Resep Kue Angka 8 Empuk

Damara

Resep Kue Angka 8 Empuk
Resep Kue Angka 8 Empuk, Source Image: Youtube/Novi Da Sari

Resep kue angka 8 empuk menjadi salah satu resep kue tradisional khas Medan. Kue ini berasal dari Padang Sidempuan, tepatnya dari kota Padang Sidempuan.

Sebenarnya, pembuatan kue angka 8 ini hampir sama dengan pembuatan kue gabus. Persamaannya terletak pada proses pembuatannya dimana digoreng dengan menggunakan minyak dingin.

Kue Angka 8 ini terbuat dari bahan dasar tepung ketan. Dalam proses pembuatannya, kue ini tergolong lama karena seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dalam proses pembuatannya harus menunggu minyak menjadi dingin terlebih dahulu.

Apabila minyak tidak dingin, maka kue tidak akan bisa mengembang dengan baik. Selain itu juga permukaan kue menjadi berbopeng-bopeng alias tidak mulus.

Resep Kue Angka 8 Empuk

Resep Kue Angka 8 Empuk Yang Enak
JenisKeterangan
Nama ResepResep Kue Angka 8
KategoriKue kering
Waktu Persiapan15 menit
Waktu Penyajian70 menit
Jumlah Penyajian1 resep

Bahan Pembuatan Kue

  • 300 gram tepung ketan
  • 6 butir telur ayam negeri / kampung
  • 1 sendok teh SP (sifatnya opsional)
  • 1 sendok teh garam
  • Minyak goreng guna menggoreng kue Angka 8

Bahan Untuk Besta

  • 200 gram gula pasir
  • ½ sendok teh air jeruk nipis atau cuka (untuk bahan ini Bunda bisa skip jika kurang menyukainya)
  • 100 mili liter air
  • ½ sendok makan minyak goreng.

Cara Membuat Kue Angka 8 Empuk

  1. Langkah pertama yang harus Bunda lakukan adalah mengocok 6 butir telur dan juga SP dengan menggunakan mixer. Jika bunda tidak memiliki mixer, Bunda juga bisa menggunakan pengocok manual.
  2. Mixer Lah atau kocoklah hingga adonan berubah warna menjadi putih dan juga bertekstur kaku. Tekstur kaku inilah yang menandakan bahwa adonan dalam wadah ini sudah siap dimasuki beberapa bahan yang lainnya.
  3. Langkah selanjutnya adalah masukkanlah garam dan juga tepung ketan dan aduk hingga merata serta tercampur semuanya.
  4. Apabila merasa sudah merata, maka langkah selanjutnya adalah uleni adonan hingga adonan tersebut bisa dibentuk dengan tangan. Jadi, tambahkanlah tepung ketan sedikit demi sedikit saja ya Bunda.
  5. Nah, jika dirasa adonan sudah tidak lengket di tangan, Bunda bisa langsung mencoba untuk membentuknya menjadi angka 8. Jaga lupa dalam proses pembuatan adonan angka 8 ini, Bunda harus menekan bagian ujungnya agar tidak terlepas pada saat adonan digoreng nantinya.
  6. Langkah selanjutnya adalah sediakan rantang atau wajan atau wadah yang Bunda isi dengan minyak dingin. Nah, minyak dingin inilah yang digunakan untuk merendam adonan setelah dibentuk menjadi angka 8.
  7. Ingat, jangan memasukkan adonan angka 8 terlalu banyak ke dalam minyak goreng dingin, karena nantinya adonan kue angka 8 ini akan mengembang sehingga membutuhkan space yang lebih untuk ruang berkembangnya.
  8. Alasan kenapa harus direndam kedalam minyak goreng dingin terlebih dahulu adalah agar adonan kue terlihat mulus dan berbentuk bagus. Nah, sambil membentuk adonan, Bunda harus menyiapkan minyak goreng lagi di wajan yang akan digunakan untuk menggoreng setelahnya
  9. Setelah itu hidupkan kompor dengan api yang kecil. Nah, gorenglah adonan angka 8 yang sebelumnya sudah direndam dengan minyak goreng dingin hingga menjadi mekar dan berwarna kuning kecoklatan.
  10. Apabila semua adonan sudah Bunda goreng hingga tuntas, langkah selanjutnya adalah membuat adonan untuk besta. Cara membuat adonan untuk besta adalah dengan cara memasukkan minyak kemudian gula pasir dan juga air.
  11. Aduklah adonan besta tersebut hingga tercampur secara merata dan memiliki tekstur kental berambut.
  12. Setelah itu masukkanlah kue dan jangan lupa aduk-aduk hingga merata. Matikanlah api dan lanjutkan proses mengaduk hingga semua adonan kue angka 8 dapat terselimuti dengan gula secara merata.
  13. Langkah terakhir, masukkan kue angka 8 ini ke dalam wadah. Nah, akhirnya kue angka 8 ini siap untuk disajikan.

Kesimpulan

Resep kue angka 8 empuk ini sangat mudah untuk dibuat bukan? Ayo tunggu apalagi Bunda cepatlah buat resep kue angka 8 yang pastinya empuk ini!.

Bagikan:

Damara

Berbagi Resep Masakan Untuk Para Bunda dari Resep Kue, Resep Sayuran, Resep Ayam, dan Masih Banyak Lagi Resep Masakan Menarik yang Patut Dimasak Dirumah

Tinggalkan komentar