Resep Kue Poporcis Ambon

Yovita Nessa

Resep Kue Poporcis Ambon
Resep Kue Poporcis Ambon, Source Image: idntimes.com

Tak sedikit ibu rumah tangga ingin mengetahui tentang resep kue poporcis Ambon yang lezat serta enak. Mengingat resepnya masih terbilang cukup jarang diketahui oleh banyak orang.

Sebenarnya bahan-bahan untuk membuat kue poporcis Ambon hampir sama seperti resep kue kering tintin rayner. Kedua hidangan tersebut menggunakan baking powder serta keju sebagai bahan baku.

Namun pembuatan kue poporcis Ambon ini lebih simpel, karena tidak memerlukan alat seperti oven untuk memanggangnya. Selain itu juga resep makanan tersebut terbilang cukup mudah dipelajari.

Adapun kami telah merangkum terkait resep kue poporcis Ambon beserta cara membuatnya. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai hal itu, silakan simak ulasan di bawah ini.

Resep Kue Poporcis Ambon

Kue Poporcis Ambon
Source Image: YouTube/DEWNOV CALM

Selain resep bika Ambon, beberapa juga orang seringkali mencari tahu terkait bahan atau kue poporcis Ambon. Pasalnya makanan tersebut merupakan hidangan di mana biasa disajikan pada saat Natal atau hari besar lainnya. Kue poporcis Ambon dipilih karena memiliki rasa yang enak, lezat serta teksturnya empuk.

Apabila Bunda hendak menghidangkan kue poporcis Ambon, tentunya perlu memahami secara lengkap tentang resepnya. Jika sudah mengetahui resep membuatnya maka dapat dipastikan akan mendapatkan rasa yang enak maupun lezat. Resep kue poporcis Ambon ini terdiri dari:

JenisKeterangan
Nama ResepKue Poporcis Ambon
KategoriHidangan Kue
Waktu Persiapan30 Menit
Waktu Penyajian25 Menit
Jumlah Penyajian7 Buah

Bahan Utama

  • 200 gram tepung terigu
  • 70 gram tepung maizena
  • garam secukupnya
  • 1 sendok teh ragi
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok makan permifan
  • 3 butir telur
  • 300 ml susu cair
  • 2 sendok makan madu
  • 50 gram mentega
  • 100 gram keju parut

Cara Membuat

  1. Langkah pertama, silakan siapkan wadah terlebih dahulu. Lalu masukkan satu buah pisang ke dalam wadah. Hancurkan pisang hingga benar-benar halus.
  2. Campurkan 1 butir telur dengan pisang sudah dihancurkan di dalam wadah. Aduk hingga tercampur secara merata.
  3. Masukkan gula pasir, margarin atau butter. Kemudian aduk sampai seluruh bahan tercampur merata.
  4. Jika sudah, selanjutnya masukkan bahan permifan sembari diaduk-aduk hingga tercampur.
  5. Kemudian tambahkan susu cair secukupnya.
  6. Masukkan ragi instan, lalu diaduk kembali sampai tercampur. Kemudian masukkan parutan keju, vanili bubuk serta baking powder ke dalam adonan.
  7. Campurkan semua bahan, diamkan selama 30 hingga 50 menit sampai adonan mengembang.
  8. Setelah itu, aduk sebentar, kemudian taruh wajan khusus berbentuk bulat-bulat di atas kompor. Nyalakan kompor dengan api sedang saja.
  9. Supaya mempermudah memasukkan adonan ke wajan, adonan bisa diletakkan di dalam plastik, olesi wajan menggunakan margarin.
  10. Panggang adonan di dalam wajan cetakan berbentuk bulat selama 5 menit, lalu kue dibalik. Selanjutnya kue dipanggang kembali selama 5 menit.
  11. Selesai, kue poporcis Ambon siap untuk dihidangkan.

Manfaat Kue Poporcis Ambon

Manfaat Kue Poporcis Ambon
Source Image: YouTube/DEWNOV CALM

Tak hanya rasanya yang lezat ataupun enak, tetapi kue poporcis Ambon ternyata juga mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Hal itu dikarenakan di dalam makanan tersebut terkandung beberapa vitamin serta gizi.

Sayangnya bagi penikmat kue poporcis Ambon tidak begitu memperhatikan terkait manfaatnya. Oleh karena itu kami akan membagikan tentang manfaat mengkonsumsi makanan ini. Beberapa manfaatnya seperti:

  • Mengkonsumsi kue poporcis Ambon dapat memberikan asupan energi tambahan. Hal itu dikarenakan bahan untuk membuatnya terdiri dari telur, susu, gula serta tepung di mana merupakan sumber karbohidrat terbaik.
  • Apabila Bunda mengkonsumsi kue poporcis Ambon dengan tidak berlebihan, maka dapat membantu untuk mengurangi depresi. Pasalnya berdasarkan penelitian, mengkonsumsi kue bisa meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.
  • Kue poporcis Ambon juga ternyata dapat membantu memperlancar pencernaan. Serat pada kue mampu memperlancar pergerakan usus serta mencegah terjadinya sembelit.
  • Kue poporcis Ambon mengandung vitamin E sehingga mampu menjaga kesehatan kulit. Vitamin E berguna untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat dari radikal bebas.

Kesimpulan

Mungkin itu saja pembahasan mengenai resep kue poporcis Ambon beserta dengan cara membuatnya. Apabila Bunda hendak membuat makanan itu, sebaiknya siapkan seluruh bahannya terlebih dahulu. Demikianlah ulasan singkat ini, semoga dapat membantu bagi yang ingin mengetahui bahan-bahan pembuatan resep kue poporcis Ambon.

Bagikan:

Yovita Nessa

Penulis dan freelance di beberapa website termasuk di website dapurawit.com. Yang sudah memiliki pengalaman menulis seputar resep selama 2 tahun.

Tinggalkan komentar