Resep Ikan Pindang Kuning

Damara

Resep Ikan Pindang Kuning
Resep Ikan Pindang Kuning, Source Image: Youtube/Nuraaini Soewarto

Ada banyak orang di Indonesia yang ingin tahu bagaimana resep ikan pindang kuning lezat dan kaya rempah. Sebab, hidangan khas Indonesia ini disukai oleh banyak orang, terutama bagi orang-orang yang suka dengan hidangan seafood.

Tidak hanya sering disajikan saat ada acara penting seperti tasyakuran, acara pernikahan, lamaran, dan acara-acara penting seperti ini lainnya, tapi hidangan ikan pindang kuning juga sering disajikan untuk makan siang maupun makan malam di rumah. Daripada membelinya di warung makan, lebih baik Bunda membuatnya sendiri dengan resep yang ada di artikel ini.

Sebenarnya proses memasak ikan pindang kuning tidak membutuhkan waktu yang cukup lama dan bahan yang tidak terlalu banyak. Namun, orang-orang yang hendak memasak hidangan ini harus tahu urutannya dengan benar, agar rasanya bisa lebih lezat.

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan resep hidangan ikan pindang kuning yang lezat dan perkiraan waktu persiapan serta penyajian yang dibutuhkan. Untuk mengetahui resep lengkapnya, simak artikel ini dari awal hingga akhir!

Resep Ikan Pindang Kuning

Resep Ikan Pindang Kuning Enak
Source Image: Youtube/Nuraaini Soewarto

Cukup berbeda dengan hidangan seafood lainnya yang biasanya terasa amis, untuk hidangan yang satu ini tidak terasa amis sama sekali, karena mengandung rempah yang cukup banyak. Maka dari itu, salah satu tips untuk membuat hidangan ikan pindang kuning adalah memakai rempah-rempah yang cukup banyak.

Sementara untuk jumlah ikan yang hendak dimasak bisa disesuaikan dengan selera masing-masing, kemudian disesuaikan kembali dengan takaran bumbu yang akan dipakai. Lantas, bagaimana resep membuat ikan pindang kuning yang lezat?

JenisKeterangan
Nama ResepIkan Pindang Kuning
KategoriMakanan tradisional
Waktu Persiapan15 menit
Waktu Penyajian30 menit
Jumlah Penyajian4 porsi

Bahan-Bahan

  • 500 gram ikan kerapu atau ikan kakap yang telah dipotong-potong
  • 750 ml air putih
  • 2 buah mentimun berukuran sedang (potong kecil-kecil)
  • 1 buah jeruk nipis

Bumbu Halus

  • 3 siung bawang putih kupas
  • 2 siung bawang merah kupas
  • 3 buah belimbing sayur
  • 2 buah cabai merah rawit
  • 1 sendok teh garam
  • 2 cm kunyit
  • 1 cm jahe

Cara Membuat

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat hidangan ikan pindang kuning yang lezat adalah memotong dan membersihkan ikannya terlebih dahulu.
  2. Kemudian, lumuri potongan ikan tersebut dengan air jeruk nipis dan remas-remas secara perlahan. Lakukan hal ini agar ikan tidak amis.
  3. Selanjutnya, didihkan air bersama campuran bumbu halus dan masukkan potongan ikan yang sudah diberi jeruk nipis ke campuran bahan tersebut.
  4. Jangan lupa untuk memasukkan potongan mentimun ke dalamnya dan tunggu sampai mendidih.
  5. Setelah tekstur ikan berubah menjadi kaku dan mentimun menjadi lunak, angkat serta sajikan selagi hangat.

Manfaat Hidangan Ikan Pindang Kuning

Manfaat Hidangan Ikan Pindang Kuning
Source Image: Youtube/Rudy dan Sahabat TV

Salah satu alasan kenapa orang-orang di Indonesia suka memasak dan menyantap hidangan ikan pindang adalah, karena hidangan ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuhnya. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh ketika mengonsumsi hidangan ikan pindang kuning:

  • Mengandung banyak protein. Kandungan protein yang ada di dalam hidangan ini dapat mengurangi risiko depresi, terutama pada ibu hamil.
  • Meningkatkan kualitas kinerja dopamin dalam tubuh. Dopamin dapat berperan penting dalam mengontrol beberapa gerakan tubuh dan emosi manusia, sehingga orang-orang bisa lebih konsentrasi saat mengerjakan sesuatu.
  • Meminimalisir risiko datangnya penyakit kolesterol. Dengan mengonsumsi makanan bergizi seperti ini, Bunda dapat meminimalisir risiko terjadinya penyakit kolesterol yang berbahaya.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh, agar tubuh bisa selalu sehat. Sebab, ikan pindang tidak hanya kaya akan protein saja, tapi hidangan ini juga kaya akan vitamin A, zat besi, dan nutrisi-nutrisi lainnya yang tidak kalah penting.

Kesimpulan

Dapat dilihat pada penjelasan di atas bahwa resep ikan pindang kuning sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, apabila orang-orang sudah tahu resepnya dengan baik. Pastikan untuk mengikuti resep di atas dengan urutan yang benar, agar ikan tidak terasa amis dan kuah kuningnya pun bisa terasa lebih kaya rempah.

Bagikan:

Tags

Damara

Berbagi Resep Masakan Untuk Para Bunda dari Resep Kue, Resep Sayuran, Resep Ayam, dan Masih Banyak Lagi Resep Masakan Menarik yang Patut Dimasak Dirumah

Tinggalkan komentar