Resep Kue Talam Ubi NCC

Damara

Resep Kue Talam Ubi NCC yang lezat
Resep Kue Talam Ubi NCC, Source image: YouTube/Mama Adeeva

Resep Kue Talam Ubi NCC merupakan salah satu resep yang banyak dicari dan banyak di-recook oleh para Bunda di Indonesia. Apakah Bunda penasaran apa resep dari Kue Talam Ubi NCC ini?

Kue Talam merupakan salah satu camilan tradisional yang bisa Bunda temukan di berbagai daerah di negara Indonesia. Kue ini masuk ke dalam jenis kue yang memiliki cita rasa yang gurih dan manis yang dihasilkan dari bahan santan. 

Kue Talam memiliki banyak sekali jenisnya mulai dari kue talam tape, kue talam lapis ketan, kue talam ubi, kue talam pisang, kue talam pandan, kue talam durian, hingga kue talam bulan. Walaupun jenis kue ini tersebar secara luas di seluruh Indonesia, Kue Talam menjadi kue asli dan khas dari daerah Betawi. 

Jadi, resep kue talam ini bisa disesuaikan dengan bahan dasar yang akan digunakan. Namun, khusus artikel ini akan membahas mengenai resep dari Kue Talam Ubi NCC.

Resep Kue Talam Ubi NCC

Resep Kue Talam Ubi NCC
Source Image: Youtube/Hobi Masak

Kali ini, bunda akan disajikan resep dari Kue Talam Ubi NCC yang bisa Bunda buat dengan jumlah penyajian sebanyak 20 buah. Nah, untuk penyajian lebih banyak, Bunda bisa melipatkan takaran bahan dari resep di bawah ini:

JenisKeterangan
Nama ResepResep Kue Talam Ubi NCC
KategoriKue Basah
Waktu Persiapan20 menit
Waktu Penyajian70 menit
Jumlah Penyajian20 buah

Bahan-Bahan

Seperti yang Bunda Dapurawit ketahui, resep Ubi Kue Talam ini memiliki 2 jenis lapisan yaitu lapisan kuning dan lapisan putih. Untuk lapisan kuning, siapkanlah bahan-bahan di bawah ini:

  • 200 gram ubi kuning yang sudah dikukus sebelumnya
  • 90 gram gula pasir
  • 75 gram tepung tapioka
  • 200 gram santan cair
  • 35 gram tepung beras
  • ¼ sendok teh garam

Setelah menyiapkan bahan untuk lapisan warna kuning, Bunda juga harus menyiapkan bahan untuk lapisan putihnya. Berikut ini bahan-bahan yang perlu Bunda siapkan:

  • 175 gram santan kental
  • 30 gram tepung beras
  • 15 gram tepung tapioka
  • ½ sendok teh garam

Cara Membuat Kue Talam Ubi 

  1. Langkah pertama adalah kupas terlebih dahulu ubi jalar yang sudah dikukus sebelumnya. Jangan lupa haluskan selagi masih panas agar lebih mudah.
  2. Setelah itu buatlah adonan putih dengan mencampurkan 30 gram tepung beras, 15 gram tepung tapioka dan ½ sendok teh garam. Aduklah semua bahan ini secara merata hingga mendidih dan menyatu.
  3. Kemudian tuangkanlah 175 gram santan kental sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan merata. Setelah adonan merata, Bunda bisa menyisihkan untuk digunakan menjadi lapisan yang pertama. 
  4. Siapkan panci untuk mengukus dan panaskan terlebih dahulu. Sambil menunggu panas, Bunda bisa mencetak adonan di cetakan dan mengolesinya dengan sedikit minyak terlebih dahulu agar tidak lengket.
  5. Masukkan adonan putih tersebut hingga penuh ¾ di dalam cetakan dan kukuslah selama 20 menit. Selama mengukus jangan lupa lapisi penutup panci dengan serbet agar air rebusan tidak menetes di dalamnya.
  6. Setelah itu buatlah adonan kuningnya dengan mencampurkan ubi yang sudah dihaluskan dengan 90 gram gula pasir, 75 gram tepung tapioka, 200 gram santan cair, 35 gram tepung beras dan ¼ sendok teh garam. Aduk hingga merata dan jangan biarkan ada gumpalan di adonannya. 
  7. Jika sudah, maka tuangkan adonan kuning di atas lapisan putih pada cetakan. Kukus lagi selama 5 menit.
  8. Jika sudah matang, maka angkatlah adonan dari kukusan dan tiriskan. Jangan lupa diamkan terlebih dahulu hingga dingin dan set.
  9. Terakhir, kue talam sudah siap disajikan dan disantap!

Sebenarnya ubi kuning ini bisa Bunda ganti dengan ubi ungu atau yang lainnya seperti waluh. Jadi, Bunda bisa mengkreasikannya sesuai dengan selera dan kebutuhan bunda sekalian.

Kesimpulan

Resep Kue Talam Ubi NCC ini wajib Bunda coba untuk recook di rumah karena bisa menjadi salah satu cemilan yang lezat untuk disantap bersama dengan keluarga atau di acara-acara resmi. Semoga artikel ini bisa membantu para bunda untuk menjadi salah satu referensi dalam membuat camilan enak dan sehat berbahan dasar ubi kuning.

Bagikan:

Damara

Berbagi Resep Masakan Untuk Para Bunda dari Resep Kue, Resep Sayuran, Resep Ayam, dan Masih Banyak Lagi Resep Masakan Menarik yang Patut Dimasak Dirumah

Tinggalkan komentar