Harga Cabai Merah di Pasar Induk Kramat Jati Hari Ini 2024

Damara

Harga Cabai Merah di Pasar Induk Kramat Jati Hari Ini
Harga Cabai Merah di Pasar Induk Kramat Jati Hari Ini, Source Image: Dapurawit.com

Perubahan nilai harga cabai merah di Pasar Induk Kramat Jati hari ini harus selalu di-update, karena harga cabai tidak sekali dua kali sering naik. Bahkan, beberapa bulan yang lalu pun harga cabai di beberapa daerah Indonesia naik cukup drastis hingga sebesar Rp75.000,- per kilonya.

Namun, harga cabai merah besar jauh lebih tinggi dibanding cabai rawit, meski fungsi dari kedua jenis cabai ini tergolong sama, yaitu untuk menambahkan rasa pedas dalam sebuah hidangan. Tidak hanya itu, cabai merah juga bisa mengubah warna sebuah hidangan menjadi merah secara alami.

Harga Cabai Merah di Pasar Induk Kramat Jati Hari Ini

Harga Cabai Merah di Pasar Induk Kramat Jati Hari Ini Terbaru

Dengan semakin banyaknya orang yang suka membeli bumbu cabai di pasar induk yang ada di Jl. Raya Bogor, Kp. Tengah, Kramat Jati, Jakarta Timur ini, maka informasi terkait harganya akan semakin sering dicari oleh banyak warga Jakarta.

Bukan hanya warga Jakarta saja yang sering kemari, tapi pedagang sayur dari luar kota pun juga banyak yang beli di sini.

Jika biasanya saat tahun baru harga cabai merah naik secara drastis, hal ini berbeda pada tahun baru sekarang yang justru mengalami penurunan.

Harga cabai merah Pasar Induk Kramat Jati adalah sebesar Rp73.000,- untuk per kilonya yang berukuran besar, dan Rp32.000,- untuk per kilonya yang berjenis cabai rawit.

Bukan hanya dari segi harganya saja, tapi kedua cabai merah dan rawit juga memiliki beberapa perbedaan lain yang harus diketahui oleh semua orang yang gemar memasak. Pada artikel ini, kami juga akan membagikan informasi terkait perbedaannya tersebut.

Harga sayuran di Pasar Induk Kramat Jati lainnya:

Harga Bawang Merah Pasar Induk Kramat JatiHarga Sayuran di Pasar Induk Kramat Jati

Perbedaan Cabai Merah dan Rawit Merah

Perbedaan Cabai Merah dan Rawit Merah

Untuk lebih mudahnya, orang-orang lebih suka membedakannya dengan melihat harganya. Namun, sebenarnya perbedaan di antara cabai merah serta rawit merah ini bisa dilihat dari segi lainnya, yaitu:

1. Ukuran dan Bentuk dari Keduanya

Pasti Bunda sudah tahu bahwa cabai rawit ukurannya cukup kecil namun rasa pedasnya sangat menyengat. Hal ini yang akhirnya membuatnya berbeda dengan cabai merah besar yang ukurannya tentu besar dengan kepedasan yang tidak terlalu kuat.

Selain itu, bentuk cabai merah cenderung lebih tebal serta gemuk, sedangkan cabai rawit warna merah bentuknya lebih ramping dan mungil. Meski begitu, cabai rawit lebih sering diolah sebagai bumbu pelengkap untuk menambahkan rasa pedas yang intens, karena kembali lagi pada penjelasan di atas yang kepedasannya sangatlah kuat.

2. Pengolahan Cabai Merah dan Rawit Merah

Sebelumnya kami mengatakan bahwa rawit merah lebih sering diolah sebagai bumbu pelengkap untuk menambahkan rasa pedas intens pada suatu hidangan. Lalu, cabai merah lebih sering diolah menjadi bumbu pelengkap apa?

Orang-orang sering mengolah cabai merah besar menjadi bumbu pelengkap dari sebuah hidangan yang membutuhkan warna merah alami. Nantinya, cabai merah tersebut bisa dihaluskan terlebih dahulu, agar hidangan yang dimasak bisa berubah warna menjadi merah secara alami.

3. Tingkat Pedas Cabai yang Dihasilkan

Bunda mungkin sudah bisa menilai bahwa tingkat kepedasan dari kedua jenis cabai ini sangatlah berbeda. Namun, jika kami jelaskan secara lebih rinci, maka tingkat kepedasan dari rawit merah akan jauh lebih tinggi dibanding tingkat kepedasan cabai merah yang ukurannya besar.

Jadi, meskipun ukurannya jauh lebih besar, tapi rasa pedas cabai merah biasa tidak begitu kuat dan sifatnya lebih moderat. Namun, ada juga beberapa petani lokal yang berhasil menanam dan memanen cabai merah besar dengan rasa pedas yang terasa seperti rawit merah.

Manfaat Cabai Merah Besar

Manfaat Cabai Merah Besar

Jika dirasakan dari kepedasannya yang cukup besar, mungkin Bunda tidak akan menyangka bahwa manfaat cabai ini sangatlah banyak dan sebagian di antaranya baik untuk kesehatan. Apabila Bunda ingin tahu beberapa manfaatnya, simak informasinya berikut ini:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh dengan sangat ampuh. Sebab, salah satu kandungan cabai merah adalah vitamin C dengan jumlah yang cukup tinggi.
  • Menurunkan berat badan cocok untuk Bunda yang sedang diet. Kandungan capsaicin yang ada di dalam sayuran ini dipercaya mampu mengurangi nafsu makan, sehingga orang diet bisa memakannya tanpa harus mengkhawatirkan berat badannya.
  • Melawan radikal bebas untuk membuat tubuh lebih sehat. Kandungan antioksidan dari capsaicin serta vitamin C yang ada dalam cabai ini juga dipercaya mampu melawan radikal bebas yang bisa membahayakan tubuh jika terus diabaikan.

Kesimpulan

Dengan melihat penjelasan yang ada di atas, dapat dipastikan bahwa bukan hanya harga cabai merah di Pasar Induk Kramat Jati hari ini saja yang harus diketahui, tapi manfaatnya yang bervariasi pun juga patut untuk diketahui. Jadi, Bunda bisa tahu bahwa dibalik rasanya yang pedas, cabai juga memiliki banyak manfaat.

Bagikan:

Damara

Berbagi Resep Masakan Untuk Para Bunda dari Resep Kue, Resep Sayuran, Resep Ayam, dan Masih Banyak Lagi Resep Masakan Menarik yang Patut Dimasak Dirumah

Tinggalkan komentar