Resep Tumis Bunga Durian

Damara

Resep Tumis Bunga Durian
Resep Tumis Bunga Durian ,Source Image: Youtube/Mamah Naz

Resep tumis bunga durian menjadi salah satu resep yang pastinya masih asing di mata dan telinga kalian bukan? Resep ini memiliki cita rasa gurih dan pedas yang dikeluarkan dari rasa autentik bunga durian.

Makanan ini menjadi salah satu resep makanan tradisional dari zaman nenek moyang yang bermanfaat untuk memperlancar buang air besar. Walaupun faktanya, bunga durian ini belum memiliki penelitian ilmiah yang bisa membuktikan mengenai khasiatnya.

Tidak hanya buahnya saja yang memiliki banyak sekali penggemar, bunga durian pun juga tak kalah memiliki banyak sekali penggemar. Nah, bagi kalian yang tertarik untuk memasak resep ini jangan khawatir karena proses pembuatannya terhitung cukup mudah.

Bunga durian ini cocok diolah bersama berbagai bahan lainnya seperti ayam suwir atau teri. Bagi kalian yang tertarik, kalian bisa langsung melihat bahan pembuatan dan resep di bawah ini dengan cermat ya!

Resep Tumis Bunga Durian

Resep Tumis Bunga Durian Yang Enak
JenisKeterangan
Nama ResepTumis Bunga Durian
KategoriTumis sayur
Waktu Persiapan15 menit
Waktu Penyajian30 sampai 40 menit
Jumlah Penyajian1 resep

 Bahan-Bahan Pembuatan Tumis Bunga Durian

  • ½ kilogram kembang durian
  • Ikan teri secukupnya
  • 5 cabai merah rawit
  • 7 cabai merah keriting
  • 1 buah tomat
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • ½ bungkus terasi merk apa saja
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Minyak goreng untuk menumis

Cara Membuat Tumis Bunga Durian

  1. Langkah pertama yang harus Bunda lakukan setelah mempersiapkan bahan-bahan adalah mengolah bunga durian terlebih dahulu. Nah, di tahap ini Bunda harus memisahkan putik dari kembang durian terlebih dahulu agar ketika dimasak bunga durian tidak mengeluarkan lendir.
  2. Setelah memisahkan bunga durian, maka selanjutnya cuci bersih bunga durian dengan air mengalir hingga dirasa sampai bersih. Jika sudah, maka tiriskan terlebih dahulu.
  3. Langkah ketiga adalah merebus bunga durian selama kurang lebih 15 menit dengan menggunakan air mendidih. Setelah dirasa masak, angkatlah kemudian tambahkan air.
  4. Setelah itu peras hingga kandungan air yang ada di dalam bunga durian berkurang. Jika sudah maka siapkan komponen dan bumbu pelengkapnya.
  5. Beberapa bumbu yang harus Bunda persiapkan adalah bawang merah, bawang putih, tomat, cabai, dan, juga terasi. Setelah bumbu sudah siap, maka haluskan kemudian sisihkan.
  6. Jika bumbu sudah halus, maka siapkan panaskan minyak kedalam wajan dan masukkan bumbu yang sudah Bunda haluskan sebelumnya. Ketika aroma harum keluar, maka cepat-cepat kecilkan api supaya bumbu tidak menjadi gosong.
  7. Setelah itu masukkan bunga durian dan juga teri yang sudah Bunda siapkan sebelumnya. Jangan lupa aduk hingga merata.
  8. Langkah selanjutnya adalah memasukkan penyedap rasa dan juga garam ke dalam tumisan. Jangan lupa diamkan hingga 5 menit supaya semua bumbu dapat meresap dengan sempurna hingga ke dalam bunga durian.
  9. Nah, pada proses ini kalian bisa melakukan pengoreksian rasa agar rasanya sesuai dengan selera kalian. Apabila dirasa kurang asin, kalian bisa menambahkan garam atau penyedap rasa ke dalamnya.
  10. Nah, jika dirasa sudah sesuai dengan selera Bunda, Bunda bisa langsung mematikan kompor kemudian mengangkatnya. Resep ini akan cenderung memiliki rasa gurih dan pedas sehingga bisa semakin menambah selera makan Bunda ataupun keluarga di rumah.

Kesimpulan

Resep tumis bunga durian memiliki cita rasa yang sangat cocok bagi lidah masyarakat di Indonesia, karena seperti apa yang sudah disebutkan sebelumnya resep ini memiliki rasa yang gurih dan juga pedas yang mana bisa menambah selera makan Bunda semuanya.

Apabila Bunda mau mengikuti arahan sesuai resep, maka dipastikan hasil masakan bunda akan mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan lupa bagikan resep ini ke keluarga, sahabat, hingga pasangan kalian ya! Resep ini sebenarnya bisa juga dikombinasikan dengan ayam suwir, jadi tidak hanya menggunakan ikan teri saja. Selamat membaca dan selamat mencoba ya Bunda!

Bagikan:

Tags

Damara

Berbagi Resep Masakan Untuk Para Bunda dari Resep Kue, Resep Sayuran, Resep Ayam, dan Masih Banyak Lagi Resep Masakan Menarik yang Patut Dimasak Dirumah

Tinggalkan komentar