Resep Lapis Surabaya Ny Liem

Resep Lapis Surabaya Ny Liem yang enak
Resep Lapis Surabaya Ny Liem, Source Image: Youtube/nominooom

Banyaknya orang yang berburu resep lapis Surabaya Ny Liem, tentunya membuat Bunda di rumah juga merasa tertarik untuk membuat kue populer yang ada di Indonesia satu ini,  bukan? Akan tetapi sebelum kita membahas mengenai resep pembuatannya, ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui apa sebenarnya kue lapis itu sendiri.

Disini dikatakan, bahwa kue lapis sendiri merupakan salah satu jenis kue basah dan jajanan pasar khas Indonesia yang begitu diminati kalangan masyarakat. Kue lapis ini, biasanya sering kali dijadikan sebagai camilan ringan ataupun sajian spesial untuk para tamu.

Memiliki cita rasa yang manis, bertekstur lembut dan memiliki warna khas cokelat dan putih, menjadikan semua orang bisa dengan mudah membuatnya di rumah. Terlebih lagi, bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kue lapis sendiri juga terbilang mudah didapatkan di pasaran.

Kendati demikian, bagi Bunda di rumah yang tertarik membuat kue lapis Surabaya Ny Liem, sebaiknya perlu mencatat bahan-bahan dan langkah-langkah dalam pembuatannya. Sehingga, risiko kegagalan dalam proses pembuatan kue lapis tersebut bisa diminimalisir dengan baik.

Resep Lapis Surabaya Ny Liem

Resep Lapis Surabaya Ny Liem

Meskipun dikenal sebagai salah satu kue basah dan jajanan pasar yang mudah dibuat, akan tetapi Bunda juga perlu memperhatikan mengenai takaran bahan yang digunakan dan urutan tata cara pembuatannya dengan benar. Oleh sebab itulah, di bawah ini akan kita ulas secara lengkap mengenai tata cara membuat kue lapis Surabaya Ny Liem yang bisa Bunda ikuti dengan mudah.

JenisKeterangan
Nama ResepKue Lapis Surabaya Ny Liem
KategoriKue basah dan jajanan pasar
Waktu Persiapan30 menit
Waktu Penyajian60 menit
Jumlah Penyajian30 porsi

Bahan Utama

  • 20 butir kuning telur
  • 4 butir kuning telur
  • 225 gram gula halus
  • 200 gram tepung terigu yang sebelumnya sudah diayak
  • 1 ½ sendok teh baking powder
  • 200 gram margarin yang sudah dilelehkan
  • 1 sendok teh vanili bubuk
  • 1 sendok teh cake emulsifier

Bahan Adonan Cokelat

  • 75 gram coklat bubuk
  • 1 sendok makan pasta moka

Bahan Butter Cream

  • 100 gram mentega putih
  • 100 gram margarin
  • 125 gram gula bubuk
  • 75 gram cokelat

Cara Membuat Kue Lapis Surabaya Ny Liem

  1. Langkah pertama, masukkan kuning telur, putih telur, gula halus, vanili dan cake emulsifier ke dalam wadah dan kocok menggunakan mixer hingga mengembang. Jangan lupa turunkan kecepatan mixer, lalu masukkan tepung terigu dan baking powder sambil diaduk sampai merata.
  2. Matikan mixer, kemudian tambahan margarin cair dan diaduk hingga benar-benar merata menggunakan spatula.
  3. Setelah itu, bagi adonan menjadi 3 bagian (2 bagian untuk warna putih, dan 1 bagian untuk warna cokelat yang ditambahkan cokelat bubuk dan pasta moka). 
  4. Selanjutnya, tuang adonan cokelat ke dalam loyang dan panggang selama 30 menit hingga matang sempurna.
  5. Khusus untuk 2 bagian adonan berwarna putih, silahkan tuangkan ke dalam 2 loyang dan panggang selama 30 menit hingga matang kecokelatan, lalu angkat.
  6. Jika sudah, ambil bagian kue berwarna putih dan olesi dengan butter cream, dan letakkan kue berwarna cokelat di atasnya sembari ditambahkan butter cream. Lalu, ambil kue berwarna putih lagi di atasnya dan rapikan bagian pinggirnya.
  7. Kemudian, simpan kue lapis di lemari pendingin.
  8. Potong kue lapis sesuai selera dan letakkan ke piring yang sudah disiapkan.
  9. Kue lapis Surabaya Ny Liem siap dinikmati.

Melihat tata cara pembuatan kue lapis Surabaya di atas, tentunya terbilang sangat mudah untuk Bunda praktikkan sendiri di rumah, bukan? Namun, membuat kue lapis juga terkadang memiliki banyak kendala, salah satunya yakni kendala ketika kue lapis tidak menempel dengan sempurna.

Beberapa penyebab kue lapis tidak menempel dengan sempurna, biasanya yakni karena hal berikut :

  • Tidak melepas kulit kue dan langsung menyusunnya.
  • Penggunaan butter cream yang kurang banyak.
  • Permukaan kue bolu yang tidak merata sempurna.
  • Memotong kue bolu secara langsung setelah disusun.

Kesimpulan

Demikianlah tadi informasi mengenai resep lapis Surabaya Ny Liem,yang bisa Bunda coba sendiri di rumah. Dalam membuat kue lapis ini, pastikan menghindari beberapa kesalahan yang sudah dijelaskan tadi, agar hasil kue lapis tersaji dengan sempurna.

Bagikan:

Damara

Berbagi Resep Masakan Untuk Para Bunda dari Resep Kue, Resep Sayuran, Resep Ayam, dan Masih Banyak Lagi Resep Masakan Menarik yang Patut Dimasak Dirumah

Tinggalkan komentar