Resep Onde Onde 1 Kg Tepung Ketan

Damara

Resep Onde Onde 1 Kg Tepung Ketan
Resep Onde Onde 1 Kg Tepung Ketan, Source Image: Youtube/Luvita Ho

Resep Onde Onde 1 Kg Tepung Ketan – Bagi orang-orang yang ingin membuat onde-onde dengan jumlah yang banyak, mereka harus mengetahui bagaimana resep onde onde 1 kg tepung ketan yang terjamin enak. Sebab, takaran bahan untuk membuat kue tradisional ini harus diukur dengan tepat, agar rasa manis dan tekstur kenyal dari kue ini bisa lebih pas.

Onde-onde sendiri merupakan salah satu jajanan khas Indonesia yang disukai oleh banyak orang, karena ukurannya yang kecil namun tetap mengenyangkan. Onde-onde terbuat dari tepung ketan yang membuatnya memiliki tekstur kenyal dan berbeda dengan beberapa kue tradisional lainnya.

Biasanya, kue tradisional ini akan diberi isian kacang hijau yang membuat rasanya menjadi lebih manis. Sementara untuk bagian luarnya akan menggunakan taburan biji wijen yang membuat rasanya menjadi lebih unik.

Meski harga onde-onde sebenarnya sangatlah murah, tapi akan lebih baik jika Bunda membuat kue ini sendiri di rumah. Sebab, dengan mengeluarkan biaya yang sama seperti membeli onde-onde di pasar, Bunda bisa mendapatkan jumlah onde-onde yang jauh lebih banyak.

Resep Onde Onde 1 Kg Tepung Ketan

Resep Onde Onde 1 Kg Tepung Ketan Enak
Source Image: Youtube/CR COOK

Meskipun ada sebagian orang yang tidak suka dengan tekstur kenyal dari onde-onde, tapi ada lebih banyak orang di Indonesia yang suka dengan tekstur dari kue tradisional ini. Apalagi kekenyalan kue ini dapat semakin terasa lezat dengan rasa manis yang berasal dari kacang hijau di dalamnya.

Namun, untuk membuat onde-onde dengan tekstur yang kenyal dan rasa manis yang pas membutuhkan resep yang tepat. Untuk itu, melalui artikel ini kami akan membagikan resep untuk membuat onde-onde kenyal, gurih, dan manis dengan 1 kg tepung ketan, yaitu:

JenisKeterangan
Nama ResepOnde Onde 1 Kg Tepung Ketan
KategoriKue tradisional
Waktu Persiapan3 jam
Waktu Penyajian60 menit
Jumlah PenyajianSekitar 100 biji (tergantung ukuran)

Bahan Kulit

  • 1 kg tepung ketan (2 bungkus)
  • 4 sendok makan tepung beras
  • ¼ kg gula pasir
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

Bahan Isi

  • 1 kg kacang hijau kupas
  • 1 bungkus vanili bubuk
  • ¼ kg gula pasir
  • Biji wijen secukupnya (untuk taburan)

Cara Membuat

  1. Pertama-tama, campur terlebih dahulu semua bahan kulit dan tambahkan air sedikit demi sedikit, agar adonan tidak terlalu cair.
  2. Kemudian, uleni adonan kulit hingga kalis dan sisihkan.
  3. Siapkan bahan isi dengan mengupas dan merendam kacang hijau selama kurang lebih 3 jam.
  4. Setelah itu, kukus kacang hijau hingga empuk dan campurkan dengan vanili bubuk serta gula pasir.
  5. Haluskan campuran bahan ini dan dinginkan sebelum membentuknya menjadi bulat-bulat kecil.
  6. Setelah membentuk adonan isi, ambil sedikit adonan kulit dan pipihkan dengan ukuran sesuai selera.
  7. Tambahkan adonan isi ke dalam adonan kulit, lalu tekuk bagian pinggir adonan yang dipipihkan, agar semua permukaan isi tertutup.
  8. Tekan bagian permukaannya agar tertutup semuanya, lalu bentuk menjadi bulat.
  9. Pastikan tidak ada adonan yang masih terbuka, meski hanya sedikit, agar onde onde tidak meletus saat digoreng.
  10. Gulingkan adonan onde ke taburan wijen, lalu tekan perlahan agar benar-benar menempel.
  11. Nyalakan api kecil dan masukkan adonan onde ke wajan, lalu goreng hingga matang.

Manfaat Biji Wijen pada Onde Onde

Manfaat Biji Wijen pada Onde Onde
Source Image: Youtube/Ceceromed Kitchen

Orang-orang mungkin mengira onde-onde hanya memiliki rasa yang lezat dan tekstur yang kenyal saja, tapi sebenarnya kue tradisional ini juga memiliki beberapa manfaat seperti:

Baca Juga: Resep Bolu 2 Telur Takaran Gelas

  • Menurunkan kolesterol dalam tubuh. Kandungan lignan dan fitosterol yang ada pada biji wijen onde-onde dipercaya dapat menurunkan tingkat kolesterol dalam diri seseorang.
  • Menurunkan tekanan darah. Biji wijen juga mengandung magnesium yang cukup tinggi, sehingga onde-onde bisa menurunkan tekanan darah dengan lancar.
  • Mengurangi risiko peradangan. Biji wijen bersifat antiinflamasi yang membuatnya dapat mengurangi risiko terjadinya kondisi kronis seperti obesitas, kanker, dan penyakit jantung.

Kesimpulan

Daripada membelinya terus di pasar setiap hari, lebih baik Bunda membuat onde-onde sendiri di rumah. Apalagi sekarang sudah ada resep onde onde 1 kg tepung ketan yang bisa diikuti dengan mudah, sehingga Bunda bisa lebih puas menikmati kue tradisional yang lezat ini.

Bagikan:

Damara

Berbagi Resep Masakan Untuk Para Bunda dari Resep Kue, Resep Sayuran, Resep Ayam, dan Masih Banyak Lagi Resep Masakan Menarik yang Patut Dimasak Dirumah

Tinggalkan komentar