Resep Bolu Tape Panggang Ny Liem yang Enak dan Mudah

Damara

Resep Bolu Tape Panggang Ny Liem
Resep Bolu Tape Panggang Ny Liem, Source Image: Youtube/dapurumi

Apabila Bunda ingin menikmati lembutnya kue bolu tape, maka mencoba resep Bolu Tape Panggang Ny Liem adalah pilihan yang tepat. Bolu tape panggang adalah jajanan menarik yang bisa disajikan sebagai kue untuk acara tertentu atau sebagai makanan sehari-hari.

Dengan bahan utama tape, maka sudah bisa dipastikan bahwa rasa yang paling dominan pada kue ini adalah rasa tape yang manis. Tape tersebut harus diolah menggunakan bahan dan teknik yang tepat sehingga ketika dipanggang maka bentuknya bisa sempurna.

Kue yang satu ini menjadi salah satu kue yang cukup populer beberapa waktu belakangan karena rasa dan bentuknya yang menggoda. Aromanya yang begitu khas juga menjadi alasan mengapa kue ini semakin dinikmati.

Agar bolu tape panggang yang Bunda buat tidak gagal, tentunya perlu acuan atau pun resep yang bisa diikuti dengan mudah. Tidak perlu khawatir, di bawah ini telah tersedia resep yang bisa Bunda perhatikan saat ingin membuat bolu tape panggang.

Resep Bolu Tape Panggang Ny Liem

Resep Bolu Tape Panggang Ny Liem Yang Enak

Bolu tape panggang merupakan kue tradisional yang cukup mudah ketika ingin dibuat secara mandiri di rumah. Mari perhatikan bahan yang harus disiapkan serta cara pembuatan bolu yang begitu lezat ini seperti berikut:

JenisKeterangan
Nama ResepResep Bolu Tape Panggang
KategoriKue Basah
Waktu Persiapan20 Menit
Waktu Penyajian70 Menit
Jumlah Penyajian1 Porsi

Bahan

  • Garam secukupnya
  • 4 butir telur
  • 200 gram tepung terigu
  • 250 gram tape singkong
  • 150 gram gula pasir
  • 100 ml santan kental
  • 100 ml minyak sayur
  • ½ sdt vanili bubuk
  • 1 sdt baking powder

Cara Membuat

  1. Langkah pertama yang bisa Bunda lakukan yaitu dengan cara mencabut sumbu dari tape singkong, lalu haluskan tape tersebut menggunakan garpu. Kukus tape singkong tersebut selama beberapa menit hingga bentuknya menjadi lebih empuk sehingga lebih mudah untuk dihancurkan.
  2. Selanjutnya, siapkan loyang lalu olesi menggunakan minyak dan sedikit tepung sehingga adonan bolu tidak akan lengket.
  3. Mix gula dan telur menggunakan kecepatan tinggi di dalam wadah yang terpisah hingga bentuknya berubah menjadi lebih mengembang dan terlihat putih pucat. Masukkan pula terigu dan tape ke dalam wadah, lalu mix menggunakan kecepatan rendah.
  4. Tuangkan santan kental, vanili bubuk, dan juga minyak sayur ke dalam adonan lalu aduk rata menggunakan mixer. Campurkan baking powder, garam, dan tepung terigu secara sekaligus, aduk rata agar tidak ada tepung yang menggumpal.
  5. Apabila seluruh bahan sudah tercampur rata, maka Bunda bisa menuang adonan ke dalam loyang yang sebelumnya sudah disiapkan. Adonan tersebut harus tertuang secara merata, dan Bunda bisa meratakannya menggunakan spatula.
  6. Panaskan oven terlebih dahulu selama 10 menit dengan suhu 175 derajat celsius. Masukkan loyang ke dalam oven, lalu panggang kue bolu tersebut selama kurang lebih 35 menit sampai adonan menjadi matang.
  7. Keluarkan bolu tape dari dalam oven, taruh loyang di atas meja. Diamkan loyang tersebut selama beberapa saat hingga menjadi agak dingin, lalu pindahkan bolu tape panggang ke dalam piring atau wadah yang tersedia.

Manfaat Bolu Tape Panggang

Selain lembut dan mengenyangkan perut, ternyata bolu tape panggang juga menyimpan manfaat tersembunyi yang cocok untuk menyehatkan tubuh. Hal tersebut karena adanya tape yang memang lebih lama terkenal sebagai makanan yang begitu bermanfaat, dan berikut adalah manfaatnya:

  • Bisa membantu mencegah terjadinya anemia karena ketika proses fermentasi, mikroorganisme dalam tape akan meningkatkan produksi vitamin B12 yang bisa memproduksi sel darah merah.
  • Dapat meningkatkan sistem neuron dan sistem otot manusia sehingga ketika selesai makan bolu ini, maka badan akan terasa lebih berenergi dan segar.

Kesimpulan

Demikian beberapa penjelasan mengenai resep Bolu Tape Panggang Ny Liem yang bisa Bunda ketahui dan dijadikan sebagai pedoman. Tape yang menjadi bahan utama dari kue ini memang begitu bermanfaat untuk tubuh, sehingga Bunda dapat menyajikan kue ini dengan aman.

Bagikan:

Damara

Berbagi Resep Masakan Untuk Para Bunda dari Resep Kue, Resep Sayuran, Resep Ayam, dan Masih Banyak Lagi Resep Masakan Menarik yang Patut Dimasak Dirumah

Tinggalkan komentar