Resep Kue Apem Kukus Tepung Terigu Tanpa Santan

Damara

Resep Kue Apem Kukus Tepung Terigu Tanpa Santan enak
Resep Kue Apem Kukus Tepung Terigu Tanpa Santan, Source image: YouTube/Ekaprtw

Resep kue apem kukus tepung terigu tanpa santan banyak dicari oleh banyak orang. Jika Bunda juga salah satu yang mencarinya, dalam artikel ini, kita akan memandu Bunda dalam membuat kue apem kukus yang lezat dengan tepung terigu tanpa santan.

Kue apem kukus adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang lezat. Makanan yang termasuk dalam camilan atau makanan ringan ini dapat disajikan dalam berbagai kesempatan, seperti perayaan tradisional, acara keluarga, atau sebagai camilan saat di rumah.

Akan tetapi, banyak resep kue apem yang menggunakan santan, di mana bahan makanan yang satu ini mengandung lemak yang terbilang cukup tinggi. Oleh karena itu juga, banyak yang mencari alternatif resep kue apem kukus yang lebih sehat, yang tidak menggunakan santan.

Resep kue apem tanpa santan tidak hanya lebih sehat, tetapi juga bisa dibilang lebih sederhana untuk dibuat. Dalam beberapa langkah mudah, Anda dapat membuat kue apem yang lezat dan rendah lemak.

Resep Kue Apem Kukus Tepung Terigu Tanpa Santan

Resep Kue Apem Kukus Tepung Terigu Tanpa Santan
Source image: Cookpad/Nila Ambarika

Kue apem kukus termasuk dalam kategori makanan penutup dan camilan. Dengan sedikit penyesuaian, Anda dapat menikmati kue apem yang lebih sehat tanpa menggunakan santan.

Alternatif yang lebih sehat ini akan disukai oleh banyak orang dan Bunda dapat berbagi kelezatannya dengan teman dan keluarga. Kue ini masih akan memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang lezat tanpa kelebihan lemak jenuh.

Waktu Persiapan, Waktu Penyajian, dan Jumlah Penyajian

Waktu persiapan yang dibutuhkan untuk meniapkan bahan-bahan kue apem kukus kurang lebih selama 15 menit saja. Namun, waktu penyajian atau pembuatannya memakan waktu yang terbilang cukup lama, yaitu kurang lebih selama satu jam 30 menit.

Jumlah penyajian dari resep ini bisa untuk kurang lebih 20 hingga 25 buah kue apem, tergantung besar wadah atau cetakan yang digunakan. Atau Bunda juga bisa membuatnya dalam wadah yang besar lalu memotongnya sesuai dengan selera.

Bahan-bahan Kue Apem Kukus Tanpa Santan

Berikut ini bahan-bahan yang Buda butuhkan dalam membuat kue apem kukus tanpa santan. Bunda bisa menambahkan atau mengurangi porsi bahannya, tergantung dengan jumlah porsi yang hendak dibuat.

  • 250 gram tepung beras
  • 70 gram tepung terigu
  • 200 gram gula pasir
  • 550 mililiter susu UHT
  • 1 sendok teh fermipan (ragi instan)
  • 1 sendok teh soda kue
  • Garam secukupnya
  • Pewarna makan secukupnya

Cara Membuat Kue Apem Kukus Tanpa Santan

Selanjutnya, kita akan membahas tentang proses membuat kue apem kukus sehat tanpa menggunakan santan. Bunda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Campur tepung beras, tepung terigu, gula, garam, dan soda kue dalam satu mangkuk besar atau baskom.
  2. Campur ragi instan atau fermipan dengan air hangat dan aduk agar tidak ada bubuk ragi yang menggumpal atau bergerindil. Diamkan selama beberapa menit hingga berbusa.
  3. Tuangkan larutan ragi dan susu UHT ke campuran tepung terigu dan aduk hingga rata. Pastikan adonan tidak ada yang menggumpal.
  4. Tambahkan pewarna makanan secukupnya, sesuai dengan warna yang Bunda inginkan. Aduk kembali hingga warna tercampur ke adonan dengan merata.
  5. Diamkan adonan selama kurang lebih satu jam hingga mengembang.
  6. Siapkan dan panaskan kukusan selama beberapa saat.
  7. Tuang adonan ke cetakan dan jangan sampai penuh. Dengan begitu, adonan bisa mengembang sempurna nanti.
  8. Kukus adonan selama kurang lebih 15-20 menit atau hingga kue apem matang dengan baik.
  9. Setelah kue apem matang, angkat cetakan dari kukusan perlahan dan hati-hati. Dinginkan beberapa saat sebelum mengeluarkan kue apem yang sudah matang dari cetakan.
  10. Kue apem siap untuk disajikan dan dinikmati.

Kesimpulan

Resep kue apem kukus tepung terigu tanpa santan ini bisa menjadi alternatif yang lebih sehat yang tidak mengorbankan rasa, yang bisa Bunda coba sendiri di rumah. Bunda dan keluarga atau teman dapat menikmati kue apem yang lezat tanpa kelebihan lemak jenuh.

Bagikan:

Damara

Berbagi Resep Masakan Untuk Para Bunda dari Resep Kue, Resep Sayuran, Resep Ayam, dan Masih Banyak Lagi Resep Masakan Menarik yang Patut Dimasak Dirumah

Tinggalkan komentar