Resep Lumpur Surga Tintin Rayner

Damara

Resep Lumpur Surga Tintin Rayner
Resep Lumpur Surga Tintin Rayner, Source Image: Youtube/Jerry Andrean

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengenal sebuah resep istimewa yang tak kalah uniknya, yakni resep Lumpur Surga Tintin Rayner. Tintin Rayner dikenal mahir dalam menciptakan hidangan lezat yang memikat selera.

Nama kue Lumpur Surga membangkitkan rasa penasaran bagi para penggemar kuliner, mendorong mereka untuk menggali tahu tampilan dan merasakan kenikmatannya. Sesuai dengan namanya, Lumpur Surga ini memiliki tekstur yang lembut, menyerupai kelembutan lumpur itu sendiri.

Lumpur surga memiliki dua bagian, yaitu lapisan berwarna hijau dan putih. Kue ini dibuat dengan mencampurkan tepung beras, gula, dan santan, menghasilkan kombinasi cita rasa yang manis dan gurih.

Kelembutan dan kelembutan teksturnya seringkali menjadikannya pilihan takjil ketika bulan Ramadhan tiba. Menurut banyak ahli sejarah, kue lumpur diperkenalkan di Indonesia oleh orang Portugis selama masa penjajahan.

Resep Lumpur Surga Tintin Rayner

Resep Lumpur Surga Tintin Rayner Yang Enak

Kue lumpur mengambil inspirasi dari kue khas Portugis yang dikenal sebagai pasteis de nata. Pada asalnya, kue tersebut terdiri dari custard yang merupakan gabungan antara susu dan kuning telur.

Ketika kue tersebut diperkenalkan di Indonesia, tentu saja adonannya diadaptasi dengan menggunakan bahan yang lebih mudah ditemukan di sini. Beberapa varian menggunakan tepung kentang, sementara yang lain mengandalkan tepung terigu.

JenisKeterangan
Nama ResepKue Lumpur Surga
KategoriCamilan
Waktu Persiapan20 menit
Waktu Penyajian30 menit
Jumlah Penyajian1 porsi

Lapisan Hijau

  • 3 telur
  • 10 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 250 ml santan
  • ½ sendok teh pasta pandan

Lapisan Putih

  • 400 ml santan
  • 1 sendok makan tepung beras
  • 1 sendok makan maizena
  • 2 sendok makan gula pasir
  • ¼ sendok teh garam halus

Cara Membuat Lapisan Hijau

  1. Kocok telur dan gula, lalu tambahkan santan dan pasta pandan. Campurkan semua bahan sampai gula larut sepenuhnya.
  2. Masukkan tepung terigu, lalu aduk sampai rata. Setelah selesai, saring adonan agar tidak menggumpal.
  3. Pindahkan adonan ke dalam wadah aluminium foil atau mangkuk tahan panas. Isi wadah hingga 3/4 penuh, lalu kukus selama 15-20 menit dengan menggunakan kukusan yang sebelumnya telah dipanaskan.

Cara Membuat Lapisan Putih

  1. Campur santan, tepung, maizena, gula pasir, dan garam. Aduk adonan hingga gula menjadi larut.
  2. Rebus adonan dengan api kecil sambil terus diaduk hingga mendidih.
  3. Tuangkan adonan putih ke atas lapisan hijau, lalu kukus lagi selama 10 menit.
  4. Kue Lumpur Surga siap disajikan. Biarkan dingin sebelum dinikmati.

Manfaat Mengonsumsi Kue Lumpur Surga

Kue Lumpur Surga, sebuah kreasi kuliner yang memikat selera dengan lapisan hijau dan putih yang lembut, tidak hanya menyuguhkan kenikmatan rasa, tetapi juga membawa beragam manfaat bagi kesehatan. Mari kita telusuri beberapa manfaat positif yang dapat diperoleh dari mengonsumsi kue ini.

1. Sumber Energi yang Baik

Kue Lumpur Surga mengandung karbohidrat dari tepung beras dan terigu, yang merupakan sumber energi yang baik untuk tubuh. Karbohidrat menjadi bahan bakar utama bagi otak dan otot, memberikan kekuatan dan stamina untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

2. Kaya Nutrisi dari Santan

Santan yang digunakan dalam adonan kue memberikan nutrisi penting seperti lemak sehat, vitamin, dan mineral. Lemak yang terkandung dalam santan dapat membantu penyerapan vitamin A, D, E, dan K, yang penting untuk kesehatan tulang dan kulit.

3. Antioksidan dari Pasta Pandan

Pasta pandan yang memberikan warna hijau pada kue Lumpur Surga mengandung senyawa antioksidan, termasuk flavonoid, karotenoid, dan tanin. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, melindungi sel-sel dari kerusakan, dan mendukung kesehatan jantung.

4. Sumber Serat dari Tepung

Tepung beras dan terigu dalam kue ini menyediakan serat yang penting untuk pencernaan yang sehat. Serat membantu mengatur kadar gula darah, menjaga berat badan, dan mempromosikan kesehatan usus.

5. Kue Rendah Kolesterol

Meskipun memiliki rasa yang lezat, kue Lumpur Surga cenderung rendah kolesterol. Ini membuatnya menjadi pilihan camilan yang baik bagi mereka yang memperhatikan asupan kolesterol dalam diet mereka.

Kesimpulan

Contoh makanan lezat dan sehat seperti resep Lumpur Surga Tintin Rayner di atas adalah bukti bahwa makanan sehat juga dapat memiliki cita rasa yang nikmat. Penting untuk selalu mengonsumsi camilan ini dengan porsi yang tepat agar tetap menjaga keseimbangan dalam pola makan.

Bagikan:

Damara

Berbagi Resep Masakan Untuk Para Bunda dari Resep Kue, Resep Sayuran, Resep Ayam, dan Masih Banyak Lagi Resep Masakan Menarik yang Patut Dimasak Dirumah

Tinggalkan komentar