Resep Dimsum Ayam Udang Ny Liem

Damara

Resep Dimsum Ayam Udang Ny Liem
Resep Dimsum Ayam Udang Ny Liem, Source Image: Youtube/Ny. Liem Heritage

Resep Dimsum Ayam Udang Ny Liem menjadi salah satu resep olahan China yang wajib kalian coba buat di rumah. Seperti yang Bunda semua tau, dimsum atau siomay menjadi salah satu menu yang digandrungi oleh banyak khalayak umum baik itu anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua.

Dimsum menjadi salah satu makanan yang berasal dari negara Tiongkok dimana memiliki tekstur dan rasa yang sangat legit. Seperti judul nya, makanan ini berbahan dasar ayam dan udang yang kemudian dibungkus dengan menggunakan kulit siomay yang nikmat.

Nah, kulit siomay inilah yang membuat makanan ini menjadi makanan yang khas dan unik jika dibandingkan dengan makanan yang lainnya. Biasanya, untuk menambah tampilan agar terlihat semakin cantik ditambahkan dengan sedikit parutan wortel yang diletakkan di atas dimsumnya.

Nah kalau biasanya bunda-bunda memakan dimsum hanya berasal dari restoran saja, kali ini Bunda bisa memakannya dari rumah secara puas karena bisa membuatnya sendiri. Untuk menambah cita rasa kelezatan saat memakan dimsum, Bunda bisa menambahkan cuka, saus, atau bahkan kecap asin.

Resep Dimsum Ayam Udang Ny Liem

Resep Dimsum Ayam Udang Ny Liem Yang Enak

Cara membuatnya pun sangat mudah sekali Bunda, karena bahan-bahannya bisa dengan mudah Bunda dapatkan dari pasar. Jadi, simak bahan dan cara pembuatan resep dimsum di bawah ini dengan seksama ya!

JenisKeterangan
Nama ResepDimsum Ayam Udang Ny Liem
Kategoricamilan
Waktu Persiapan25 menit
Waktu Penyajian60 menit
Jumlah Penyajian20 buah

Bahan

  • 500 gram kulit siomay yang sudah siap untuk dipakai
  • 250 gram ayam yang sudah di fillet
  • 50 gram udang peci yang sudah kupas
  • 50 gram jamur shitake yang sebelumnya sudah dimasak
  • 4,5 gram garam
  • ¼ sendok teh lada putih
  • 19 gram tepung kentang
  • 11,50 gram kaldu ayam bubuk
  • 19 gram gula pasir
  • 20 gram es batu
  • 2 sendok makan minyak bawang dan 1 sendok makan minyak wijen

Cara Membuat

  1. Pertama-tama siapkan terlebih dahulu kulit siomay yang sudah siap untuk dipakai langsung. Kalian bisa mendapatkan kulit siomay siap pakai agar lebih praktis, atau kalian juga bisa membuat sendiri kulit siomay ini.
  2. Kemudian siapkan juga isian siomaynya dengan cara memotong dadu hingga kecil ayam fillet dan juga jamur yang sudah Bunda siapkan sebelumnya. Jika sudah maka jangan lupa campurkan juga udang, ayam, dan jamu tersebut ke dalam food processor, mixer, atau blender hingga tercampur rata.
  3. Jika sudah dirasa tergiling, maka langkah selanjutnya adalah masukkan bumbu-bumbu berupa tepung kentang, lada, garam, dan juga es batu yang sudah Bunda siapkan sebelumnya. Aduklah hingga 5 menitan lamanya.
  4. Nah, jika sudah dirasa tercampur semua bumbu dan campuran bahan utamanya, maka masukkanlah gula dan juga kaldu ayam bubuk. Aduk lagi hingga 10 menitan lamanya.
  5. Setelah itu jangan lupa siapkanlah kukusan yang sebelumnya sudah dipanaskan ya Bunda. Lalu kukuslah siomay selama 15 menit atau sampai Bunda merasa bahwa dimsum masakan Bunda sudah cukup matang.
  6. Jika sudah, maka siomay sudah selesai untuk dimasak. Jika Bunda kurang suka dengan olahan kukus, Bunda juga bisa menggoreng dimsum ini.

Dimsum sangat cocok dikonsumsi selagi hangat dengan berbagai jenis saus dan juga bumbu. Mulai dari saus kacang atau bahkan saus asam pedas sesuai dengan selera-selera Bunda.

Nah, Bunda bisa membuat saus asam pedas ini di rumah dengan cara merebus air dengan ukuran 150 ml. Lalu tambahkan saus sambal, 2 siung bawang yang dipotong halus dan masak di api kecil.

Setelah itu tambahkan dengan ½ sdt gula pasir, 1/8 sdt garam, 1 sdt kecap Inggris, dan juga 1 sdt mustard. Aduk hingga merata dan saus sudah siap untuk disajikan dengan dimsum.

Kesimpulan

Resep Dimsum Ayam Udang Ny Liem ini sangat mudah untuk diikuti bukan? Jadi, ayo Bunda-Bunda segera buat resep ini untuk keluarga di rumah ya! 

Bagikan:

Damara

Berbagi Resep Masakan Untuk Para Bunda dari Resep Kue, Resep Sayuran, Resep Ayam, dan Masih Banyak Lagi Resep Masakan Menarik yang Patut Dimasak Dirumah

Tinggalkan komentar