Resep Sayur Bayam Bening Tanpa Temu Kunci

Ari Prasetyo

Resep Sayur Bayam Bening Tanpa Temu Kunci
Resep Sayur Bayam Bening Tanpa Temu Kunci, Source Image: Youtube/Makan ala MOT

Resep sayur bayam bening tanpa temu kunci, umumnya menjadi salah satu ide masakan yang cocok Bunda sajikan untuk menu makan siang anggota keluarga di rumah. Dimana, menu sayur bayam bening ini bisa Bunda kombinasikan dengan berbagai macam sayuran seperti labu siam, wortel, oyong, jagung manis dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan bahan-bahan yang terbilang simpel dan mudah ditemukan di pasar, Bunda bisa membuat sajian lauk sayuran yang kaya akan vitamin dan serat satu ini untuk keluarga tercinta. Terlebih lagi dengan perpaduan cita rasanya yang gurih, manis dan segar, tentunya menjadikan siapa saja merasa ketagihan untuk mencicipi sayur bayam bening satu ini. 

Sementara itu, penyajian sayur bayam bening sendiri biasanya sangat cocok dinikmati dengan nasi putih, beragam lauk pauk hewani dan sambal, agar rasanya lebih nikmat untuk disantap. Akan tetapi yang menjadi pertanyaan disini adalah, kira-kira bagaimanakah cara membuat sayur bayam bening tanpa menggunakan temu kunci?

Sebab, biasanya pembuatan sayur bening bayam sendiri umumnya dibuat dengan menggunakan temu kunci sebagai bahan penyedap masakan. Namun, di pembahasan kali ini akan kita ulas mengenai cara membuat sayur bayam bening tanpa perlu menggunakan temu kunci dengan cita rasa yang pastinya tetap nikmat. 

Resep Sayur Bayam Bening Tanpa Temu Kunci

Resep Sayur Bayam Bening Tanpa Temu Kunci Yang Enak

Secara umum, penggunaan temu kunci dalam pembuatan sayur bayam bening sudah menjadi kebiasaan banyak orang, khususnya para ibu rumah tangga, lantaran bisa menjadi penyedap masakan. Akan tetapi jika Bunda di rumah ingin mencoba kreasi baru sayur bayam bening tanpa temu kunci, maka bisa menyimak resep pembuatannya di bawah ini.

JenisKeterangan
Nama ResepSayur Bayam Bening Tanpa Temu Kunci
KategoriLauk
Waktu Persiapan15 menit
Waktu Penyajian25 menit
Jumlah Penyajian4 porsi

Bahan-Bahan

  • 1 ikat sayur bayam
  • 1 buah labu siam
  • 1 buah wortel
  • 1 buah jagung manis
  • 3 siung bawang merah diiris halus dan tipis
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh penyedap rasa
  • Air secukupnya

Cara Membuat Sayur Bayam Tanpa Temu Kunci

  1. Cara membuat sayur bayam bening tanpa temu kunci yang pertama, yakni silahkan Bunda potong semua bahan sayur dan cuci bersih di air yang mengalir, kemudian sisihkan ke dalam wadah.
  2. Selanjutnya, didihkan air dan masukkan irisan bawang merah di dalamnya.
  3. Jika sudah, silahkan Bunda masukkan semua sayuran yang sudah dibersihkan berupa labu siam, wortel dan jagung manis ke dalam air yang mendidih.
  4. Kemudian, masak sampai tekstur wortel benar-benar empuk sempurna.
  5. Setelah itu, masukkan sayur bayam dan tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya. Jangan lupa untuk mengoreksi rasa masakan sayur bayam, agar menghasilkan cita rasa yang pas.
  6. Apabila sayur bayam bening sudah matang, matikan kompor dan sajikan sayur bayam bening tersebut ke mangkuk yang sudah disediakan.
  7. Sayur bayam bening tanpa temu kunci siap dinikmati dengan nasi hangat, lauk pauk dan sambal. 

Manfaat Sayur Bayam Bening

Tidak hanya menawarkan cita rasa yang nikmat dan kemudahan dalam proses pembuatannya saja, sayur bayam bening juga ternyata memiliki kandungan vitamin dan serat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat penting mengonsumsi sayur bayam bening untuk kesehatan tubuh, di antaranya yakni sebagai berikut :

  • Membantu menurunkan risiko gejala asma, dikarenakan sayur bayam memiliki kandungan antioksidan seperti vitamin C, vitamin E dan beta karoten.
  • Memiliki kandungan vitamin K, menjadikan sayur bayam dapat membantu menjaga kesehatan tulang.
  • Mampu merangsang pertumbuhan rambut, sehingga menjadikannya tampak lebih sehat.
  • Dengan kandungan vitamin C di dalamnya, menjadikan sayur bayam dapat membantu menjaga produksi kolagen untuk meningkatkan kesehatan kulit.
  • Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dalam tubuh.
  • Menjaga kesehatan mata, dikarenakan sayur bayam memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin.
  • Membantu mengontrol tekanan darah dalam tubuh, sehingga terhindar dari berbagai risiko penyakit jantung.

Kesimpulan

Jadi, itulah tadi ulasan menarik untuk Bunda Dapurawit ketahui seputar resep sayur bayam bening tanpa temu kunci yang sangat mudah dan praktis dibuat. Yang mana, Bunda bisa mencoba resep ini sebagai menu makan siang yang lezat dan bergizi untuk keluarga tercinta di rumah. 

Bagikan:

Ari Prasetyo

Blogger dan pecinta kuliner yang suka berkunjung ke berbagai restoran serta cafe yang nantinya akan di review serta di publikasikan di website dapurawit.

Tinggalkan komentar