Resep Mango Sticky Rice

Beberapa dari bunda mungkin akhir-akhir ini sering melihat resep mango sticky rice yang banyak di share di berbagai sosial media. Hal tersebtu tentunya membuat kita penasaran terlebih jika sedang musim mangga tiba.

Mango sticky rice atau biasa dikenal dengan ketan susu ini memang sangat cocok disantap siang hari. Rasanya yang manis asam dari buah mangga berpadu dengan gurihnya santan serta ketan menjadi satu.

Cara menikmati mangga selain langsung di makan atau dibuat mango sago paling tepat adalah mango sticky rice. Proses membuat makanan satu ini juga terbilang mudah, bahkan bunda bisa memasaknya di rice cooker.

Meski mango sticky rice menjadi makanan hitz dan banyak dijual di beberapa tempat. Tidak ada salahnya bunda coba membuat sendiri dirumah dan sesuaikan mangga dengan selera agar rasanya lebih nikmat.

Resep Mango Sticky Rice Ala Thailand Paling Enak

Resep Mango Sticky Rice Ala Thailand Paling Enak

Pada kesempatan kali ini, kita akan coba membagikan resep mango sticky rice mudah dan cepat. Berikut ini langkah-langkah pembuatannya.

Resep Membuat Mango Sticky Rice

Resep Membuat Mango Sticky Rice
Resep Mango Sticky Rice – @dhiahoddie

Bahan-bahan

  • 1 buah mangga manis, potong sesuai selera
  • 200 gram beras ketan, cuci bersih dan rendam selama 3 jam
  • 200 ml santan
  • 1/2 sdt garam
  • 1 lembar daun pandan

Bahan Saus

  • 150 ml santan
  • 2 sdt maizena (larutkan dengan 3 sdm air)
  • 2 sdt gula
  • 1/2 sdt garam
  • 1 lembar daun pandan

Taburan

  • Wijen sangrai

Cara Membuat Mango Sticky Rice

  1. Langkah pertama masukkan beras ketan, santan, garam dan daun pandan ke rice cooker.
  2. Masak seperti menanak nasi biasa sampai matang
  3. Kemudian aduk-aduk lalu cetak sesuai selera, sisihkan
  4. Langkah berikutnya adalah membuat saus yaitu campur semua bahan saus, masak diatas api kecil sambil di aduk-aduk hingga mengental, angkat
  5. Untuk penyajiannya tata ketan dan mangga ke dalam satu wadah lau siram dengan saus santan, taburi wijen sangrai diatasnya
  6. Mango sticky rice siap disajikan

FAQ

Bisakah Beras Ketan Diganti dengan Beras Biasa ?

Untuk membuat mango sticky rice sebaiknya menggunakan beras ketan, karena jika menggunakan beras biasa akan berbeda rasa dan teksturnya.

Bagaimana Jika Kuah Diganti dengan Susu ?

Boleh saja, sesuaikan dengan selera. Jika ingin mengganti kuah susu boleh di tambahkan tepung maizena agar tekstur sausnya kental.

Berapa Harga Jual Mango Sticky Rice ?

Umumnya mango sticky rice dijual mulai dari Rp 20.000 per cup.

Itulah cara mudah membuat mango sticky rice menjadi beberapa cup atau bisa juga untuk dijual dengan keuntungan yang manis seperti rasanya. Ikuti terus resep-resep menarik yang akan dapurawit.com bagikan pada artikel berikutnya.

Tinggalkan komentar