Resep Pastel Ny Liem Yang Renyah dan Enak

Damara

Resep Pastel Ny Liem
Resep Pastel Ny Liem, Source Image: Youtube/atha naufal

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dengan lengkap resep pastel Ny Liem, sebuah ikon kuliner tradisional Indonesia yang terus menyentuh hati setiap penggemarnya. Pastel Ny Liem sendiri bukan hanya sekadar camilan klasik, tetapi juga menyimpan cita rasa yang unik.

Dengan sentuhan khas Ny Liem, pastel yang satu ini menawarkan keunikan dalam setiap gigitannya. Rasa dan teksturnya yang autentik menjadikannya camilan yang tak tergantikan.

Tiap suapannya akan membawa kita merasakan cita rasa kuliner Nusantara yang mendalam dan memikat, memberikan pengalaman kuliner yang menggoyang lidah. Pastel Ny Liem bukan semata camilan, melainkan warisan rasa yang diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Di balik setiap lipatan kulit pastel, tersimpan cerita dan tradisi kuliner yang kaya. Pastel Ny Liem tidak hanya menjadi camilan lezat, tetapi juga menjadi simbol keberagaman kuliner Indonesia yang patut dilestarikan.

Resep Pastel Ny Liem

Resep Pastel Ny Liem Yang Renyah dan Enak

Pastel Ny Liem masuk ke dalam kategori makanan ringan atau camilan (snack). Namun, tidak sedikit di luar sana yang menjadikannya lauk pendamping nasi.

Pastel sendiri juga sering dihadirkan pada acara-acara tertentu. Dengan menggunakan resep ini, Bunda bisa mencoba membuat pastel Ny Liem di rumah bukan hanya sekadar menciptakan camilan lezat, tetapi juga sebuah upaya indah untuk mengenang dan merayakan warisan kuliner.

Dalam panduan ini, kita akan menjelajahi bahan-bahan serta langkah-langkah untuk menghasilkan pastel yang tak hanya lezat tetapi juga mengandung kehangatan kenangan yang dapat kita nikmati bersama keluarga dan teman-teman.

Untuk menyiapkan bahan-bahan dari pastel Ny Liem, Bunda akan membutuhkan waktu selama kurang lebih 20 menit. Sedangkan proses membuat atau memasaknya akan membutuhkan waktu selama kurang lebih 45 sampai 60 menit.

Resep yang akan kita buat nanti kurang lebih akan menghasilkan sebanyak 20 buah pastel, bisa berkurang atau lebih sesuai dengan ukuran pastel yang akan Bunda buat. Bunda juga bisa menyesuaikannya lagi sesuai dengan kebutuhan dan preferensi.

Bahan-Bahan

Untuk membuat pastel Ny Liem, Bunda akan membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut. Kita akan membaginya menjadi beberapa bagian untuk memudahkan Bunda dalam menyiapkannya, serta saat mengolahnya nanti.

Bahan A

  • 500 gram tepung terigu
  • 95 gram mentega
  • 95 gram mentega putih
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 230 cc air

Bahan B

  • 300 gram tepung terigu
  • 80 gram mentega
  • 80 gram mentega putih

Untuk bahan isiannya sendiri, Bunda bisa menyesuaikan dengan selera. Berikut ini rekomendasi bahan isian pastel yang mungkin bisa Bunda coba.

  • 300 gram daging ayam cincang
  • 200 gram wortel, potong dadu kecil
  • 5 butir telur, rebus dan potong-potong kecil
  • 2 lembar daun bawang, iris halus

Sedangkan untuk bumbu isian, berikut ini bahan-bahan yang akan Bunda butuhkan.

  • 7 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Gula pasir secukupnya

Cara Membuat

Berikut ini langkah-langkah membuat pastel Ny Liem yang bisa Bunda ikuti.

  1. Campur tepung terigu, gula, dan garam pada bahan A, lalu aduk merata. Tambahkan mentega dan mentega putih, lalu kembali aduk menggunakan spatula hingga berbulir.
  2. Masukkan air perlahan, aduk lagi hingga kalis dan tercampur rata. Selanjutnya, diamkan selama 15 menit.
  3. Bagi adonan A menjadi beberapa bagian kecil sama besar.
  4. Ulangi langkah-langkah untuk bahan B, lalu bagi adonan menjadi beberapa bagian sama besar.
  5. Sambil menunggu adonan siap, Bunda bisa menyiapkan isian. Bunda bisa memulai dengan menghaluskan bumbu isian.
  6. Tumis bumbu isian hingga harum. Masukkan ayam cincang, wortel, telur, dan daun bawang, lalu aduk hingga rata dan matang.
  7. Diamkan isian hingga dingin.
  8. Ambil salah satu bagian adonan A, gilas melebar. Masukkan adonan B, lalu gilas memanjang.
  9. Bunda juga bisa mencetaknya menggunakan cetakan kulit pastel.
  10. Setelah kulit siap, masukkan bagian isi yang sudah matang tadi. Lipat dan pilin tepinya.
  11. Goreng pastel menggunakan api sedang hingga kulit berubah kecokelatan. Pastel Ny Liem siap untuk disajikan.

Kesimpulan

Dengan menggunakan resep pastel Ny Liem ini, Bunda dapat mencoba merasakan kelezatan camilan spesial ini di rumah. Pastel Ny Liem adalah contoh nyata bahwa hidangan spesial juga bisa Bunda buat dan nikmati kelezatannya di rumah.

Bagikan:

Damara

Berbagi Resep Masakan Untuk Para Bunda dari Resep Kue, Resep Sayuran, Resep Ayam, dan Masih Banyak Lagi Resep Masakan Menarik yang Patut Dimasak Dirumah

Tinggalkan komentar