Resep Sambal Balado Padang Asli Pedas Nampol

Resep sambal balado padang merupakan satu dari banyaknya sambal yang perlu bunda coba buat dirumah. Pasalnya sambal balado padang ini mempunyai ciri khas rasa yang sangat kuat. Dan cocok sekali untuk menemani berbagai makanan, mulai dari masakan ayam, daging maupun sayuran. Masyarakat minang sering kali menyajikan sambal balado padang di setiap apapun menu makanannya.

Tidak ada resep bumbu khusus atau rahasia untuk menciptakan sebuah citarasa khas dari sambal balado padang ini. Dimana bahan yang dibutuhkan hanya cabai, tomat serta beberapa bumbu pelengkap lainnya.

Masyarakat Minang terkenal dengan masakannya yang pedas, tidak heran jika resep sambal balado padang juga memiliki cita rasa yang pedas. Dengan rasa yang pedas serta mantap tersebut akan membuat makan bunda dan keluarga menjadi lebih nikmat tentunya.

Nah pada artikel kali ini, Dapurawit.com akan membagikan resep sambal balado padang asli yang pedas. Untuk penjelasan resep bahan serta cara membuat sambal merah khas padang, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Resep Sambal Balado Padang Asli Pedas

Resep Sambal Balado Padang Asli Pedas

Hampir mirip dengan sambal padang lainnya, sambal balado padang juga memiliki bahan utama yang sama. Yaitu cabai rawit dan cabai keriting atau cabe merah sebagai khasnya dari masakan padang. Nah dari pada bunda penasaran dengan resep sambal merah khas padang ini, silahkan simak ulasan resep nya berikut ini.

Bahan Sambal Merah Padang

  • 30 cabai rawit
  • 30 cabai keriting
  • 2 buah tomat
  • 3 siung bawang putih
  • 10 butir bawang merah
  • 4 lembar daun jeruk
  • Gula
  • Garam
  • Kaldu bubuk

Cara Membuat Sambal Balado Padang

  1. Pertama silahkan rebus semua bahan mulai dari cabe rawit, cabe keriting, bawang merah, bawang putih dan daun jeruk di dalam air yang agak panas agar nantinya semua bahan tersebut mudah untuk dihaluskan atau di ulek
  2. Setelah semua bahan direbus, silahkan siapkan cobek dan masukkan semua bahan yang direbus kedalam cobek
  3. Kemudian silahkan ulek semua bahan tersebut sampai agak halus dan lembut. Alangkah baiknya anda menghaluskan semua bahan secara manual atau menggunakan ulek tangan, bukan menggunakan blender atau alat lainnya. Sehingga rasa yang dihasilkan nantinya menjadi lebih nikmat dan lezat
  4. Setelah semua bahan dihaluskan, sekarang silahkan tumis semua bahan tersebut dan masukkan daun jeruk nya. Dimana daun jeruk akan berfungsi sebagai penambah harum dari sambal balado padang ini
  5. Selanjutnya silahkan masukkan gula, garam, kaldu bubuk secukupnya seusai dengan selera bunda
  6. Setelah semua bahan dimasukkan, silahkan cicipi sambal balado padang tersebut, apakah rasanya sudah enak atau masih kurang asin atau apa. Jika sudah pas rasanya, silahkan tunggu beberapa menit sampai sambal balado padang matang
  7. Kemudian silahkan angkat sambal balado padang dan letakkan pada sebuah piring atau mangkuk yang sudah disiapkan. Dan sambal balado padang sudah siap disajikan untuk menemani makan bunda dan keluarga

Itulah ulasan mengenai resep dan cara membuat sambal balado padang pedas asli yang berhasil Dapurawit.com rangkum. Bagaimana, apakah bunda tertarik untuk mencoba membuat sambal balado padang menggunakan resep di atas?

Buat bunda yang ingin coba resep sambal lainnya, Dapurawit.com juga sudah pernah membagikan resep sambal ayam geprek dan resep sambal matah.

Sekian artikel kali ini tentang resep dan cara bikin sambal merah padang. Terima kasih bunda sudah mengunjungi Dapurawit.com dan semoga resep sambal merah khas padang di atas bisa menambah informasi buat bunda semuanya.

Tinggalkan komentar