Resep Kue Hercules Lezat dan Lembut, Dijamin Anti Gagal

Damara

Resep Kue Hercules Lezat dan Lembut, Dijamin Anti Gagal
Resep Kue Hercules, Source Image: Youtube/Rizky_cake1

Punya nama yang unik, tahukah Bunda bagaimana resep kue hercules? Berbeda dengan lakon Hercules yang punya tubuh kekar dan gagah, kue hercules justru punya tekstur yang lembut, kenyal, dan rasanya manis.

Jika melihat bentuknya, kadang ada yang salah paham dan mengira kue ini sama dengan puding, padahal bahannya berbeda. Karena rasanya yang lezat, kue ini menjadi salah satu kudapan penutup atau dessert yang digemari banyak orang.

Biasanya, kue basah ini muncul di berbagai acara, seperti pesta-pesta, saat Hari Raya, dan cocok juga untuk menu takjil saat buka puasa. Tidak hanya disukai orang tua, kue hercules ini juga disukai anak-anak.

Untuk bahan yang diperlukan dalam pembuatan kue ini tidak terlalu banyak. Proses pembuatannya juga cukup mudah dan tidak memakan waktu lama, jadi Bunda bisa mencobanya.

Resep Kue Hercules

Resep Kue Hercules

Resep ini bisa Bunda ikuti dengan mudah, yang penting perhatikan takaran bahan dengan teliti. Prosesnya juga harus Bunda ikuti perlahan supaya tidak gagal.

JenisKeterangan
Nama ResepResep Membuat Kue Hercules 
KategoriKue
Waktu Persiapan20 menit
Waktu Penyajian180 menit
Jumlah Penyajian5-10 cup kue hercules

Bahan Kue Hercules

  • Siapkan 300 gram tepung custard 
  • 200 gram gula pasir, bisa dikurangi atau ditambah sesuai dengan selera
  • 1 sachet agar-agar, usahakan yang tidak berwarna
  • 800 ml santan kepala, atau 1 buah kelapa utuh
  • 1 kaleng susu kental manis putih, bisa menggunakan sachet tinggal hitung saja ukurannya.
  • 2 liter air yang bersih, bisa gunakan air galon
  • 1 buah jagung manis ukuran standar, lalu ambil bijinya saja

Cara Membuat Kue Hercules

  1. Pertama, ambil jagung manis yang sudah diambil bijinya saja untuk direbus. Jagung hanya perlu direbus setengah matang saja, jangan terlalu matang.
  2. Setelah itu, siapkan panci dengan ukuran sedang, lalu masukkan tepung custard, gula pasir, santan kelapa, agar-agar, air putih, dan susu kental manis. Aduk semua bahan tersebut perlahan hingga tercampur rata semuanya.
  3. Setelah bahan tercampur sempurna, masukkan biji jagung manis yang sudah direbus setengah matang tadi ke dalam campuran bahan. Setelah itu rebus semua bahan hingga matang sambil sembari diaduk agar tidak gosong.
  4. Gunakan api sedang, jangan pakai api besar agar adonan tidak gosong dan bisa matang dengan sempurna. Gunakan panci anti lengket agar adonan tidak menempel.
  5. Setelah mendidih, angkat adonan lalu biarkan sejenak di panci agar dingin. Jangan masukkan adonan yang masih panas ke dalam cetakan plastik, karena selain merusak cetakan juga tidak baik untuk kesehatan.
  6. Bunda bisa menggunakan cetakan agar-agar atau cetakan kue lainnya. Setelah itu diamkan hingga kue hercules benar-benar dingin dan mengeras. 
  7. Masukkan kue hercules ke lemari es agar rasanya menjadi lebih nikmat. Namun didinginkan pada suhu ruang juga tidak masalah, tunggu hingga benar-benar padat.
  8. Setelah kue hercules padat atau membeku, lepas kue dari cetakan secara perlahan dan susun pada nampan. Bunda bisa menambahkan parutan keju, kelapa, atau topping lainnya jika ingin variasi.
  9. Kue hercules yang lezat, lembut, dan manis siap dinikmati bersama dengan keluarga atau rekan Bunda.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Agar Kue Hercules Tidak Gagal

Hal hal yang Perlu Diperhatikan Agar Kue Hercules Tidak Gagal

Selain memperhatikan bahan dan cara memasak, beberapa hal ini juga perlu Bunda perhatikan agar tidak gagal dalam membuat kue hercules tersebut.

  • Perhatikan takaran bahan, jika ingin menambah porsi maka tinggal kalikan dua atau kurangi saja bahan dengan perbandingan yang pas.
  • Jangan gunakan api besar ketika memasak karena bisa membuat kue gosong dan gagal.
  • Jika penyajian untuk anak kecil, Bunda bisa mengurangi takaran gula atau mengganti dengan gula yang lebih sehat.

Kesimpulan

Kue hercules cukup mudah dibuat dan tidak memerlukan waktu lama. Bunda hanya perlu menakar bahan dengan cermat dan ikuti petunjuk pembuatan dengan teliti. Apakah Bunda ingin mencoba resep kue hercules yang kami sebutkan diatas? Silahkan coba dan Bunda akan mendapatkan hasil kue hercules yang lembut, kenyal, dan pastinya lezat.

Bagikan:

Damara

Berbagi Resep Masakan Untuk Para Bunda dari Resep Kue, Resep Sayuran, Resep Ayam, dan Masih Banyak Lagi Resep Masakan Menarik yang Patut Dimasak Dirumah

Tinggalkan komentar