Resep Kue Mangkok Kertas

Damara

Resep Kue Mangkok Kertas yang renyah
Resep Kue Mangkok Kertas, Source image: YouTube/Dapur Adis

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas resep kue mangkok kertas yang selalu populer, khususnya pada saat-saat tertentu, seperti saat lebaran. Camilan yang satu ini termasuk camilan yang tidak pernah lekang oleh waktu.

Kue mangkuk kertas, ada yang menyebutnya bolu kering, adalah camilan tradisional yang populer di Indonesia. Kertas yang dimaksud pada camilan ini digunakan sebagai wadah saat memanggang kue ini.

Kue mangkuk ini merupakan salah satu camilan tradisional Indonesia yang sudah dikenal sejak lama dan masih saja populer hingga saat ini. Meskipun banyak camilan modern telah muncul, kue ini tetap populer karena cita rasanya yang khas dan kelezatannya yang tidak bisa ditolak.

Nama “kue mangkuk kertas” mungkin menimbulkan tanya, tetapi kelezatan rasa manis dan gurih dalam kue ini tidak akan bisa ditolak. Kertas yang digunakan sebagai wadah ketika memanggang membantu memberikan tekstur renyah yang menjadi ciri khas kue ini.

Resep Kue Mangkok Kertas yang Mudah dan Lezat

Resep Kue Mangkok Kertas
Source image: Cookpad

Kue mangkuk kertas termasuk dalam kategori makanan ringan atau camilan dan juga makanan penutup (dessert), yang cocok dinikmati kapan saja. Camilan ini sering ditemukan di berbagai acara keluarga atau perayaan tertentu, seperti saat lebaran.

Mencoba membuat kue mangkuk kertas di rumah bisa menjadi salah satu cara yang bagus untuk menjaga tradisi kuliner dan merasakan kelezatan camilan klasik. Saat perayaan khusus tiba, seperti lebaran, Bunda juga bisa membuainya sendiri.

Selanjutnya, kita akan melangkah ke bagian bahan-bahan dan langkah untuk membuat kue mangkuk kertas yang lezat ini.

Waktu Persiapan, Waktu Penyajian, dan Jumlah Penyajian

Bunda membutuhkan waktu untuk menyiapkan resep ini sekitar kurang lebih 20 menit. Untuk waktu memasaknya sendiri, Bunda akan membutuhkan waktu kurang lebih selama 30-40 menit.

Pada resep kali ini, Bunda akan bisa menghasilkan kurang lebih sebanyak 180 cup kue mangkuk kertas. Bunda bisa menyesuaikan lagi bahan-bahannya dengan jumlah penyajian yang diinginkan.

Bahan-bahan Kue Mangkuk Kertas

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue mangkuk kertas tidak jauh berbeda dengan bahan yang digunakan untuk membuat kue kering lainnya. Berikut ini bahan-bahan yang akan Bunda butuhkan untuk membuat kue mangkuk.

  • 500 gram tepung terigu
  • 200 gram tepung maizena
  • 10 gram susu bubuk
  • 6 butir kuning telur
  • 4 butir putih telur
  • 300 dram gula pasir
  • 500 gram margarin atau mentega
  • Vanili secukupnya
  • Sprinkles secukupnya
  • Piping bag atau plastik segitiga
  • Cup kertas secukupnya

Cara Membuat Kue Mangkuk Kertas

Selanjutnya, berikut ini langkah-langkah yang bisa Bunda ikuti dalam membuat ke mangkuk kertas.

  1. Kocok putih telur menggunakan pengocok telur (bukan mixer) hingga padat atau mengembang. Hal ini bisa ditandai dengan putih telur yang berbusa, lalu sisihkan.
  2. Kocok kuning telur, gula, vanili, dan margarin hingga mengembang atau berwarna putih. Bunda bisa menggunakan mixer dengan kecepatan sedang untuk mengocok bahan-bahan ini.
  3. Kecilkan mixer dan masukkan putih telur yang telah dikocok tadi perlahan sambil terus dicampur selama beberapa saat.
  4. Matikan mixer dan masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit ke adonan sambil terus diaduk. Bunda bisa menggunakan spatula untuk mencampur adonan dengan tepung terigu.
  5. Masukkan seluruh tepung terigu. Sebagai catatan tambahan, pengadukan harus dilakukan secara perlahan dan benar-benar merata agar tidak ada adonan yang tidak rata, menggumpal, atau tepung terigu yang masih bergerindil.
  6. Masukkan adonan ke piping bag dan gunting ujungnya. Tekan piping bag berisi adonan ke dalam mangkuk kertas yang telah disiapkan sekitar setengah dari mangkuk saja agar kue bisa mengembang dengan sempurna saat dipanggang nanti.
  7. Taburi sprinkles di atas adonan kue mangkuk.
  8. Panggang di oven dengan suhu 160oC hingga adonan matang dan terlihat kuning kecokelatan.
  9. Ulangi proses hingga adonan habis.
  10. Kue mangkuk siap disajikan atau disimpan.

Kesimpulan

Dengan resep kue mangkok kertas yang satu ini, Bunda akan bisa membuat camilan tradisional Indonesia yang lezat dan menggugah selera. Bunda dan keluarga atau teman akan bisa menikmati gurihnya camilan ini dalam tekstur kue yang renyah.

Bagikan:

Damara

Berbagi Resep Masakan Untuk Para Bunda dari Resep Kue, Resep Sayuran, Resep Ayam, dan Masih Banyak Lagi Resep Masakan Menarik yang Patut Dimasak Dirumah

Tinggalkan komentar