Resep Pisang Adabi

Damara

Resep Pisang Adabi yang gurih
Resep Pisang Adabi, Source image: YouTube/dapu tanyoe aceh

Dalam artikel ini, kita akan mengajak Bunda untuk membahas tentang resep pisang adabi yang lezat, yang bisa dicoba sendiri di rumah. Terlebih jika Bunda atau anggota keluarga lainnya merupakan penggemar buah yang satu ini.

Pisang adalah buah yang tidak hanya lezat dan kaya akan nutrisi, tetapi juga bisa diolah menjadi berbagai hidangan. Buah yang satu ini merupakan salah satu buah tropis yang melimpah di Indonesia dan telah menjadi bagian integral dari kuliner lokal.

Pisang adabi sendiri merupakan kombinasi hidangan masih dari pisang dengan berbagai topping yang bisa Bunda pilih sesuai dengan selera. Kelezatan hidangan dan berbagai topping yang bisa dikombinasikan akan mampu mengundang siapa saja untuk mencicipi olahan pisang yang satu ini.

Salah satu hidangan yang patut dicoba dan dibuat sendiri di rumah adalah pisang adabi, yaitu hidangan tradisional yang menggabungkan pisang dengan kelezatan khas Indonesia. Pisang adabi ini menjadi contoh bagaimana pisang dapat diolah menjadi hidangan yang lezat dan digemari banyak orang.

Resep Pisang Adabi

Resep Pisang Adabi
Source image: Cookpad

Pisang adabi termasuk dalam kategori hidangan penutup (dessert) dan juga camilan atau makanan ringan. Hidangan olahan pisang  yang satu ini cocok disajikan untuk berbagai acara, dari pertemuan keluarga, perayaan, atau sekadar camilan saja.

Mencoba membuat pisang adabi di rumah bisa menjadi salah satu cara untuk menciptakan tradisi kuliner keluarga sendiri. Khususnya jika Bunda dan keluarga merupakan pecinta buah yang satu ini, atau pecinta makanan manis.

Untuk Bunda yang belum mengetahuinya, adabi adalah salah satu merek tepung instan yang khusus digunakan untuk menggoreng pisang. Dengan menggunakan tepung ini, Bunda akan dimudahkan dalam mengolah pisang menjadi pisang goreng atau pisang adabi ini.

Tepung adabi mudah didapatkan di sekitar Bunda, bahkan tidak sedikit yang menjualnya melalui online shop. Selanjutnya, mari kita bahas lebih mendalam tentang bahan-bahan serta langkah pembuatan pisang adabi.

Waktu Persiapan, Waktu Penyajian, dan Jumlah Penyajian

Untuk membuat pisang adabi, Bunda membutuhkan waktu kurang lebih selama 10 menit untuk mempersiapkan bahan-bahannya. Sedangkan waktu mengolah atau memasaknya membutuhkan waktu kurang lebih selama 20 menit.

Untuk resep yang hendak kita bahas kali ini akan mampu menghasilkan satu porsi pisang adabi. Jika Bunda ingin membuat porsi yang lebih banyak atau besar, Bunda bisa menyesuaikannya kembali.

Bahan-bahan Pisang Adabi

Sesuai dengan nama hidangannya, pisang merupakan bahan utama dari makanan yang satu ini. Namun, pastinya Bunda memerlukan beberapa bahan lain untuk bisa mengolahnya.

Adapun bahan-bahan untuk membuat pisang adabi yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  • 6 buah pisang ayam atau pisang ambon yang masih sedikit kehijauan
  • 1 bungkus tepung adabi
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Susu kental manis sesuai selera secukupnya
  • Meses secukupnya
  • Parutan keju cheddar secukupnya

Cara Membuat Pisang Adabi

Setelah mengetahui bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pisang adabi, selanjutnya kita akan membahas tentang cara membuat hidangan olahan pisang yang satu ini. Adapun langkah-langkah dalam membuat pisang adabi adalah sebagai berikut.

  1. Pisahkan pisang dari kulitnya, lalu belah pisang memanjang menjadi 2 bagian.
  2. Campur tepung adabi dengan air secukupnya, lalu aduk rata. Pastikan tepung tercampur dengan air secara merata dan tidak ada yang bergerindil, serta jangan sampai adonan tepung terlalu encer.
  3. Siapkan minyak di wajan, lalu panaskan wajan.
  4. Celupkan pisang ke dalam adonan tepung dan goreng hingga berwarna kecokelatan dan tepung menjadi lebih garing. Setelah matang, angkat pisang dan tiriskan dari minyak berlebih.
  5. Setelah minyak tiris selama beberapa saat dan pisang sudah cukup dingin, beri pisang adabi topping sesuai selera Bunda. Bunda bisa memberi topping susu kental manis, menaburinya dengan meses atau keju cheddar yang telah diparut.
  6. Pisang adabi siap disajikan.

Kesimpulan

Dengan mengikuti resep pisang adabi yang satu ini, Bunda bisa menyajikan kelezatan pisang yang lembut dengan renyahnya tepung adabi setelah digoreng. Pisang adabi ini juga menjadi bukti bagaimana bahan makanan seperti pisang dapat diolah menjadi hidangan yang memikat lidah.

Bagikan:

Tags

Damara

Berbagi Resep Masakan Untuk Para Bunda dari Resep Kue, Resep Sayuran, Resep Ayam, dan Masih Banyak Lagi Resep Masakan Menarik yang Patut Dimasak Dirumah

Tinggalkan komentar