Perbedaan Skincare dan Make Up, Penting Mana?

Yunita Pamela Putri

Perbedaan Skincare dan Make Up, Penting Mana
Ilustrasi Skincare dan Make Up, Source Image: Canva/Capturenow

Perbedaan skincare dan make up jika dilihat dari berbagai sudut pandang memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Pasti Bunda semua sudah tau kan perbedaan dari skincare dan make up?

Jika Bunda belum mengetahui perbedaannya, Bunda bisa menyimak artikel ini hingga tuntas. Disini juga akan menjawab pertanyaan Bunda mengenai penting mana skincare atau make up?

Perbedaan Skincare dan Make Up

Perbedaan Skincare dan Make Up
Source Image: bincangmuslimah

Bunda pasti udah sering banget memakai skincare dan make up bukan? Skincare dan make up sama-sama bisa memberikan manfaat bagi para penggunanya untuk menunjang penampilan agar tampak lebih cantik.

Untuk mencegah pemahaman yang salah kaprah terkait make up dan skincare, Bunda harus menyimak perbedaan dari 5 sisi di bawah ini. Jadi, setelah membaca artikel ini diharapkan Bunda sudah bisa membedakan dari segi kegunaan dan fungsi dari skincare dan make up sendiri.

Apa Itu Skincare

Apa Itu Skincare
Source Image: Kompas

1. Pengertian

Skincare merupakan sebuah produk yang ditujukan untuk merawat kulit sehingga kulit menjadi sehat dan bersih. Skincare sendiri dalam hal penggunaan memiliki intensitas yang lebih tinggi dan sering jika dibandingkan dengan make up.

Tujuan penggunaan skincare sendiri adalah untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada di kulit. Misal saja ketika Bunda memiliki kulit yang kusam, kering, dan mudah iritasi, Bunda harus menggunakan produk skincare berupa krim pereda iritasi untuk kulit atau pelembab yang cocok untuk kulit kering.

2. Fungsi

Seperti yang sudah disinggung pada pengertian, skincare berfungsi untuk memelihara dan merawat kecantikan dan kesehatan kulit Bunda. Nah, sesuai dengan fungsinya, skincare memiliki banyak sekali jenis produk yang sangat berguna untuk mengatasi permasalahan kulit.

Beberapa produk skincare yang biasa digunakan untuk merawat kulit wajah adalah toner, face wash atau pencuci wajah, moisturizer atau pelembab wajah, eye cream, sunscreen atau tabir surya, lip balm atau pelembab bibir, dan masih banyak yang lainnya.

Skincare ini bisa digunakan di berbagai kalangan usia, selama diperuntukkan untuk masing-masing usia. Contohnya adalah sunscreen, sunscreen ini juga bisa digunakan oleh anak sekolah guna melindungi diri dari paparan sinar matahari yang menyengat.

3. Waktu Pengaplikasian

Skincare sangat cocok diaplikasikan di pagi hari dan siang hari. Untuk siang hari, sebaiknya Bunda menggunakan sunscreen guna melindungi diri dari paparan sinar matahari.

Bunda juga bisa menggunakan produk skincare di malam hari yang mana bertujuan untuk menutrisi kulit Bunda di malam hari. Seperti yang Bunda ketahui, saat malam hari wajah Bunda bisa melakukan regenerasi lebih optimal, jadi penggunaan skincare di malam hari sangatlah dianjurkan.

4. Hasil Penggunaan

Dalam proses penggunaannya, skincare akan cenderung memberikan hasil atau efek jangka panjang. Alias tidak bisa memberikan hasil yang langsung terlihat dalam kurun waktu sekejap atau bahkan sekali pemakaian.

Bunda bisa melihat hasil dari pemakaian skincare ini jika Bunda sudah menggunakannya selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan. Selain lama, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan prima Bunda harus menggunakannya secara teratur dan rutin.

Jadi, dalam menggunakan skincare dibutuhkan konsistensi dan kesabaran. Selain itu Bunda juga harus telaten dalam menggunakan rangkaian perawatan kulit yang bisa dibilang kompleks.

5. Langkah Pemakaian Make Up

Skincare merupakan produk yang harus dipakai pertama kali sebelum make up. Dalam pengaplikasiannya pun tidak boleh sembarangan karena setiap step memiliki peran yang sangat penting.

