Resep Es Blewah Kekinian dengan Kenyal Nata de Coco

Rasa dahaga setelah lelah beraktivitas dapat terobati dengan kesegaran alami dari resep es blewah. Selain menyegarkan, sensasi blewah pada saat dikunyah juga memberikan kenikmatan tersendiri saat dikonsumsi.

Minuman satu ini memang biasa ditemui di beberapa sudut jalan suatu wilayah. Apalagi pada bulan suci Ramadhan beberapa resep es blewah andalan pastinya akan laris manis di pasaran.

Faktanya, membuat sajian es blewah sangatlah mudah dan tidak memakan banyak waktu loh, Bund. Tentunya saat ini sudah ada beberapa resep es blewah dengan berbagai kreasi dan inovasi.

Pastinya Bunda ingin menyajikan minuman spesial untuk keluarga di rumah bukan? Langsung saja persiapkan diri dan peralatan di dapur karena Bunda bisa membuat sajian dari resep es blewah spesial.

Resep Es Blewah Nata de Coco Kekinian

Resep Es Blewah

Rasanya akan lebih praktis jika kita menikmati langsung kesegaran alami dari es blewah langsung dari penjual. Namun membuatnya sendiri dengan resep andalan akan jauh lebih memuaskan loh, Bund.

Agar dapat membantu Bunda menyiapkan sajian spesial bagi keluarga, maka dapurawit.com akan memberikan resep khusus dalam pembuatan es blewah yang kekinian. Mari langsung saja kita buat bersama ya, Bund.

Resep Es Blewah

Resep Es Blewah Nata de Coco Kekinian

Bahan-bahan

  • 1 buah blewah
  • 1 sendok makan biji selasih
  • 1 bungkus nata de coco instan (sesuai selera)
  • 1 gelas es batu
  • 4 sendok makan gula pasir
  • 8 sendok makan air putih
  • 100 ml air panas
  • 100 ml air dingin

Cara Membuat Es Blewah

  1. Langkah pertama yang bisa bunda lakukan adalah potong blewah hingga menjadi 1/2 bagian. Kemudian serut bagian tengah biji hingga daging buah terlihat bersih.
  2. Masukan hasil serutan biji blewah dalam satu wadah, lalu campurkan dengan 100 ml air panas. Air dari rendaman biji blewah akan dijadikan sebagai pemanis alami.
  3. Kita tinggalkan sejenak rendaman biji blewah dan fokus mengambil daging buah blewah. Bunda bisa menggunakan sendok atau alat kerok khusus.
  4. Setelah semua daging blewah berhasil dikerok, maka lanjutkan dengan membuat sirup gula.
  5. Masukan 4 sendok makan gula pasir pada teflon. Kemudian tambahkan 8 sendok makan air putih dan masak hingga mendidih. Usahakan tidak terlalu lama agar tidak terlalu kental.
  6. Matikan kompor dan tiriskan sirup gula dalam satu wadah kecil saja.
  7. Saring rendaman biji blewah kemudian masukan airnya di atas serutan daging blewah. Sementara sisa biji pada saringan tidak akan digunakan.
  8. Aduk adonan daging serta hasil saringan biji blewah hingga tercampur merata.
  9. Masukan 1 bungkus Nata de Coco atau bisa juga disesuaikan dengan selera kemudian aduk kembali hingga tercampur rata.
  10. Selanjutnya siapkan biji selasih dalam satu wadah kecil dan campurkan dengan air panas. Penggunaan air panas ditujukan agar biji selasih lebih cepat mengembang.
  11. Setelah biji selasih mengembang, masukan kedalam adonan es blewah yang sudah disiapkan dan aduk kembali hingga merata.
  12. Masukan air dan es batu ke dalam adonan.
  13. Apabila dirasa sudah manis, maka langsung saja sajikan es blewah. Namun jika masih kurang manis, maka Bunda bisa menambahkan sirup gula.
  14. Sajikan es blewah kemudian silahkan hias agar presentasi minuman terlihat menarik.
  15. Satu gelas es blewah kekinian siap disajikan.

Proses pembuatan resep es blewah kekinian sangat mudah dan cepat bukan. Bunda bisa membuatnya saat menjelang berbuka puasa. Sekian pembahasan dari dapurawit.com dan kunjungi kami yang senantiasa membuat resep kuliner andalan.

Tinggalkan komentar