Resep Rambak Pisang

Ari Prasetyo

Resep Rambak Pisang yang gurih
Resep Rambak Pisang, Source Image: YouTube/Indorasa 28

Kerupuk merupakan salah satu makanan paling digemari oleh banyak orang, karena itulah tidak mengherankan apabila banyak orang yang ingin mengetahui resep rambak pisang. Sebab selain rasanya lezat, tekstur dari rambak yang renyah membuat orang yang memakannya menjadi ketagihan.

Karena itu, rambat sangat cocok di makan dalam situasi apapun, baik itu saat bersantai atau ketika menemani mengerjakan tugas. Harga dari rambak juga tergolong sangat ramah dikantong sehingga menjadikannya digemari oleh banyak orang baik itu anak-anak ataupun orang tua sekalipun.

Untuk membuat rambak sendiri juga tergolong sangat mudah, dan tidak membutuhkan modal yang banyak untuk membuatnya. Jadi untuk bunda yang memiliki kegiatan padat namun ingin menyediakan camilan lezat bisa mempertimbangkan untuk membuat rambak pisang.

Selain itu, rambak pisang yang dibuat sendiri jauh lebih menyehatkan dibandingkan dari rambak pisang yang dibeli. Sebab, rambak pisang yang dijual bebas di luaran belum tentu aman bagi kesehatan.

Resep Rambak Pisang

Resep Rambak Pisang
Source Image: Youtube/Deni Sudrajat 07

seperti yang telah disampaikan di atas, pembuatan rambak pisang tergolong mudah dan hanya membutuhkan sedikit bahan saja. Nah, bagi bunda yang ingin tahu cara membuat rambak pisang silakan menyimak informasinya di bawah ini:

JenisKeterangan
Nama ResepRambak Pisang Manis
KategoriKerupuk, Camilan
Waktu Persiapan15 Menit
Waktu Penyajian60 Menit
Jumlah Penyajian2 Porsi

Bahan

  • 1 Pisang kapas ukuran sedang
  • 1 sendok makan gula
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok
  • 1 butir telur
  • Tepung tapioka 250 gram

Cara Membuat

  1. Pertama silakan kupas pisang, kemudian potong pisang menjadi bentuk kecil-kecil.
  2. Selanjutnya masukkan pisang kedalam tepung tapioka dan haluskan hingga tercampur dengan rata.
  3. Jika pisang sudah dihaluskan, masukan telur kedalam adonan sampai semua tercampur.
  4. Lalu masukkan baking powder dan kedalam adonan tersebut.
  5. Lanjutkan mencampur adonan hingga benar-benar kalis.
  6. Adonan yang sudah kalis tersebut dapat dibentuk sesuai dengan selera misalnya berbentuk lonjong atau bundar.
  7. Siapkan dandang atau panci untuk mengukus adonan tersebut setidaknya selama 40 menit.
  8. Setelah matang diamkan adonan tersebut selama beberapa menit di suhu ruang atau bisa juga di freezer.
  9. Baru setelah itu adonan yang sudah dibuat tersebut dipotong tipis-tipis.
  10. Selanjutnya adonan yang sudah dipotong tipis-tipis tersebut dijemur hingga kering.
  11. Jika sudah kering bunda sudah bisa menggoreng rambak pisang tersebut menggunakan minyak mendidih dan dengan api sedang.
  12. Rambak pisang sudah bisa disajikan dan dinikmati.

Tips Membuat Rambak Pisang

Tips Membuat Rambak Pisang
Source Image: YouTube/Indorasa 28

Setelah mengetahui bahan dan juga cara untuk membuat rambak pisang, tentunya ada baiknya jika bunda juga mengetahui tips membuat rambak pisang agar rambak pisang yang dibuat bisa berhasil. Nah, adapun tips agar rambak pisang yang dibuat bisa berhasil adalah seperti di bawah ini:

  1. Tips pertama agar rambak pisang yang bunda buat bisa berhasil adalah dengan menggunakan pisang yang sudah benar-benar matang. Sebab, jika pisang yang digunakan masih belum sepenuhnya matang akan membuat rasa dari rambak pisang tidak terlalu terasa.
  2. Saat menggoreng rambak pisang pastikan api yang digunakan adalah api dengan ukuran sedang. Hal ini bertujuan untuk menghindari rambak pisang menjadi gosong dan tidak enak saat dimakan.
  3. Gunakan minyak yang masih baru untuk menggoreng rambak agar warna rambak pisang tetap bagus. Tidak hanya itu saja, menggunakan minyak yang baru juga akan jauh lebih baik untuk kesehatan dibandingkan menggunakan minyak yang sudah dipakai.
  4. Sebelum rambak pisang disajikan, bunda harus meniriskan minyaknya sampai benar-benar tidak ada minyak yang menempel di rambak. Sebab, jika ada minyak yang menempel di rambak akan membuat teksturnya berubah menjadi lembek dan tidak keras lagi.
  5. Agar rambak pisang semakin nikmat bunda bisa menambahkan bubuk coklat, vanila, atau perasa lainnya. Tetapi pastikan perasa yang digunakan adalah perasa khusus makan agar tidak membahayakan kesehatan.

Kesimpulan

Jadi itu tadi informasi mengenai resep rambak pisang yang bisa bunda coba buat di rumah. Semoga informasi singkat mengenai resep untuk membuat rambak pisang yang kami sampaikan di atas bisa berguna bagi bunda yang ingin membuat rambak pisang.

Bagikan:

Ari Prasetyo

Blogger dan pecinta kuliner yang suka berkunjung ke berbagai restoran serta cafe yang nantinya akan di review serta di publikasikan di website dapurawit.

Tinggalkan komentar