Resep Donat Kentang Tintin Rayner

Ari Prasetyo

Resep Donat Kentang Tintin Rayner yang enak
Resep Donat Kentang Tintin Rayner, Source image: YouTube/FATMAH BAHALWAN

Resep donat kentang Tintin Rayner menjadi salah satu resep donat yang banyak digunakan dan dicari di internet. Pasalnya, donat kentang ala Tintin Rayner ini terkenal empuk dan legit sehingga banyak diterapkan di kalangan masyarakat Indonesia.

Bagi Bunda yang baru pertama kali mencoba membuat donat tidak perlu khawatir, resep donat kentang ini mudah diikuti kok. Bunda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan dan mengikuti langkah-langkah yang nantinya dijelaskan.

Jika sudah bisa membuat donat kentang sendiri, Bunda dan keluarga tidak perlu lagi jajan donat di luar. Cukup membuat sendiri dengan resep ala Tintin Rayner yang dijamin anti gagal.

Kali ini kita akan membahas resep donat kentang mulai dari bahan-bahannya, cara pembuatan hingga waktu penyajiannya. Simak sampai habis ya, Bunda!

Resep Donat Kentang Tintin Rayner

Resep Donat Kentang Tintin Rayner
Source image: Pexels/Cats Coming

Pertama-tama, Bunda bisa siapkan semua bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu untuk membuat donat kentang. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan.

JenisKeterangan
Nama ResepResep Donat Kentang
KategoriRoti, camilan
Waktu Persiapan15 menit
Waktu Penyajian2 jam
Jumlah Penyajian24 donat

Bahan Donat Kentang

  • 500 gr tepung terigu protein tinggi (merk opsional)
  • 50 gr susu bubuk
  • 11 gr ragi instan
  • 200 gr kentang
  • 100 gr gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 4 butir kuning telur
  • 120 ml air putih dingin
  • 75 gr mentega

Cara Pembuatan

  1. Langkah pertama adalah haluskan kentang, Bunda bisa mengukus kentang terlebih dahulu kemudian menumbuk dan menghaluskannya menggunakan alat bantu.
  2. Jika kentang sudah halus, biarkan hingga dingin sembari menyiapkan bahan adonan ke dalam wadah.
  3. Masukkan tepung terigu, gula pasir, ragi, dan susuk bubuk ke dalam wadah. Kemudian aduk hingga seluruh bahan tercampur rata.
  4. Setelah itu masukkan adonan kentang yang sudah dihaluskan tadi ke dalam wadah campuran bahan. Tambahkan air putih dingin dan telur ke dalam adonan, lalu mixer atau uleni hingga adonan menjadi kalis.
  5.  Jika adonan sudah mulai kalis, masukkan mentega dan garam, aduk kembali menggunakan mixer hingga tercampur rata dan adonan menjadi elastis.
  6. Diamkan adonan selama kurang lebih 15 menit hingga mengembang. Setelah itu potong adonan dan bagi menjadi takaran 40 gr hingga 50 gr sesuai selera.
  7. Setelah dipotong menjadi beberapa bagian, diamkan kembali selama kurang lebih 30 menit agar adonan lebih mengembang.
  8. Jika sudah, Bunda bisa mulai melubangi bagian tengah adonan denga alat bantu agar lebih mudah.
  9. Goreng adonan pada minyak panas dengan suhu sekitar 175 derajat celcius selama 1 sampai 3 menit hingga matang dan berubah warna menjadi kuning kecokelatan.
  10. Jika sudah berubah warna dan tercium aroma harum, angkat dan tiriskan donat agar tidak terlalu berminyak. Bunda pun bisa menyajikan donat kentang ala Tintin Rayner dengan topping opsional sesuai selera.

Waktu Persiapan dan Penyajian

waktu masak Donat Kentang Tintin Rayner
Source image: YouTube/FATMAH BAHALWAN

Untuk waktu persiapan bahan sendiri hanya memerlukan waktu kurang lebih 15 menit saja. Sedangkan untuk proses pembuatan adonan hingga penggorengan sampai matang, membutuhkan durasi sekitar 2 jam.

Jumlah Penyajian

jumlah penyajian Donat Kentang Tintin Rayner
Source image: YouTube/FATMAH BAHALWAN

Untuk penyajian donat kentang ini sendiri bisa berbeda-beda tergantung dengan takaran adonan donat kentang Bunda. Namun jika sesuai dengan resep di atas, maka jumlah penyajian bisa sekitar 24 donat atau lebih.

Agar penyajian donat kentang ala Tintin Rayner ini jadi lebih menarik, Bunda bisa berikan topping yang bervariasi sesuai selera Bunda dan keluarga. Bisa hanya dengan menggunakan gula halus, krim dan meses hingga selai aneka rasa.

Kesimpulan

Itulah tadi resep donat kentang legendaris yang banyak diminati pecinta roti di Indonesia. Dengan bahan yang mudah ditemukan dan langkah pembuatan praktis, cukup mudah diikuti bukan?

Jadi, bagi Bunda yang baru belajar membuat donat kentang tidak perlu lagi khawatir karena berpikir proses pembuatan donat itu ribet. Cukup ikuti langkah di atas, maka Bunda sudah bisa membuat donat kentang yang empuk dan legit.

Demikian resep donat kentang Tintin Rayner yang bisa Bunda terapkan di rumah agar tidak jajan di luar. Jangan lupa untuk catat semua bahan dan langkah pembuatannya dan selamat mencoba.

Bagikan:

Ari Prasetyo

Blogger dan pecinta kuliner yang suka berkunjung ke berbagai restoran serta cafe yang nantinya akan di review serta di publikasikan di website dapurawit.

Tinggalkan komentar