Biasanya dalam rangkaian skincare hal pertama yang harus Bunda lakukan adalah melakukan double cleansing dengan menggunakan micellar water atau milk cleanser atau bisa juga cleanser balm. Bersihkan muka terlebih dahulu dengan menggunakan kapas.

Jika sudah maka langkah selanjutnya adalah membersihkan dan membilas muka dengan menggunakan face wash. Dalam menggunakan face wash jangan terlalu kasar, sapulah muka dengan halus dan beri pijatan lembut.

Selanjutnya adalah gunakanlah toner untuk menetralisir PH di kulit. Jika sudah Bunda bisa menggunakan serum yang kemudian dilanjut dengan moisturizer.

Nah khusus pagi atau siang hari Bunda harus mengaplikasikan sunscreen setelah menggunakan moisturizer. Sebagai opsi Bunda juga bisa menggunakan lip balm agar terhindar dari bibir kering dan pecah-pecah.

Apa Itu Make Up

Apa Itu Make Up
Source Image: Kompas

1.  Pengertian

Make up merupakan produk yang digunakan atau ditujukan untuk berhias atau berdandan. Tujuan penggunaan make up adalah untuk berhias dan berdandan. Nah, perbedaan dengan skincare adalah, make up tidak bisa memberikan manfaat untuk menyehatkan kulit Bunda, namun ada beberapa produk make up yang juga mengandung produk skincare sehingga juga bisa sekaligus memberi nutrisi pada kulit.

Sebenarnya, dalam melakukan kegiatan make up ini sama saja dengan kegiatan melukis atau menggambar. Akan tetapi yang membedakan adalah media yang digunakan dimana media yang digunakan adalah wajah Bunda.

2. Fungsi

Fungsi make up sendiri adalah untuk memperindah tampilan luar diri Bunda sehingga memiliki fungsi utama sebagai dekorasi atau hiasan. Jadi, jika dibandingkan dengan skincare, make up ini tidak memiliki fungsi untuk menyehatkan dan menutrisi kulit.

Beberapa produk make up yang biasa dipakai adalah alas bedak atau foundation, primer, CC cream, BB cream, maskara, lipstik, lip cream, lip tint, eyebrow pencil, blush on, dan masih banyak yang lainnya. Sedangkan dari sisi psikologisnya, make up berfungsi untuk kamuflase atau seduction.

Kamuflase ini bertujuan untuk menyamarkan kekurangan yang ada pada fisik. Misal saja jika kulit bunda berjerawat atau keriput, Bunda bisa menyamarkannya dengan menggunakan make up.

Sedangkan seduction adalah untuk membuat diri Bunda terlihat semakin menarik. Seperti menambah tone warna dan memberi pernak pernik pada muka Bunda.

Jadi, inilah yang menyebabkan kenapa anak di bawah umur dilarang untuk menggunakan produk make up. Apalagi jika digunakan sebagai atribut sehari-hari karena akan membuat kulit menjadi tidak sehat dan bisa menimbulkan kesan yang berlebihan.

3. Waktu Pengaplikasian

Penggunaan make up tidak bisa sefleksibel seperti skincare yang mana bisa digunakan di pagi hari atau malam hari secara rutin. Biasanya, make up hanya digunakan pada saat pagi hari menjelang siang atau digunakan pada acara-acara tertentu.

Penggunaan skincare di malam hari sangatlah tidak dianjurkan karena justru bisa membahayakan kulit dan menjadikan kulit rentan terkena berbagai permasalahan kulit. Seperti contohnya muncul komedo, jerawat, dan masih banyak permasalahan lainnya yang bisa ditimbulkan dari penggunaan make up di malam hari.

4. Hasil Penggunaan

Dalam proses penggunaannya, make up cenderung bisa memberikan perubahan dan hasil yang begitu cepat dan sangat signifikan. Saat memakai make up,  Bunda hanya perlu skull, menyapukan foundation, bedak, lipstik, maskara, blush on, serta eyebrow pencil untuk melakukan perubahan yang sangat berbeda.

Akan tetapi berbeda dengan skincare, make up hanya bisa memberikan perubahan untuk jangka waktu yang singkat. Jadi, Bunda setiap selesai memakai make up harus segera menghapusnya dan menampilkan bare face Bunda.

