Resep Roti Bluder Yongki Gunawan

Damara

Resep Roti Bluder Yongki Gunawan yang enak
Resep Roti Bluder Yongki Gunawan, Source image: YouTube/Moucup

Resep roti bluder Yongki Gunawan tampaknya sangat digandrungi oleh para pecinta jenis roti satu ini. Bukan hanya karena rasanya yang enak, teksturnya yang lembut pun membuat banyak orang jadi penasaran dengan resep roti jadul ini.

Roti bluder sendiri merupakan jenis roti jaman dahulu yang berbentuk mengembang menyerupai jamur. Disebut roti jaman dulu karena memang roti ini sudah ada sejak jaman Belanda dahulu.

Banyak orang yang mencari resep dan cara pembuatan roti satu ini, namun tampaknya resep ala Yongki Gunawan menjadi salah satu yang paling populer. Bukan tanpa alasan, rasa roti yang pas serta tekstur yang lembut membuat resep ini patut dicoba.

Apakah Bunda juga penasaran bagaimana cara membuat roti bluder ala Yongki Gunawan ini? jika iya, maka simak resepnya berikut ini!

Resep Roti Bluder Yongki Gunawan

Resep Roti Bluder Yongki Gunawan
Source image: Youtube/Annisaa Hawarizmi

Sebelum masuk ke tahap cara pembuatan, Bunda perlu mengetahui bahan apa saja yang dibutuhkan. Berikut ini adalah resep bahan dan juga cara pembuatannya.

JenisKeterangan
Nama ResepResep Roti Bluder
KategoriRoti tradisional, camilan
Waktu Persiapan20 menit
Waktu Penyajian4 jam
Jumlah Penyajian50 roti

Bahan I:

  • 10 kuning telur
  • 350 gr gula pasir

Bahan II:

  • 300 ml air es
  • 150 ml susu cair

Bahan III:

  • 1 kg tepung terigu protein tinggi (merk opsional)
  • 2 bungkus ragi instan
  • 60 gr susu bubuk
  • 2 gr CB One

Bahan IV:

  • 150 gr Blue Band
  • 150 gr Golden Fern
  • 50 gr Hollman Butter
  • 10 gr Rexa Protec

Cara Pembuatan

  1. Langkah pertama adalah kocok bahan I dengan menggunakan mixer whisk atau alat pengocok telur dengan kecepatan sedang hingga mengembang dan mengental.
  2. Kemudian Bunda bisa masukkan bahan II perlahan sedikit demi sedikit sambil dikocok terus hingga rata. Jika sudah rata, ganti whisk menggunakan dough hook.
  3. Berikutnya masukkan bahan III dan aduk lagi denga mixer, tidak perlu terlalu halus hingga adonan kalis. Jika sudah, tunggu adonan hingga mengembang kurang lebih selama 1 jam.
  4. Jika sudah mengembang, tambahkan bahan IV dan aduk kembali hingga adonan kalis dengan kecepatan sedang, kemudian diamkan lagi hingga 1 jam.
  5. Setelah itu Bunda bisa mulai memotong dan menimbang adonan sesuai dengan selera dan keinginan. Setelah itu pipihkan dengan cara digiling kemudian dilipat sebanyak 4 kali.
  6. Beri isian sesuai selera lalu bentuk kembali adonan dan letakkan ke cetakan. Jika sudah Bunda bisa susun ke dalam loyang yang telah dioles margarin.
  7. Sebelum adonan yang sudah siap dimasukkan ke dalam oven, diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 3 jam di suhu ruangan dan tempat tertutup hingga mengembang.
  8. Jika sudah, maka Bunda tinggal olesi permukaan adonan dengan telur kuning hingga rata kemudian masukkan ke dalam oven dengan suhu bawah 180 derajat celcius dan suhu atas 150 derajat celcius selama kurang lebih 15 menit.
  9. Angkat dan keluarkan adonan yang sudah matang dan mengembang dari dalam oven.
  10. Biarkan dingin di suhu ruangan.

Waktu Persiapan dan Penyajian

Waktu Persiapan dan Penyajian
Source image: YouTube/Moucup

Untuk resep roti bluder ala Yongki Gunawan ini memang memakan waktu cukup lama karena proses menunggu adonan mengembang memerlukan beberapa jam. Waktu persiapan bahan sendiri mungkin hanya memerlukan 15 menit sampai 20 menit.

Sedangkan proses pembuatan adonan hingga pemanggangan memerlukan waktu kurang lebih sekitar 4 jam. Jadi, mungkin Bunda membutuhkan durasi total sekitar 5 jam untuk membuat roti bluder ini agar menghasilkan tekstur yang lembut seperti bluder buatan Yongki Gunawan.

Jumlah Penyajian

Jumlah Penyajian roti bluder
Source image: Cookpad/tyahasanah

Untuk takaran sesuai dengan resep ala Yongki Gunawan di atas bisa menghasilkan roti bluder 50 hingga 60 cetakan. Namun, Bunda juga bisa menyesuaikan resep di atas dengan takaran lebih kecil jika dirasa terlalu banyak.

Kesimpulan

Apakah setelah mengetahui resep roti bluder di atas, Bunda langsung ingin coba mempraktekkannya juga? Jika iya, maka perlu diingat untuk menyesuaikan takaran dengan porsi yang ingin Bunda buat agar tidak mubazir.

Itulah tadi resep roti bluder Yongki Gunawan yang populer akan rasa dan teksturnya yang lembut. Semoga resep di atas dapat bermanfaat dan selamat mencoba di rumah!

Bagikan:

Damara

Berbagi Resep Masakan Untuk Para Bunda dari Resep Kue, Resep Sayuran, Resep Ayam, dan Masih Banyak Lagi Resep Masakan Menarik yang Patut Dimasak Dirumah

Tinggalkan komentar