Resep Rainbow Cake Kukus Ny Liem 6 Telur

Resep Rainbow Cake Kukus Ny Liem 6 Telur
Resep Rainbow Cake Kukus Ny Liem 6 Telur, Source Image: Youtube/Indah Ratnasari

Bagi bunda yang ingin membuat roti kukus, tidak ada salahnya untuk mencoba resep rainbow cake kukus Ny Liem 6 telur. Sebab, resep kue ini tidak terlalu untuk diikuti dan bahan-bahan yang digunakan juga tidak sulit untuk di cari.

Untuk masalah rasa tidak perlu diragukan lagi, sebab kue ini sangat lezat dan bisa memanjakan lidah. Bentuknya yang sangat unik dan indah juga menjadi daya tarik tersendiri dari kue pelangi yang membuatnya disukai banyak orang.

Karena itu, tidak mengherankan jika kue ini sering disajikan ketika ada acara penting seperti misalnya tasyakuran atau arisan. Kue pelangi ini juga sangat cocok untuk disajikan dengan minuman apa saja.

Karena itu, bagi bunda yang ingin membuat kue kukus, tidak ada salahnya mempertimbangkan untuk membuat rainbow cake. Nah, jika bunda tertarik untuk membuat kue pelangi ini, silakan simak informasi lengkapnya pada artikel di bawah ini!

Resep Rainbow Cake Kukus Ny Liem 6 Telur

Resep Rainbow Cake Kukus Ny Liem 6 Telur Yang Enak
JenisKeterangan
Nama ResepResep Rainbow Cake
KategoriKue Basah
Waktu Persiapan20 Menit
Waktu Penyajian60 Menit
Jumlah Penyajian1 Porsi

Bahan

  • 6 butir telur
  • 1 sendok makan sp
  • 225 gram tepung terigu
  • 250 gram gula pasir
  • 2 sachet susu bubuk
  • 2 sachet SKM
  • 1 bungkus santan kara
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk
  • 1/4 sendok teh garam
  • 6 pewarna
  • 250 mililiter minyak goreng

Cara Membuat

  1. Pertama silakan campurkan terigu, susu bubuk, dan juga baking powder. Kemudian ayak bahan tersebut hingga menyisakan bagian yang halus saja.
  2. Kemudian bunda panaskan kukusan yang akan digunakan untuk membuat kue pelangi dengan api kecil. Jangan lupa pada bagian atas kukusan tutup menggunakan serbet agar bagian kukusan cepat panas.
  3. Kemudian campurkan bubuk vanili, garam, gula, dan telur hingga merata menggunakan mixer. Masukkan SP, dan terigu sedikit demi sedikit agar adonan bisa tercampur merata dan mengembang.
  4. Jika sudah masukan santan sambil tetap diaduk menggunakan mixer. Jika bunda menggunakan santan bubuk, pastikan untuk  menyeduhnya terlebih dahulu sebelum menuangkannya ke dalam adonan.
  5. Kemudian tambahkan sedikit minyak kedalam adonan yang di buat. Setelah adonan tercampur dengan merata, bagi adonan tersebut ke 6 wadah yang berbeda.
  6. Berikan pewarna makanan pada setiap adonan kue, lalu aduk adonan tersebut agar warna tercampur merata. Gunakan pewarna secukupnya, karena jika terlalu banyak bisa mempengaruhi rasa dari kue tersebut.
  7. Selanjutnya, ambil loyang dan lapisi loyang tersebut dengan kertas khusus untuk membuat roti. Oleskan juga minyak agar adonan tidak lengket pada kertas roti dan loyang.
  8. Kukus adonan dengan satu warna terlebih dahulu hingga adonan sedikit padat kurang lebih selama 6 hingga 7 menit. Kemudian ulangi proses tersebut terhadap warna lainnya sampai semua warna dikukus.
  9. Jika sudah matang bunda bisa melapisi kue dengan whipped cream serta menghiasnya sebelum disajikan. Namun jika tidak ingin menghias kue tersebut bunda bisa memotong kue menjadi beberapa bagian sebelum disajikan.

Tips Membuat Rainbow Cake

Agar rainbow cake yang dibuat bisa berhasil, ada beberapa tips yang bisa bunda terapkan ketika membuat kue ini. Nah, adapun tips yang bisa bunda lakukan ketika membuat rainbow cake adalah sebagai berikut:

  1. Jangan terlalu sering membuka kukusan agar air yang menempel pada tutup tidak menetes ke atas kue. Meskipun hal ini terkesan sepele, air yang menetes pada kue bisa mengubah tampilan dan juga rasa dari kue.
  2. Gunakan air yang cukup untuk mengukus kue agar air tidak habis di tengah proses mengukus. Hal ini sangat berbahaya jika sampai terjadi karena bisa berpotensi membuat ledakan pada kukusan.
  3. Kukus kue dalam durasi yang tepat untuk menghindari kue kurang matang atau tekstur menjadi berubah karena terlalu lama dikukus.

Kesimpulan

Jadi itulah tadi informasi singkat mengenai resep rainbow cake kukus Ny Liem 6 telur yang perlu bunda ketahui. Semoga informasi singkat yang kami sampaikan di atas dapat berguna utamanya bagi bunda yang ingin membuat rainbow cake.

Bagikan:

Damara

Berbagi Resep Masakan Untuk Para Bunda dari Resep Kue, Resep Sayuran, Resep Ayam, dan Masih Banyak Lagi Resep Masakan Menarik yang Patut Dimasak Dirumah

Tinggalkan komentar