioka, tepung beras, pasta pandan, dan air biasa.

14. Plecing Kangkung

14. Plecing Kangkung

Untuk Bunda yang tertarik menyajikan suguhan sehat, maka mengolah plecing kangkung bisa menjadi solusi yang terbaik. Kangkung hanya perlu direbus atau dikukus dalam waktu sebentar, kemudian disiram dengan sambal tomat sehingga rasanya semakin mantap untuk dicicipi.

15. Sambal Bajak

15. Sambal Bajak

Agar nasi putih yang disajikan di arisan terasa lebih menyenangkan untuk dimakan, Bunda bisa menyuguhkan sambal bajak yang pedas. Sambal ini terkenal sebagai sambal yang cocok untuk dimakan bersama berbagai makanan, sehingga tamu pasti akan merasa senang untuk mencocolnya.

16. Es Kopyor

16. Es Kopyor

Sajian es lain yang tidak kalah menyegarkan untuk diminum saat arisan adalah es kopyor. Es kopyor ini terbuat dari daging buah kelapa yang lunak, akan tetapi Bunda juga bisa menggunakan beberapa bahan lain seperti agar-agar dan jeli sebagai bahan utamanya.

17. Bakso

17. Bakso 1

Siapa pun sudah pasti merasa familier dengan bakso, hidangan yang lama terkenal di Indonesia. Ketika ada acara arisan, maka bakso sudah menjadi hidangan yang wajib untuk disajikan kepada para tamu yang telah datang.

Terlebih, bakso yang kuahnya masih panas akan menjadi hidangan favorit seluruh orang. Tidak hanya bakso saja, namun Bunda bisa menambahkan topping tambahan yang menarik mulai dari mie sohun, bawang goreng, sayuran, dan lain-lain agar bakso semakin enak untuk dimakan.

18. Soto

18. Soto

Hidangan kuah lain yang tidak kalah populer di Indonesia adalah hidangan soto. Hampir sama seperti dengan bakso, soto juga selalu menjadi salah satu menu yang sangat sempurna untuk disajikan ketika ada acara-acara ramai seperti arisan.

Baca Juga: Resep Soto Ayam Xanderskitchen

Bahkan, soto sering menjadi menu makanan utama karena rasanya yang begitu gurih dan membuat banyak orang ketagihan. Bunda bisa menyediakan hidangan soto ini dengan memanfaatkan bahan yang tidak terlalu sulit, seperti kaldu khas soto, potongan daging ayam, bihun, dan lain-lain.

19. Rawon Daging

19. Rawon Daging

Biasanya, rawon menjadi hidangan yang wajib disajikan ketika ada acara-acara yang dihadiri banyak orang seperti acara pernikahan. Akan tetapi, rawon juga sangat sering ditemukan pada acara arisan karena penikmatnya yang begitu banyak.

Rawon memiliki cita rasa yang sangat otentik dan unik, sehingga tidak heran jika makanan ini selalu dicari-cari oleh banyak orang. Hal yang membuat rawon begitu khas yaitu kuahnya yang berwarna hitam karena berasal dari buah keluak.

20. Batagor

20. Batagor

Rekomendasi menu yang terakhir adalah batagor, menu khas daerah Sunda yang sudah lama tersebar di seluruh Indonesia. Batagor terbuat dari adonan bakso ikan tenggiri yang diisi oleh kulit pangsit dan tahu.

Umumnya, batagor ini akan disajikan dengan sambal yang rasanya pedas dan manis, sehingga rasanya semakin nikmat. Dijamin, tamu arisan yang datang ke acara Bunda akan merasa betah untuk mengonsumsi batagor yang sudah disajikan.

Kesimpulan

Seluruh daftar menu arisan untuk 50 orang yang ada di atas merupakan menu yang pasti lezat dan tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Dengan memilih salah satu menu tersebut, maka Bunda tidak perlu merasa kebingungan lagi ketika ingin mempersiapkan hidangan untuk arisan.

Bagikan:

Tags

Cindy Pramistasari

Seorang wanita yang selalu ingin mandiri dan tidak ingin merepotkan orang lain.

Tinggalkan komentar