5. Langkah Pemakaian Make Up

Make up harus dipakai setelah menggunakan skincare. Jadi, make up Bunda akan bertahan lebih lama jika dibandingkan apabila Bunda tidak menggunakan skincare.

Dalam penggunaannya, biasanya urutannya adalah primer, foundation atau BB cream atau CC cream, bedak, pensil alis, bagian mata, blush on, dan terakhir untuk sentuhan manis adalah lipstick, lip cream, atau lip tint.

Tips Memilih Make Up dan Skincare

Tips Memilih Make Up dan Skincare
Source Image: allstars

Bagi Bunda yang sudah mengetahui perbedaan nya dan kemudian tertarik untuk membelinya, Bunda harus mengetahui tips apa saja yang harus Bunda ketahui dalam memilih produk skincare dan make up yang tepat.

Hal pertama yang harus Bunda perhatikan adalah jenis kulit yang dimiliki oleh Bunda. Ada 5 jenis kulit yang umumnya dimiliki oleh kulit manusia yaitu kulit normal, sensitif, kering, berminyak, hingga kombinasi.

Nah biasanya produk make up dan skincare akan memberikan klaim pada produknya masing-masing. Seperti contohnya produk “A” cocok digunakan untuk kulit berminyak atau kulit sensitif sehingga akan menghasilkan hasil yang lebih optimal.

Hal kedua yang harus Bunda perhatikan adalah komposisi skincare. Bunda harus melihat komposisi apa saja yang terkandung di dalam skincare, sehingga Bunda bisa terhindar dari produk yang memiliki kandungan bahan kimia yang bisa membahayakan kesehatan Bunda.

Bahan kimia yang terkandung pada setiap produk skincare jika dipakai tidak tepat atau menyesuaikan kondisi Bunda, maka bisa memberikan efek negatif dan efek samping yang membahayakan. Jadi, penting untuk melihat label kemasan untuk membaca komposisi yang terkandung di dalamnya.

Hal terakhir yang harus Bunda perhatikan adalah memilih produk yang sesuai dengan permasalahan kulit Bunda. Seperti contohnya jika Bunda memiliki masalah jerawat atau kulit kusam, maka Bunda harus mencari skincare atau make up yang diperuntukkan untuk kulit berjerawat atau kulit kusam.

Penting Skincare Atau Make Up

Penting Skincare Atau Make Up
Source Image: Detik

Apabila ada pertanyaan muncul lebih baik menggunakan skincare atau make up? Mana yang lebih penting, skin care atau make up?

Jawabannya adalah tergantung situasi dan kondisi. Saat ini kebanyakan orang memilih skincare yang bertujuan untuk merawat dan mengatasi permasalahan kulit.

Bahkan saat ini skincare banyak dipilih karena digunakan untuk investasi jangka panjang pada kulit. Alangkah baiknya menggunakan rangkaian skincare secara lengkap di usia 20 tahunan sehingga dapat mencegah berbagai permasalahan kulit di usia yang semakin bertambah.

Lalu apakah make up juga penting? Yap, make up juga bisa menjadi salah satu barang yang penting terutama digunakan pada saat acara tertentu, kerja, atau bahkan untuk sekedar hangout karena memang memiliki fungsi untuk mempercantik dan memperindah diri.

Make up juga biasanya menjadi komponen yang sangat penting terutama dalam menambah rasa kepercayaan dari dalam diri. Make up juga bisa menunjang penampilan Bunda untuk datang pada suatu acara tertentu.

Jangan lupa menggunakan skincare dan make up yang sudah terdaftar di BPOM karena skincare dan make up yang sudah terdaftar ini bisa dipastikan aman dan tidak akan membahayakan diri Bunda sekalian. Terakhir, gunakanlah yang sesuai dengan tipe atau kondisi kulit Bunda-Bunda sekalian ya!

Kesimpulan

Perbedaan skincare dan make up sudah bisa Bunda ketahui secara signifikan bukan? Jadi, Bunda jangan sampai salah membeli atau bahkan salah memakai ya!

Bagikan:

Yunita Pamela Putri

Seorang mahasiswi jurusan tata rias dan kecantikan di salah satu Universitas ternama di Jawa Tengah. Sangat suka mencoba berbagai macam produk skincare, make up dan produk kecantikan. Dan ingin membagikan pengalaman nya di website dapurawit.com.

Tinggalkan komentar