Resep Bongko Pisang

Damara

Resep Bongko Pisang
Source Image: Youtube/Devina Hermawan

Resep Bongko Pisang – Termasuk dalam salah satu jajanan tradisional populer di Indonesia, resep bongko pisang belakangan ini banyak diburu oleh masyarakat. Bahkan jika Bunda di rumah mungkin sedang mencari resep pembuatan bongko pisang yang mudah, maka bisa menyimak ulasan selengkapnya pada artikel berikut ini.

Sebelum lanjut ke pembahasan mengenai bahan dan langkah-langkah pembuatan bongko pisang, ada baiknya Bunda untuk mengetahui sekilas tentang jajanan tradisional satu ini. Dimana disini dikatakan, bahwa bongko pisang merupakan salah satu kudapan yang sering kali dijadikan sebagai jamuan dalam acara hajatan.

Pembuatan bongko pisang sendiri, umumnya menggunakan beberapa bahan utama seperti tepung beras, tepung kanji, santan dan pisang raja, yang kemudian dibungkus menggunakan daun pisang. Memiliki cita rasa yang manis dan gurih, menjadikan bongko pisang ini sering dikatakan mirip dengan jajanan tradisional nagasari.

Akan tetapi yang membedakannya kedua jajanan tradisional tersebut yakni dari tekstur yang dimilikinya, dimana untuk tekstur bongko pisang terasa lebih lembut dibandingkan dengan nagasari. Untuk Bunda di rumah yang sudah tidak sabar ingin membuat bongko pisang di rumah, maka perlu melihat resep pembuatan bongko pisang berikut ini.

Resep Bongko Pisang

Resep Bongko Pisang Lembut dan Enak
Source Image: Telusurkultur.com

Dengan memanfaatkan bahan-bahan yang terbilang sederhana dan gampang ditemukan, Bunda bisa dengan mudah membuat bongko pisang sendiri di rumah. Adapun untuk bahan-bahan dan langkah-langkah dalam pembuatannya, bisa Bunda lihat pada penjelasan di bawah ini. 

JenisKeterangan
Nama ResepBongko Pisang
KategoriJajanan tradisional
Waktu Persiapan15 menit
Waktu Penyajian20 menit
Jumlah Penyajian6 porsi

Bahan-bahan

  • 1 buah pisang tanduk yang sudah tua, dikupas dan dibersihkan
  • 100 gram nangka yang dibuang bijinya, kemudian potong kecil-kecil
  • 125 gram tepung beras
  • 25 gram tepung kanji
  • 500 ml air santan kental
  • 100 gram gula pasir
  • 50 gram gula merah yang diiris secara halus
  • ½ sendok teh vanili
  • ½ sendok teh garam
  • Daun pisang secukupnya
  • Daun pandan secukupnya

Cara Membuat

  1. Cara membuat bongko pisang yang pertama, yakni belah pisang menjadi dua bagian dan iris kecil-kecil, lalu sisihkan di wadah.
  2. Selanjutnya, campurkan tepung beras dan tepung kanji dengan ditambahkan 100 ml larutan santan di dalamnya.
  3. Sementara itu, sisa air santan bisa Bunda didihkan di atas api sedang, kemudian masukkan gula merah dan gula pasir, lalu aduk hingga tercampur merata.
  4. Jika sudah, Bunda masukkan larutan tepung sembari diaduk-aduk hingga tepung benar-benar matang (terasa lebih kalis dan licin).
  5. Setelah itu, tambahkan vanili, irisan pisang dan angka, lalu aduk hingga semuanya tercampur merata dan matikan apinya.
  6. Langkah berikutnya, Bunda ambil selembar daun pisang dan alasi dengan sepotong daun pandan. Lalu, letakkan dua sendok adonan bongko pisang dan bungkus menyerupai bentuk gado-gado.
  7. Lakukan hal tersebut hingga semua adonan bongko pisang habis.
  8. Kemudian, Bunda bisa langsung mengukus bongko pisang hingga benar-benar matang selama kurang lebih 30 menit.
  9. Angkat bongko pisang yang sudah matang, dan sajikan ke dalam piring yang sudah disediakan.

Fakta Menarik Sajian Bongko Pisang

Fakta Menarik Sajian Bongko Pisang
Source Image: Youtube/Lin’s Cakes

Meskipun bongko pisang sudah banyak dijual di pasaran, akan tetapi nyatanya masih ada sebagian orang yang mengaku penasaran mengenai salah satu jajanan tradisional satu ini. Terlebih lagi jika Bunda di rumah termasuk salah satunya, maka sebaiknya perlu mengetahui sejumlah fakta menarik seputar bongko pisang di bawah ini sebelum membuatnya di rumah.

Baca Juga: Resep Kue Lapet Khas Batak dan Sejarahnya

  1. Bongko pisang merupakan salah satu jajanan tradisional dan kudapan, yang mana sering dijadikan sebagai jamuan dalam acara hajatan.
  2. Meskipun bongko pisang dikenal sebagai salah satu makanan khas dari daerah Banjarmasin, akan tetapi kudapan ini sudah banyak ditemukan di daerah Jawa, khususnya di Kota dan Kabupaten Tegal.
  3. Bongko pisang terbuat dari bahan dasar tepung beras, tepung kanji, santan, gula merah dan berisi potongan pisang.
  4. Bongko pisang hampir mirip dengan nagasari, hanya saja bongko pisang memiliki tekstur yang jauh lebih lembut dan tidak sepadat nagasari.
  5. Bongko pisang sendiri, umumnya memiliki cita rasa yang manis, gurih dan lembut.

Kesimpulan

Setelah melihat resep bongko pisang di atas, tentunya Bunda di rumah merasa tertarik bukan untuk mencoba membuat jajanan tradisional satu ini? Terlebih lagi, bahan-bahan yang digunakan terbilang mudah ditemukan dengan proses pembuatannya yang cukup sederhana.  

Bagikan:

Damara

Berbagi Resep Masakan Untuk Para Bunda dari Resep Kue, Resep Sayuran, Resep Ayam, dan Masih Banyak Lagi Resep Masakan Menarik yang Patut Dimasak Dirumah

Tinggalkan komentar