Resep Putu Ayu Tepung 500 Gram yang Empuk dan Legit

Damara

Resep Putu Ayu Tepung 500 Gram yang Empuk dan Legit
Resep Putu Ayu Tepung 500 Gram yang Empuk dan Legit, Source Image: Youtube/Luvita Ho

Tak perlu membelinya setiap hari di pasar, orang-orang bisa membuat putu ayu sendiri di rumah dengan mengikuti resep putu ayu tepung 500 gram dengan takaran yang tepat. Karena jumlah tepungnya ini sudah ditentukan sejak awal, maka Bunda harus menyesuaikan takaran bahan lainnya dengan takaran tepung tersebut.

Putu ayu termasuk salah satu jajanan pasar di Indonesia yang disukai oleh banyak orang, karena jajanan ini memiliki tekstur yang empuk dengan rasa yang gurih. Rasa gurih pada jajanan pasar ini berasal dari parutan kelapa yang ditaburkan di atas kue tradisional tersebut.

Warna hijau dan putih dari kue tradisional ini juga sering membuat orang-orang berdecak kagum, karena terlihat cantik dan lezat. Tidak hanya cocok untuk disantap bersama dengan kopi hangat, tapi putu ayu juga cocok untuk dinikmati bersama teh manis maupun susu hangat.

Maka dari itu, saat ini semakin ada banyak orang yang ingin tahu bagaimana cara untuk membuat jajanan pasar ini sendiri di rumah. Untuk mengetahui tentang cara membuat putu ayu tepung 500 gram yang enak, simak artikel ini dengan baik!

Resep Putu Ayu Tepung 500 Gram

Resep Putu Ayu Tepung 500 Gram
Source Image: Youtube/Resep Abi

Rasa gurih dari kue ini memang sering membuat orang ketagihan, sehingga mereka lebih suka membuatnya sendiri di rumah daripada membelinya setiap hari. Dengan membuatnya sendiri di rumah seperti ini, mereka bisa lebih menghemat biaya dan lebih puas untuk menikmatinya.

Namun, sebelum membuat kue tradisional yang enak ini Bunda harus tahu apa saja bahan yang harus disiapkan dan bagaimana cara untuk membuatnya. Dalam hal ini, kami akan membahas tentang resep membuat putu ayu tepung 500 gram secara lengkap, yaitu:

JenisKeterangan
Nama ResepKue Putu Ayu Tepung 500 Gram
KategoriKue tradisional
Waktu Persiapan10 menit
Waktu Penyajian30 menit
Jumlah Penyajian20 porsi

Bahan Utama

  • 500 gram tepung terigu (sisakan sedikit tepungnya paling tidak 1 sendok makan)
  • 450 gram gula pasir
  • 7 butir telur
  • 1 sendok makan ovalet
  • 2 gelas belimbing air kelapa
  • 1 bungkus vanili bubuk berukuran kecil
  • Pasta pandan secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Taburan Kelapa

  • 1 butir kelapa muda parut
  • 1 sendok makan tepung terigu yang telah disisakan sebelumnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat

  1. Siapkan semua bahannya terlebih dahulu, kemudian tambahkan garam secukupnya dan 1 sendok makan tepung terigu pada kelapa parut. Aduk hingga merata dan sisihkan.
  2. Campur bahan-bahan seperti gula, telur, dan ovalet dengan menggunakan mixer hingga mengembang dan berubah warna menjadi putih kental.
  3. Kemudian, masukkan tepung terigu, vanili, serta air kelapa sedikit demi sedikit, dan mixer kembali dengan menggunakan kecepatan rendah.
  4. Tambahkan pasta pandan secukupnya dan aduk dengan menggunakan spatula kue.
  5. Panaskan panci kukusan dan bungkus bagian atas panci tersebut dengan kain bersih.
  6. Siapkan cetakan putu ayu yang telah diolesi minyak goreng, lalu masukkan adonan kue ke cetakan tersebut dan tambahkan bahan kelapa parut sambil ditekan-tekan perlahan.
  7. Kukus dengan api sedang selama kurang lebih 25 menit dan tunggu hingga matang.

Manfaat Kue Putu Ayu untuk Kesehatan

Manfaat Kue Putu Ayu untuk Kesehatan
Source Image: Youtube/Resep Abi

Tak banyak orang yang tahu bahwa sebenarnya kue tradisional ini juga memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut adalah beberapa manfaat dari kue putu ayu yang baik untuk kesehatan tubuh kita, yaitu:

  • Membantu menjaga kesehatan tulang manusia, karena putu ayu mengandung fosfor dan mineral yang tinggi.
  • Mengandung karbohidrat yang cukup besar, sehingga kue putu ayu dapat menjadi sumber energi bagi manusia.
  • Melancarkan pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit, karena kue ini mengandung serat yang tinggi.

Kesimpulan

Kue putu ayu memang digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, karena rasanya yang gurih, manis, dan enak. Maka dari itu, tak heran jika seiring berjalannya waktu semakin ada banyak orang yang ingin membuatnya sendiri di rumah dengan mengikuti resep putu ayu tepung 500 gram seperti di atas.

Bagikan:

Damara

Berbagi Resep Masakan Untuk Para Bunda dari Resep Kue, Resep Sayuran, Resep Ayam, dan Masih Banyak Lagi Resep Masakan Menarik yang Patut Dimasak Dirumah

Tinggalkan komentar