Resep Puding Tahu

Damara

Resep Puding Tahu
Resep Puding Tahu, Source Image: Youtube/Meri Anggraini

Resep Puding Tahu – Kali ini, kita akan membahas tentang resep puding tahu, mulai dari bahan sampai cara membuatnya. Puding sendiri dikenal sebagai hidangan penutup yang biasanya identik dengan cita rasa manis.

Akan tetapi, sama seperti berbagai makanan lainnya, hidangan yang satu ini juga bisa mengalami sentuhan inovatif dan dimodifikasi dengan gabungan bahan makanan lainnya, seperti tahu. Puding tahu tidak hanya menjadi kejutan bagi lidah, tetapi juga membuka lembaran baru dalam eksplorasi kuliner.

Tahu, yang umumnya dikenal sebagai bahan utama dalam hidangan gurih, kini juga mengalami metamorfosis menjadi komponen utama dalam hidangan manis. Puding Tahu menjadi contoh nyata bahwa tahu dapat menjadi bintang dalam varian rasa manis, menawarkan kelembutan yang menyatu dalam setiap gigitannya.

Puding tahu ini akan membawa lidah kita menjelajahi kombinasi rasa yang unik. Hidangan penutup ini mengundang lidah untuk merasakan kelezatan yang kontras tetapi selaras, dengan kelembutan tahu yang dipadukan dengan kelembutan puding.

Resep Puding Tahu

Resep Puding Tahu Enak
Source Image: Youtube/Meri Anggraini

Meskipun terdengar sebagai kreasi kuliner yang mewah, pembuatan puding tahu ternyata terbilang mudah. Bunda bahkan bisa membuat modifikasi puding dengan tahu ini sendiri di rumah.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hidangan ini termasuk dalam kategori makanan penutup (dessert). Puding tahu juga bisa dijadikan sebagai makanan ringan atau camilan, khususnya jika Bunda pecinta makanan manis.

Waktu Persiapan, Waktu Penyajian, dan Jumlah Penyajian

Banda membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit untuk menyiapkan alat dan bahan-bahan untuk membuat puding tahu. Sedangkan waktu mengolah atau memasaknya membutuhkan waktu selama 30 menit, tetapi membutuhkan waktu lebih untuk menunggu pudingnya dingin.

Untuk jumlah penyajiannya sendiri tergantung dengan cetakan yang Bunda gunakan. Untuk cetakan berukuran sedang, Bunda bisa membuatnya sekitar 12 buah puding.

Bunda juga bisa membuatnya pada cetakan besar lalu memotongnya menjadi beberapa bagian. Bunda bisa menyesuaikan jumlah penyajian ini tergantung dengan kebutuhan dan preferensi penyajian.

Bahan-bahan Puding Tahu

Untuk membuat puding tahu, berikut ini bahan-bahan yang Bunda butuhkan. Bunda bisa menyesuaikannya lagi dengan porsi yang akan dibuat atau cetakan yang ada.

  • 5 buah tahu sutra putih
  • 1 sachet bubuk agar-agar tanpa rasa (plain)
  • 1 sachet susu bubuk
  • 4 sendok makan gula pasir
  • 900 mililiter air
  • Vanili secukupnya
  • 3 lembar daun pandan secukupnya

Untuk topping atau pendampingnya, Bunda bisa menggunakan bahan-bahan berikut ini.

  • 1 buah kaleng
  • 1 blok atau keping gula merah
  • 300 mililiter air
  • 5 centimeter jahe

Cara Membuat Puding Tahu

Setelah mengetahui bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat puding tahu, berikut ini langkah-langkah membuat puding tahu yang bisa Bunda ikuti untuk membuatnya sendiri di rumah.

  1. Blender tahu, bubuk agar-agar, susu bubuk, vanili, dan 450 ml air sampai benar-benar halus.
  2. Tuang adonan ke panci, lalu tambahkan 450 ml air dan 2 lembar daun pandan.
  3. Masak adonan agar-agar dengan api sedang hingga mendidih sambil terus diaduk.
  4. Matikan api dan angkat panci. Tunggu uap panas hingga hilang.
  5. Tuang adonan ke cetakan yang Bunda gunakan, lalu diamkan hingga dingin.
  6. Bunda bisa menambahkan buah kaleng atau tidak sesuai selera saat adonan setengah dingin.
  7. Bunda bisa memasukkan cetakan ke dalam kulkas untuk membantu adonan puding dingin lebih cepat.
  8. Sementara untuk membuat kuah jahe, Bunda bisa mencampurkan 300 ml air, gula merah dan jahe yang sudah dipotong lebih kecil, serta 1 lembar daun pandan.
  9. Masa sampai gula larut dan mendidih sambil terus diaduk.
  10. Puding tahu siap disajikan dengan kuah jahe.

Kesimpulan

Puding tahu adalah contoh sempurna bagaimana kuliner dapat menghadirkan kejutan rasa yang unik. Dengan bahan-bahan sederhana dan langkah yang mudah diikuti, siapapun, bahkan Bunda, bisa mencoba membuat hidangan ini di rumah.

Selamat mencoba resep puding tahu ini, serta menikmati kelezatan dan kelembutan inovasi puding yang satu ini bersama orang-orang tercinta! Hidangan ini bukan hanya tentang rasa, tetapi juga tentang kreativitas dalam memadukan bahan yang begitu kontras.

Bagikan:

Damara

Berbagi Resep Masakan Untuk Para Bunda dari Resep Kue, Resep Sayuran, Resep Ayam, dan Masih Banyak Lagi Resep Masakan Menarik yang Patut Dimasak Dirumah

Tinggalkan komentar