Resep Ikan Patin Bakar Bumbu Kuning

Damara

Resep Ikan Patin Bakar Bumbu Kuning
Resep Ikan Patin Bakar Bumbu Kuning, Source Image: Pexels/Dana Tentis

Resep Ikan Patin Bakar Bumbu Kuning – Ikan patin punya citarasa yang gurih dan kaya vitamin, Bunda bisa ikuti resep ikan patin bakar bumbu kuning lezat berikut ini. Resep dan cara buatnya simple, namun rasa dijamin lezat.

Ikan patin memang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan dengan bumbu yang beragam. Tidak hanya dibakar, patin juga bisa dijadikan sup ikan patin, pindang ikan patin, pepes ikan patin, dan lainnya.

Jika Bunda bosan dengan olahan ikan patin bakar pedas manis menggunakan kecap seperti biasanya. Olahan patin bakar menggunakan bumbu kuning ini tidak kalah lezat, dan bisa menjadi variasi menu masakan.

Cara memasaknya juga mudah, bahan yang diperlukan juga cukup mudah didapatkan. Masakan patin bakar dengan bumbu kuning ini cocok untuk kudapan sehari-hari maupun saat ada acara keluarga.

Resep Ikan Patin Bakar Bumbu Kuning

Resep Ikan Patin Bakar Bumbu Kuning Enak
Source Image: Freepik/mdjaff

Untuk bunda yang lagi ingin masak ikan patin bakar, ayo merapat dan simak bahan-bahan serta cara memasak ikan patin bakar bumbu kuning berikut ini.

JenisKeterangan
Nama ResepResep Membuat  Ikan Patin Bakar Bumbu Kuning
KategoriLauk
Waktu Persiapan30 menit
Waktu Penyajian90 menit
Jumlah Penyajian1 Porsi

Bahan

  • 1 kg ikan patin, bersihkan lalu potong ukuran sedang
  • 3 sdm air perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis
  • 2 ½ sdm garam, bisa dikurangi jika tidak suka asin
  • ½ sdt merica, gunakan yang bubuk agar lebih mudah
  • 1 sdt ketumbar, bisa juga gunakan yang bubuk

Bahan Bumbu Kuning Halus

  • 15 butir bawang putih ukuran sedang
  • 5 bawang merah ukuran sedang
  • 3-4 cm jahe
  • 1 jari telunjuk kunyit kuning
  • 2 sdm kaldu jamur, gunakan yang instan
  • 2 ½ sdm margarin
  • 2 sdm minyak sayur

Cara Membuat

  1. Siapkan ikan patin, lalu bersihkan bagian dalamnya, serta potong-potong menjadi beberapa bagian. Jika ukuran ikan patin tidak terlalu besar, maka tidak perlu dipotong, cukup disayat saya bagian tubuhnya.
  2. Pastikan ikan patin sudah dicuci bersih, kemudian guyur menggunakan air perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis, lalu sisihkan ikan patin terlebih dahulu.
  3. Setelah itu, haluskan semua bahan bumbu halus yang disebutkan sesuai resep diatas.
  4. Setelah itu, siapkan wajan, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan dan tumis bumbu hingga harum.
  5. Setelah bumbu matang, masukkan ikan patin dan baluri ikan dengan bumbu. Masukkan sedikit air dan biarkan ikan matang, usahakan jangan terlalu matang karena ikan bisa hancur.
  6. Angkat ikan, lalu tiriskan, dan lanjut siapkan alat-alat untuk membakar ikan. 
  7. Bunda bisa menggunakan teflon anti lengket untuk membakarnya jika tidak memiliki alat bakar manual. Alasi teflon atau tempat bakar menggunakan daun pisang, lalu taruh ikan diatasnya.
  8. Jangan gunakan api besar karena ikan bisa gosong dan tidak matang merata. Bolak balik ikan dan olesi dengan bumbu kuning secara merata.
  9. Setelah ikan berwarna kuning kecoklatan, Bunda bisa mengangkatnya dan ikan siap disajikan.
  10. Ikan patin bakar bumbu kuning akan lebih nikmat disajikan bersama dengan nasi hangat, sambal, dan lalapan.

Manfaat Ikan Patin Bakar Bumbu Kuning

Manfaat Ikan Patin Bakar Bumbu Kuning
Source Image: Freepik/mdjaff

Selain memiliki citarasa yang gurih dan lezat, ikan patin juga punya berbagai manfaat untuk kesehatan. Pasalnya memiliki beberapa kandungan seperti protein, asam lemak omega-3, vitamin D dan merkuri yang rendah.

Baca Juga: Resep Ikan Bumbu Kuning Kering

Oleh karena itu banyak orang tidak hanya ingin mencicipi hidangan tersebut, melainkan membutuhkan manfaatnya untuk terhindar dari penyakit. Berikut ini manfaat jika Bunda dan keluarga mengonsumsi ikan patin.

  • Ikan patin mengandung banyak protein yang membantu membangun dan memperbaiki jaringan otot.
  • Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan patin cukup tinggi, sehingga bermanfaat untuk kesehatan otak. Omega-3 juga berguna untuk mengobati neurologis dan mental, termasuk kehilangan memori, dan depresi.
  • Ikan patin juga mengandung vitamin D yang cukup tinggi, sehingga bisa meningkatkan imunitas tubuh Bunda dan keluarga.
  • Karena kandungan merkuri pada ikan patin rendah, maka nutrisi di dalamnya memiliki fungsi perlindungan pada sistem saraf manusia.

Kesimpulan

Ikan patin memiliki citarasa yang gurih, semakin lezat jika cara pengolahannya benar. Ikan patin juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Bunda dan keluarga.

Bunda bisa mengikuti resep ikan patin bakar bumbu kuning diatas agar masakan Bunda semakin variatif. Selamat mencoba, Bunda!

Bagikan:

Damara

Berbagi Resep Masakan Untuk Para Bunda dari Resep Kue, Resep Sayuran, Resep Ayam, dan Masih Banyak Lagi Resep Masakan Menarik yang Patut Dimasak Dirumah

Tinggalkan komentar