Resep Ayam Masak Kecap Sederhana Untuk Pemula

Ayam masak kecap merupakan salah satu hidangan ayam yang dapat dibuat dengan mudah, resep ayam masak kecap ini juga sangat sederhana. Tidak terlalu berbeda dengan Resep Ayam Bakar Rumahan yang sering kalian buat pada acara tertentu.

Jadi untuk kalian yang sekiranya baru belajar memasak bisa mencoba membuat ayam masak kecap dirumah, karena bahan dan bumbu yang dibutuhkan sangat sederhana dan cocok sekali untuk pemula yang baru belajar masak.

Adapun bumbu yang umumnya digunakan pada ayam masak kecap ini adalah bawang putih atau bisa juga menggunakan bawang bombay, bawang merah, lada, jahe dan tomat. Sedangkan untuk rempah-rempah yang digunakan diantarnaya adalah cengkih dan pala.

Ayam masak kecap sendiri disajikan dalam bentuk potongan per bagian dan penyajian yang tepat ialah pada saat hangat bersama dengan nasi putih. Makanan ini bisa dijadikan menu utama atau side dishes apabila ada menu lainnya.

Resep Ayam Masak Kecap Sederhana

Resep Ayam Masak Kecap

Ayam masak kecap sendiri merupakan salah satu hidangan ayam Asia Tenggara Maritim, dalam bahasa Melayu makanan ini disebut dengan kicap lemak manis. Selain di Indonesia, ayam masak kecap juga dapat ditemukan di Malaysia.

Adapun ayam masak kecap dari Melayu sendiri sedikit berbeda, karena ayam tersebut dipotong kemudian dicampurkan dengan rempah-rempah sendiri. Setelah itu baru dimasak bersama dengan bahan lainnya sampai matang.

Resep Ayam Masak Kecap

Cara Membuat Ayam Masak Kecap

Bahan dan Bumbu

  • Ayam 8 gr (potogn 8 bagian dan lumuri menggunakan air jeruk nipis)
  • Bawang bombay 1 buah (potong dadu)
  • Bawang putih 3 siung (memarkan)
  • Cabai merah 2 buah (buang bijinya dan iris tipis)
  • Tomat 1 buah (potong wedges)
  • Kecap manis 2 sdm
  • Royco kaldu ayam 1/2 sdt
  • Garam 1 sdt
  • Merica bubuk 1/2 sdt
  • Margarin 2 sdm
  • Air 150 ml

Cara Membuat Ayam Masak Kecap

  1. Panaskan minyak secukupnya, setelah itu goreng potongan ayam yang sudah dilumuri dengan jeruk nipis sampai setengah matang.
  2. Setelah ayam termasak sampai setengah matang, silahkan angkat dan tiriskan ayam tersebut terlebih dahulu.
  3. Selanjutnya silahkan panaskan wajan, kemudian masukan margain dan ratakan margarin pada wajan.
  4. Setelah itu tumis bawang putih, bawang bombay dan cabai bersamaan sampai menghasilkan aroma yang harum.
  5. Lalu tambahkan garam, merica, royco kaldu ayam, kecap manis dan tomat, setelah itu aduk-aduk sampai semua bumbu tercampur secara merata.
  6. Masukan ayam yang telah digoreng setengah matang sebelumnya, kemudian aduk-aduk kembali sampai tercampur merata.
  7. Tuangkan air dan kembali masak sembari diaduk-aduk sampai semua bumbu benar-benar meresap ke dalam ayam.
  8. Setelah semua bumbu meresap dan ayam benar-benar matang, silahkan angkat ayam masak kecap dan siap disajikan.

Silahkan sajikan ayam masak kecap tersebut selagi masih hangat bersama dengan nasi putih seperti yang sudah kami terangkan diatas. Sangat mudah dan cepat bukan untuk membuat ayam masak kecap ini, sehingga akan sangat cocok untuk pemula.

Ayam masak kecap ini juga dapat diberi bahan tambahan lainnya seperti misalnya Tauge, Wortel, Paprika atau sayur-sayuran sesuai dengan selera masing-masing, sehingga hasil masakan ayam kecap tersebut bisa lebih menggugah selera makan kalian.

Dengan ini berakhir sudah resep ayam masak kecap sederhana yang dapat Dapurawit berikan untuk kalian pada kesempatan hari ini, semoga saja resep masakan yang baru saja kami berikan diatas bisa memberikan banyak manfaat untuk kalian.

Tinggalkan komentar