Resep Bakwan Sayur Renyah

Resep bakwan sayur renyah telah menjadi salah satu pilihan utama ketika ingin menyajikan gorengan yang tidak lepas dari nutrisi sayuran. Gurihnya bakwan tentu mampu menggugah selera makan keluarga, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Selain proses membuatnya yang cepat serta mudah sehingga cocok dijadikan menu masakan utama, resep bakwan sayur renyah juga sangat pas sebagai camilan. Dengan ditambah sambal maupun cabai rawit membuat bakwan semakin menggugah selera.

Salah satu kelebihan lain dari bakwan sayur renyah yaitu bahannya cenderung murah dan mudah didapatkan. Itu sebabnya mengetahui apa saja resep bakwan sayur renyah serta tips memasaknya perlu bunda ketahui.

Nah di kesempatan ini, Dapurawit.com ingin membagikan rahasia dari resep bakwan sayur renyah serta langkah masaknya. Untuk mempersingkat waktu silakan langsung saja simak penjelasan seputar resep bakwan sayur gurih berikut ini.

Resep Bakwan Sayur Renyah dan Garing

Membahas tentang resep bakwan sayur kriuk, ada baiknya bunda tahu lebih dulu apa saja bahan yang nantinya dibutuhkan. Karena bakwan sayur ini termasuk masakan rumahan jadi bahan bakunya pasti mudah didapat.

Bahan Bakwan Sayur

Siapkan bahan bakwan sayur renyah sesuai daftar berikut atau boleh juga disesuaikan dengan selera masing-masing.

  • 150 gram wortel (dipotong panjang seperti korek api)
  • 150 gram kol (dipotong halus)
  • 150 gram taoge
  • 150 gram tepung terigu
  • 70 gram tepung beras
  • 1 butir telur ayam (dikocok)
  • 1 batang daun bawang (dipotong halus)
  • 1 siung bawang puting (dihaluskan)
  • 1/2 batang seledri (dipotong halus)
  • 1/2 sendok teh merica putih bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh penyedap rasa
  • Air putih (secukupnya)
  • Minyak goreng (secukupnya)

Kalau seluruh bahan bakwan sayur renyah sudah disiapkan selanjutnya silakan langsung lakukan langkah pembuatannya seperti di bawah ini.

Cara Membuat Bakwan Sayur

  1. Pertama campur bahan adonan bakwan sayur seperti tepung terigu, tepung beras, telur ayam, bawang putih, merica, garam, penyedap rasa dan air putih.
  2. Pastikan adonan bakwan sayur tercampur merata.
  3. Jika adonan sudah siap, masukkan sayur mulai dari irisan wortel, kol, taoge serta seledri.
  4. Selanjutnya panaskan minyak goreng dengan api sedang.
  5. Setelah itu, mulai masukkan adonan bakwan sayur dan goreng hingga warnanya keemasan serta terlihat kering.
  6. Terakhir angkat bakwan sayur renyah, lalu tiriskan hingga minyak tak lagi menetes.

Bila dilihat secara sekilas, sebenarnya proses memasak bakwan sayur renyah tidak berbeda jauh dibandingkan Resep Bakwan Pontianak. Bedanya bakwan Pontianak tidak akan renyah karena tidak menggunakan sayuran.

Tips Memasak Bakwan Sayur Renyah

Selain melalui resep di atas, sebenarnya masih ada beberapa tips dan trik agar bakwan sayur menjadi gurih dan tentu saja terasa kriuk nya. Berikut ini adalah beberapa tips memasak bakwan sayur renyah.

  1. Gunakan air dingin sebagai bahan adonan.
  2. Pakai lebih banyak kuning telur.
  3. Bila perlu pakai baking soda secukupnya.
  4. Buat adonan bakwan sayur menjadi encer.
  5. Jangan masukkan sayur terlalu banyak.

Jika mengikuti tips serta resep masakan di atas nantinya bakwan sayur yang bunda buat pasti gurih. Nantinya jangan lupa sediakan juga saus sambal atau cabai rawit ketika menghidangkan bakwan sayur agar lebih menggugah selera makan.

Itulah resep bakwan sayur dari Dapurawit.com yang jika prosesnya dilakukan dengan baik serta benar maka akan menghasilkan bakwan sayur renyah. Selain resep bakwan sayur di atas, simak juga resep lain dari kami ya bunda.

Tinggalkan komentar