Resep Pukis Holland Lembut dan Empuk

Damara

Resep Pukis Holland Lembut dan Empuk
Resep Pukis Holland Lembut dan Empuk, Source Image: Youtube/Dapur Nana's

Resep Pukis Holland – Belakangan ini, banyak yang merasa penasaran dengan resep Pukis Holland karena beberapa alasan. Salah satunya yaitu karena mereka ingin membuat pukis ala merek Holland tersebut di rumah tanpa harus membelinya secara langsung.

Kue pukis memang merupakan salah satu jajanan pasar tradisional yang masih memiliki banyak peminat. Hal itu bukan tanpa alasan, karena kue pukis memiliki tekstur yang sangat empuk dan begitu manis ketika dikonsumsi.

Tidak hanya itu saja, akan tetapi kue pukis juga terbuat dari bahan dasar yang begitu mudah untuk ditemukan yakni tepung terigu dan telur. Seiring berjalannya zaman, kue pukis pun diolah dengan beberapa teknik modern tertentu dan diberikan tambahan topping yang bervariasi.

Apabila Bunda merasa tertarik untuk membuat kue pukis Holland, maka tidak perlu merasa terlalu bingung. Pada uraian berikut ini, terdapat resep membuat kue pukis yang sangat mudah dan praktis tanpa memakan waktu terlalu lama.

Resep Pukis Holland

Resep Pukis Holland
Source Image: Youtube/Dapur Nana’s
JenisKeterangan
Nama ResepResep Kue Pukis
KategoriKue Basah
Waktu Persiapan15 Menit
Waktu Penyajian100 Menit
Jumlah Penyajian20 Porsi

Kue pukis menjadi jajanan yang bisa dikonsumsi dengan bebas oleh orang Indonesia, baik itu sebagai sarapan pagi atau pun camilan saat sore hari. Berikut adalah resep mudah membuat kue puki yang bisa Bunda perhatikan sekaligus ikuti dengan baik:

Bahan-bahan

  • 100 gram keju cheddar
  • 150 gram margarin cair
  • 3 butir telur
  • 250 gram gula pasir
  • ½ sendok teh garam
  • 450 gram tepung terigu
  • 350 ml santan kental
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 1 sendok teh vanili bubuk
  • 25 gram cokelat bubuk
  • 1 butir kuning telur
  • Meses cokelat

Cara Membuat

  1. Persiapkan wadah untuk mengaduk seluruh bahan yang ada di atas.
  2. Kocok seluruh telur dan gula menggunakan mixer selama beberapa saat hingga berubah menjadi mengembang.
  3. Masukkan tepung terigu, vanili bubuk, dan ragi ke atas adonan tersebut sedikit demi sedikit. Aduk hingga tercampur rata, lalu tambahkan santan kental dan aduk kembali.
  4. Tuang garam dan margarin cair, terus aduk sampai seluruhnya menjadi rata.
  5. Tutup adonan dan wadah memakai plastic wrap lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  6. Siapkan wadah yang terpisah, lalu taruh adonan tadi ke dalam wadah tersebut sebanyak dua sendok sayur. Campurkan dengan bubuk cokelat lalu jangan lupa untuk mengaduknya lagi.
  7. Siapkan cetakan untuk membuat kue pukis, lalu oleh menggunakan mentega agar kue tidak lengket ke dalam cetakan. Tuang adonan ke cetakan tersebut hingga memenuhi ¾ bagian.
  8. Tuangkan adonan warna cokelat di atas adonan yang sebelumnya, lalu tutup seluruh cetakan tersebut. Masukkan ke dalam oven, lalu panggang menggunakan panas yang medium selama beberapa menit hingga bentuknya berubah menjadi setengah matang.
  9. Keluarkan kue lalu berikan tambahan topping meses cokelat dan keju secara bergantian di atas adonan.
  10. Tutup kembali kue, lalu panggang lagi hingga matang sepenuhnya.

Manfaat Pukis Holland

Manfaat Pukis Holland
Source Image: Youtube/Dapur Nana’s

Banyak orang yang masih belum mengetahui bahwa ternyata, kue pukis memberikan manfaat yang luar biasa terhadap kesehatan tubuh.

Baca Juga: Resep Kue Basah Kekinian Untuk Jualan 1000

Berikut adalah beberapa manfaat kue pukis yang bisa dirasakan ketika mengonsumsinya:

  • Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena adanya kandungan vitamin A yang bisa melindungi diri dari ancaman penyakit dan infeksi.
  • Mengurangi sembelit karena kue pukis mempunyai kandungan serat yang begitu banyak, sehingga pergerakan usus pun menjadi lebih lancar lagi.
  • Merupakan salah satu kue yang bisa dinikmati oleh seluruh usia, baik itu anak kecil hingga orang yang sudah lanjut usia. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis membuat kue ini begitu mudah untuk dinikmati oleh siapa pun.
  • Dengan kandungan gula yang cukup banyak, hal itu membuat orang yang mengonsumsi kue pukis menjadi lebih senang karena produksi dopamin yang meningkat.

Kesimpulan

Resep Pukis Holland yang sudah dijelaskan di atas adalah salah satu resep yang bisa Bunda coba dengan mudah dan tanpa harus pusing dengan bahan-bahan yang harus disiapkan. Tidak hanya itu, namun kue pukis yang satu ini juga memiliki kandungan yang melimpah sehingga Bunda dijamin tidak akan merasa khawatir saat ingin menyajikannya pada keluarga atau kerabat lain.

Bagikan:

Damara

Berbagi Resep Masakan Untuk Para Bunda dari Resep Kue, Resep Sayuran, Resep Ayam, dan Masih Banyak Lagi Resep Masakan Menarik yang Patut Dimasak Dirumah

Tinggalkan komentar