Harga Jengkol Di Pasar Induk Cibitung Terbaru 2024

Yunita Pamela Putri

Harga Jengkol Di Pasar Induk Cibitung Terbaru
Harga Jengkol Di Pasar Induk Cibitung Terbaru, Source Image: Dapurawit.com

Harga Jengkol Di Pasar Induk Cibitung – Salah satu bahan makanan yang banyak diburu masyarakat Indonesia untuk dijadikan olahan masakan lezat & menggugah, yakni ada jengkol / (jering) dengan harga jengkol di Pasar Induk Cibitung bervariatif. Bahkan kita sendiri tahu, bahwa jering dikatakan sebagai salah satu sajian khas ala Nusantara dengan rasa nikmat dan lezat yang membuat siapa saja merasa ketagihan untuk mencicipinya.

Akan tetapi sebelum mengolah bahan makanan tersebut, Bunda di rumah perlu mencari tahu informasi mengenai berapa kisaran harga jengkol di pasaran terlebih dahulu. Pasalnya, banyak sekali orang yang mengklaim bahwa harga jengkol ini lumayan mahal dan bahkan bisa disamakan dengan harga daging ayam.

Oleh karena itulah untuk memastikan mahal atau tidaknya harga jengkol di pasaran, disini Bunda perlu menyimak ulasan yang ada di artikel berikut. Yang mana di ulasan kali ini, Bunda bisa melihat sendiri kisaran harga jengkol tersebut dalam satuan kilogram (kg).

Selain mengetahui harga jengkol di pasaran, Bunda juga bisa mengetahui beberapa informasi menarik lainnya. Yakni mulai dari beberapa fakta menarik seputar jengkol, dan tips membedakan antara jengkol tua dan jengkol muda.

Harga Jengkol Di Pasar Induk Cibitung

Harga Jengkol Di Pasar Induk Cibitung

Berkunjung ke Pasar Induk Cibitung yang berlokasi di Jalan Raya Teuku Umar No.1, Cibitung, Bekasi, tentunya menjadi opsi tepat untuk Bunda lakukan ketika akan membeli bahan-bahan masakan sehari-hari. Salah satu bahan masakan yang bisa Bunda temukan di tempat ini, yakni ada jering yang dibuat menjadi olahan semur dengan rempah-rempah yang lengkap.

Namun sebelum memutuskan membeli jering, ada baiknya bagi Bunda untuk berburu info mengenai harga bahan masakan tersebut. Dengan begitu, maka nantinya akan memudahkan bagi Bunda dalam memperkirakan kebutuhan bahan masakan yang dibeli sesuai budget yang ada.

Resep jengkol: Resep Semur Jengkol Sederhana Ala Rumahan

Penting untuk kita ketahui bersama-sama, bahwa jengkol merupakan salah satu olahan masakan khas di kalangan masyarakat, khususnya bagi suku Betawi yang tinggal di Kota Jakarta. Terlepas dari cita rasa yang ditawarkan, tentunya Bunda penasaran bukan mengenai harga dari bahan masakan tersebut yang dijual di Pasar Induk Cibitung?

Dalam hal ini dikatakan, bahwa harga jengkol di setiap wilayah di Indonesia terbilang beraneka ragam untuk satuan kilogramnya. Seperti misalnya jika Bunda membeli jengkol di Pasar Induk Cibitung, harga yang ditawarkan penjualnya biasanya mencapai angka Rp 35 ribuan per kilogram, bahkan bisa saja mengalami perubahan harga sewaktu-waktu.

Cari tahu harga bahan-bahan pokok lainnya di Pasar Induk Cibitung dibawah ini:

Harga Jagung Manis Pasar Induk CibitungHarga Bawang Merah Brebes Pasar Induk Cibitung
Harga Buah Di Pasar Induk CibitungHarga Sayur Mayur di Pasar Induk Cibitung

Fakta Menarik Seputar Jengkol

Fakta Menarik Seputar Jengkol

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi, bahwa jengkol memiliki banyak sekali peminat di kalangan masyarakat Indonesia. Tentu saja ini merupakan hal yang wajar, dikarenakan jengkol memiliki cita rasa yang lezat dengan teksturnya yang terbilang empuk dan legit ketika dinikmati bersama nasi hangat.

Baca juga: Resep Olahan Jengkol

Tidak hanya memiliki keistimewaan tersendiri dari aromanya yang begitu menyengat, jengkol sendiri ternyata juga menyimpan sejumlah fakta menarik yang jarang diketahui orang lain. Beberapa fakta menarik seputar bahan makanan yang perlu Bunda ketahui dan pahami, yakni sebagai berikut :

  • Punya nama ilmiah / nama latin sendiri berupa Pithecellobium Jiringa atau Pithecellobium Labatum.
  • Hampir setiap bulan di Provinsi Jawa Barat, kapasitas jering yang dikonsumsi masyarakat mencapai angka lebih dari 100 ribu.
  • Aroma khas dari jering, nyatanya berasal dari campuran senyawa asam amino dan sulfur yang berperan sebagai pengacau dalam bahan masakan tersebut.
  • Selain memiliki aroma khas dan digemari masyarakat Indonesia, jering punya sumber gizi dan protein yang baik untuk tubuh.
  • Mengonsumsi jering bisa meningkatkan sistem daya tahan tubuh, namun pastikan dalam kadar yang wajar agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

Cara Membedakan Antara Jengkol Tua dan Muda

Cara Membedakan Antara Jengkol Tua dan Muda

Hampir di setiap pasaran yang ada di Indonesia, tidak terkecuali Pasar Induk Cibitung, jengkol tua dan muda dapat ditemukan masyarakat dengan mudah dengan harga tertentu. Apabila Bunda sendiri baru pertama kali akan mengolah masakan jengkol, maka sebaiknya kenali dulu tips membedakan kedua jenis bahan masakan tersebut.

Dalam membedakan antara jenis jering yang tua dan masih muda, Bunda cukup memperhatikan beberapa hal penting seperti berikut ini.

  • Kulit bagian luar : jering yang sudah tua punya kulit cenderung besar dengan bentuknya bulat, jering yang masih muda biasanya punya kulit bagian luar yang gepeng.
  • Bagian tekstur daging yang dimiliki : jering yang sudah tua punya daging bertekstur yang lebih keras dan cenderung licin, dan untuk jering yang masih muda memiliki daging bertekstur yang cenderung kasar dan kesat.
  • Bentuk jering secara umum : jering yang sudah tua umumnya berbentuk bulat dan sedikit lebih menggembung, sementara jering yang masih muda berbentuk bulat lebih pipih.

Kesimpulan

Setelah mengetahui informasi mengenai harga jengkol di Pasar Induk Cibitung di atas, maka Bunda bisa segera membeli jengkol tersebut sesuai kebutuhan untuk diolah menjadi makanan lezat dan menggugah selera.

Bagikan:

Yunita Pamela Putri

Seorang mahasiswi jurusan tata rias dan kecantikan di salah satu Universitas ternama di Jawa Tengah. Sangat suka mencoba berbagai macam produk skincare, make up dan produk kecantikan. Dan ingin membagikan pengalaman nya di website dapurawit.com.

Tinggalkan komentar