Resep Stik Keju Kraft

Halimah Nurul

Resep Stik Keju Kraft
Resep Stik Keju Kraft, Source Image: Freepik/KamranAydinov

Resep Stik Keju Kraft – Banyak sekali orang terutama Bunda yang mencari informasi mengenai resep stik keju kraft. Hal ini wajar saja karena camilan satu ini selain lezat juga sangat mudah dibuat bahkan bagi orang yang belum terlalu pandai memasak.

Karena itu tidak mengherankan jika camilan lezat satu ini menjadi favorit banyak orang dari segala usia. Sehingga stik keju ini seringkali menjadi camilan andalan yang disajikan ketika ada tamu yang sedang berkunjung ke rumah.

Stik keju ini juga cocok dinikmati ketika sedang berkumpul dan bersantai bersama keluarga atau sahabat. Tidak hanya itu, stik keju ini juga cocok sebagai teman ketika sedang begadang untuk mengerjakan tugas.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat stik keju juga tidak terlalu banyak dan mudah untuk dijumpai. Karena itu tidak ada salahnya Bunda mempertimbangkan untuk membuat stik keju sendiri di rumah.

Resep Stik Keju Kraft

Resep Stik Keju Kraft Enak dan Gurih
Source Image: Freepik/KamranAydinov

Seperti yang telah disampaikan di atas, untuk membuat stik keju tidaklah sulit jika Bunda sudah tahu bahan dan caranya. Nah, bagi Bunda yang ingin mengetahui bahan dan cara membuat stik keju silakan simak informasinya di bawah ini:

JenisKeterangan
Nama ResepStik Keju Kraft
KategoriCamilan
Waktu Persiapan20 Menit
Waktu Penyajian60 Menit
Jumlah Penyajian6 Porsi

Bahan-bahan

  • Tepung sagu 100 gram
  • Tepung terigu 150 gram
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Kaldu bubuk 1/2 sendok teh
  • Telur 2 butir
  • Margarin 15 gram
  • Keju kraft 125 gram
  • Air 15 ml

Cara Membuat

  1. Pertama masukkan tepung sagu, tepung terigu, kaldu bubuk, garam, dan keju ke dalam wadah. Kemudian masukkan telur dan kembali aduk adonan tersebut hingga merata.
  2. Jika adonan sudah diaduk hingga merata, silakan Bunda tambahkan margarin dan uleni adonan tersebut hingga kalis. Saat menguleni adonan, pastikan tangan bersih dan akan lebih baik jika Bunda menggunakan sarung tangan.
  3. Tambahkan air secukupnya agar adonan tidak terlalu kering dan sulit dibentuk. Saat memasukkan air lakukan sedikit demi sedikit agar air yang dimasukkan tidak terlalu banyak dan membuat adonan menjadi terlalu encer.
  4. Jika adonan sudah kalis, gilas adonan tersebut agar berbentuk pipih sambil di taburi sedikit tepung sagu agar adonan tidak menempel di alat gilas. Lalu potong-potong adonan tersebut menjadi ukuran yang lebih kecil.
  5. Panaskan minyak untuk digunakan menggoreng stik keju. Jika minyak sudah panas Bunda bisa mulai menggoreng stik tersebut.
  6. Setelah stik terlihat kecokelatan silakan angkat stik dan kemudian tiriskan agar minyak tidak mengendap di dalam stik dan membuat tekstur stik menjadi lembek.
  7. Jika sudah dingin stik keju sudah bisa disajikan.

Tips Membuat Stik Keju

Tips Membuat Stik Keju
Source Image: Freepik/Azerbaijan_Stockers

Ketika akan membuat stik keju, setidaknya ada beberapa tips yang Bunda harus ketahui agar stik yang dibuat bisa berhasil sesuai dengan keinginan. Di samping itu, supaya kudapan jadi sesuai ekspektasi dan tidak gagal.

Selain memperhatikan takaran, Bunda juga harus memahami beberapa cara agar stik keju berhasil dengan sempurna. Nah, adapun tips yang perlu Bunda ketahui ketika membuat stik keju adalah sebagai berikut:

  1. Gunakan minyak yang cukup ketika menggoreng stik keju agar stik bisa matang secara sempurna dan merata. Karena jika minyak yang digunakan menggoreng terlalu sedikit bukan tidak mungkin kematangan stik tidak merata sebab ada bagian stik yang tidak terendam minyak.
  2. Saat menggoreng stik, jangan menggunakan api yang besar namun gunakan api dengan ukuran sedang. Karena menggunakan api dengan ukuran besar untuk menggoreng stik keju dapat membuat stik keju menjadi gosong.
  3. Untuk bisa mendapatkan ketebalan dan ukuran stik yang rapi Bunda bisa menggunakan alat pembuat stik dan mie yang dijual bebas di toko atau e-commerce.
  4. Taburkan tepung terigu ketika adonan lengket dan menempel ke alat giling dan alat pemotong.

Baca Juga: Resep Kroket Terigu yang Praktis Dibuat

Kesimpulan

Nah, itulah tadi informasi mengenai resep stik keju kraft yang bisa Bunda coba sendiri di rumah. Jadi setelah mengetahui resep stik keju di atas, apakah Bunda tertarik mencoba membuatnya sendiri di rumah? Semoga informasi singkat mengenai resep stik keju yang kami sampaikan tersebut bisa berguna dan menambah wawasan Bunda.

Bagikan:

Halimah Nurul

Alumni dari STMIK Amikom Yogyakarta, yang sekarang menjadi kontributor di website dapurawit.com.

Tinggalkan komentar